Pertumbuhan startup di Indonesia saat ini memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi, hal ini dikarenakan adanya perkembangan teknologi digital yang terus berkembang waktu demi waktu. Karena perkembangan teknologi inilah yang membuat munculnya berbagai inovasi baru dalam membuat sebuah bisnis startup yang sampai saat ini justru semakin membludak. Startup memang bukanlah sekedar untuk menciptakan sebuah bisnis dan menjual produk namun konsep dari startup itu sendiri merupakan upaya atau solusi yang diberikan untuk memecahkan suatu masalah di masyarakat yang mana produk dan layanannya cenderung berbasis teknologi. Dengan munculnya banyak startup ini maka tak bisa dipungkiri bahwa sedikit demi sedikit dampak positif startup ini mampu mendorong perekonomian ke arah yang lebih baik lagi yang mana dengan munculnya berbagai startup hingga saat ini tentu bisa membuka sektor pekerjaan baru yang tentunya dapat meningkatkan pendapatan perkapita. Nah untuk itu pertumbuhan startup yang hingga kini terus bertumbuh tentu banyak memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia, dan tentunya ini merupakan sebuah peluang bagi semua orang terutama dikalangan anak muda untuk bisa mendapatkan peluang bisnis yang mana dapat dicapai apabila mereka memiliki kemauan untuk terus berinovasi dan mengembangkan wawasannya. 

Startup Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Saat ini startup muncul dengan berbagai kategori seperti e-commerce, fintech, healthtech, agritech, edutech dan berbagai kategori lainnya yang masih banyak lagi. Dalam startup kategori e-commerce misalnya yang memberikan wadah kepada para UMKM untuk menjual produknya dalam hal ini juga turut memudahkan para UMKM untuk berkembang lebih cepat. Apalagi saat ini di era digital yang mana juga merubah perilaku konsumen, seperti dahulu ketika teknologi digital belum terlalu canggih tentu semua orang berbelanja secara langsung pergi ke toko namun di era teknologi yang canggih tentu semua orang ingin menggunakan teknologi karena lebih efektif dan efisien. Dengan hadirnya banyak startup di bidang e-commerce juga memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha yang ada di Indonesia, dan ini juga akan mempengaruhi pengurangan tingkat pengangguran di Indonesia karena hadirnya e-commerce tentu bisa menjadi peluang untuk semua orang dalam berbisnis. Oleh sebab itu maka salah satu dampak positif startup disini juga memiliki peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mana ini menjawab polemik akan sulitnya mencari lowongan pekerjaan di masa sekarang sehingga hadirnya e-commerce startup ini semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa memulai usaha dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan kesejahteraan masyarakat ini tentunya juga akan bisa mendorong perekonomian di Indonesia yang berarti bahwa inovasi – inovasi di bidang startup ini tentunya sangat memiliki dampak yang positif terhadap pertumbuhan perekonomian dalam suatu negara.

Startup Bidang Edutech Dapat Meningkatkan Kapabilitas Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang berkualitas tentu dapat mendorong tumbuh kembangnya suatu perekonomian. Untuk itu dalam suatu negara perlu mencetak generasi yang pandai dan juga kreatif inovatif yang mana nantinya dapat  memberikan dampak pada kemajuan suatu negara. Dengan memiliki sumber daya manusia yang berkompeten tentu dapat menciptakan suatu hal yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital yang canggih. Untuk itu banyak berbagai alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang unggul, mulai dari adanya pendidikan yang memadai sebagai sarana belajar serta adanya berbagai pihak luar yang juga mendukung adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan banyaknya muncul startup dalam bidang edutech seperti kursus online yang disediakan saat ini juga bisa menjadi sarana belajar bagi masyarakat di Indonesia. Apalagi dengan pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang semakin canggih tentu semua orang haruslah memiliki keahlian yang mumpuni dengan beradaptasi pada hal – hal yang baru. Dengan wawasan dan kemampuan yang mumpuni dalam bidang teknologi juga akan memberikan dampak pada masyarakat agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman. codingstudio.id merupakan salah satu staartup yang menyediakan jasa kursus online berbasis teknologi. Coding studio memberikan sebuah layanan jasa kursus yang akan membuat anda memahami dan menambah wawasan terkait dengan teknologi. Mulai dari belajar coding hingga cyber security. Dengan memiliki wawasan yang luas akan teknologi serta dengan keahlian yang mumpuni tentu akan membuat anda dapat berkembang mengikuti perkembangan zaman sehingga anda dapat terus memanfaatkan peluang yang ada dengan terus berinovasi dalam berbagai hal. Maka dari itu salah satu dampak positif startup terutama dalam kategori edutech yaitu juga memberikan kesejahteraan bagi para masyarakat dengan membantunya untuk terus berkembang meningkatkan skill dan kemampuan agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Membantu Mendorong Perekonomian Indonesia

Dengan adanya inovasi – inovasi baru dari berbagai produk dan layanan pada bisnis startup ini tentunya memberikan dampak pada perkembangan perekonomian di Indonesia secara keseluruhan. Pertumbuhan berbagai start up juga dikatakan telah membuka banyak lapangan kerja baru hingga tumbuh sekitar 5,7 juta lapangan kerja baru yang mana data ini diperoleh dari riset INDEF di tahun 2018 silam. Ekonomi digital yang dapat membuka banyak lapangan kerja ini juga diperkirakan akan terus bertumbuh yang mana data ini didapatkan dari laporan eConomy SEA 2019 yang mana dikatakan bahwa ekonomi digital di Indonesia sendiri mencapai $40 miliar pada tahun 2019 silam dan diperkirakan akan terus bertumbuh lagi hingga angka $130 miliar di tahun 2025. Maka dari itu startup merupakan kesempatan atau peluang emas bagi masyarakat dan juga para generasi muda untuk bisa terus belajar sehingga nantinya bisa berinovasi menciptakan startup – startup baru yang bisa memberikan solusi atas adanya permasalahan di masyarakat. Dengan inovasi yang terus menerus dengan berbasiskan teknologi tentunya bisa mengarah kepada kemajuan perekonomian di Indonesia. Untuk bisa mendukung hal ini tentunya diperlukan sumber daya manusia dengan berbagai wawasan serta skill yang mumpuni untuk bisa terus berinovasi menciptakan hal baru yang memanfaatkan teknologi dalam penggunaanya. Sehingga dapat terus muncul inovasi baru yang tak berhenti dan menciptakan berbagai startup dengan teknologi canggih dan juga dalam hal ini akan meningkatkan lapangan pekerjaan yang lebih luas lagi yang mana hal ini akan memberikan wadah bagi banyak orang untuk dapat bekerja serta mengembangkan kemampuannya. Selain itu juga diperlukan dukungan dari pemerintah untuk bisa mengembangkan industri startup yang ada di Indonesia dengan mengembangkan pembangunan infrastruktur teknologi yang bersifat inklusif supaya pemanfaatan teknologi dapat menjangkau banyak kalangan yang mana tidak memusat pada titik tertentu saja. Nah jadi itulah pembahasan mengenai peran startup dalam mendorong perekonomian Indonesia yang mana hal ini tidak lain juga disebabkan oleh teknologi yang kian berkembang lalu munculnya berbagai inovasi teknologi untuk menciptakan berbagai jenis startup yang mana dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien dan dalam hal ini juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.