Cyber security adalah sebuah aktivitas untuk melakukan pengamanan dan melindungi informasi atau sumber daya telematika. Tujuannya untuk mencegah terjadinya tindakan cyber crime atau cyber attack. Cyber attack sendiri bertujuan menyerang alur logic sistem untuk mengganggu kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi.

Motif cyber crime ini juga bermacam-macam, mulai dari yang bermotif moral, kebencian atau mencari keuntungan semata. Bermotif moral artinya meretas sistem untuk mengungkap sebuah kebenaran dari apa yang terdapat pada sistem. Misalnya saja peretas yang membobol website teroris, lalu menyebarkan datanya pada pihak berwajib untuk ditangani.

Pengertian Cyber Security, Aktivitas dengan Beberapa Elemen Pokok

Terdapat beberapa elemen pokok dalam sebuah aktivitas cuber security yang harus dipenuhi. Dengan begitu, saat menjalankan cyber security bisa berlangsung dengan baik sehingga data-data pun aman dari para peretas atau cyber crime. Berikut ini adalah elemen pokok dalam cyber security.

Perimeter Defense 

Ini adalah media yang memiliki peran sebagai komponen pertahanan pada infrastruktur informasi. Seperti Firewall, IPS, dan IDS.

Document Security Policy 

Dokumen standar yang menjadi acuan dalam menjalankan segala proses yang berkaitan dengan keamanan informasi.

Network Monitoring System 

Ini merupakan media yang memiliki peran untuk memantau atau memonitor kelayakan, performance infrastruktur informasi dan utilitas.

Human Resource and Security Awareness 

Hal ini berkaitan dengan sumber daya manusia dan awareness dengan keamanan informasi.

Network Security Assessment 

Sebuah elemen cyber security dengan peran sebagai mekanisme kontrol. Selain itu, juga memberikan measurement level keamanan informasi.

Information Infrastructure 

Sebuah media yang memiliki peran dalam kelangsungan operasi informasi meliputi software dan hardware.

System Information and Event Management 

Media dengan peran dalam hal memantau atau memonitoring berbagai kejadian. Dalam hal ini, yang berkaitan di jaringan, termasuk kejadian mengenai insiden keamanan.

Tugas Penting Praktisi Cyber Security

Dalam menjalankan keamanan data dunia telematika, ada beberapa tugas penting bagi praktisi cyber security. Tugas tersebut saling berhubungan dan bekerjasama agar bisa menjaga data-data yang telah ada. Tentunya tugas ini bisa dikerjakan oleh orang yang profesional di bidangnya atau yang telah lama menggeluti pekerjaan ini.

Terdapat 3 tugas utama yang harus dilakukan praktisi cyber security. Tujuannya adalah membuat data lebih aman dari serangan cyber crime.

Spesialis Forensik

Tugas ini dilakukan untuk menyelidiki adanya potensi kebocoran keamanan yang baru saja terjadi.

Analisis Keamanan

Seperti tugas analisis kebanyakan, seorang analisis keamanan memiliki tugas untuk memetakan potensi ancaman cyber crime. Selanjutnya akan memberikan masukan guna melakukan mitigasi yang berguna untuk menyelesaikan ancaman tersebut.

Peretas atau Hacker

Tugas yang harus diselesaikan oleh seorang cyber security selanjutnya adalah untuk meretas. Sebenarnya hacker atau peretas adalah istilah untuk orang yang memiliki kemampuan melakukan tindakan eksploitasi terhadap sistem telematika. Sayangnya, banyak orang sering menyalahartikan tindakan hacking seolah-olah merupakan tindakan yang jahat.

Jenis Ancaman Cyber Security

Beberapa tahun terakhir ini, serangan cyber semakin merajalela. Mulai dari pencurian identitas hingga peretasan website. Bahkan serangan seperti itu sudah mendominasi pemberitaan media secara masif. Serangan cyber semacam ini tentunya tidak bisa dianggap sebelah mata. Berikut ini beberapa ancaman cyber security yang harus selalu diwaspadai.

Ransomware

Salah satu ancaman cyber security yang sangat membahayakan adalah ransomware. Sebagai salah satu bentuk software berbahaya, ransomware ini lebih ekstrim daripada menyebarkan virus saja. Biasanya ada hacker yang akan memblokir akses pengguna untuk membuka komputer atau dokumen penting.

Satu-satunya cara agar pengguna bisa mengakses kembali komputer adalah dengan membayar sejumlah tebusan sesuai yang diminta. Namun hal itu juga tidak menjamin bahwa file atau sistem komputer yang sempat diambil alih bisa normal kembali.

Malware

Malware merupakan sebuah ancaman berbentuk software yang membahayakan pengguna komputer. Ancaman ini dengan motif penyebaran virus pada perangkat, worms, spyware, dan masih banyak lagi.

Phishing

Phishing adalah salah satu ancaman cyber security dalam bentuk penipuan melalui email. Penipu akan mengirimkan email pada beberapa orang dengan menggunakan alamat yang mirip dengan sumber terpercaya. Meskipun begitu, sebenarnya terdapat satu atau dua huruf berbeda. Namun bagi orang awam, biasanya sulit untuk mengetahui perbedaan tersebut.

Tujuan dari phishing yaitu untuk mencuri data sensitif. Seperti nomor keamanan kartu kredit (CVC), password, dan berbagai informasi penting yang lain. Maka dari itu, biasakan selalu mengecek dan memastikan kredibilitas pengiriman email saat mendapat perintah untuk memasukkan data sensitif.

Social Engineering

Sebenarnya social engineering merupakan istilah untuk menggambarkan serangan yang didasarkan oleh interaksi manusia. Dengan kata lain, ancaman ini memanipulasi pengguna untuk memberikan informasi sensitif. 

Misalnya jawaban untuk pertanyaan keamanan, password, dan lainnya. Jenis ancaman ini biasanya memanfaatkan rasa ingin tahu manusia dan memancingnya untuk melakukan hal yang mungkin biasa saja. Namun tanpa disadari, hal ini nyatanya sangat membahayakan.

Manfaat Cyber Security Bagi Bisnis

Seperti yang sudah dibahas, manfaat utama cyber security adalah melindungi sistem dan segala sesuatu yang bersifat digital dari cyber attack. Perlindungan tersebut ternyata sangat bermanfaat dalam dunia bisnis. Dengan memastikan keamanan cyber security, maka dalam dunia bisnis bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut.

Bekerja Menjadi Lebih Produktif

Serangan cyber dan virus sangat mempengaruhi produktivitas seseorang saat beraktivitas. Ketika komputer terkena virus, tentu saja pekerjaan menjadi terhambat. Parahnya lagi, apabila virus benar-benar membahayakan, kemungkinan besar seseorang harus mengganti perangkat baru. Namun, apabila menggunakan solusi cyber security, maka dalam melakukan browsing di internet tidak perlu lagi merasa takut mendapat ancaman.

Informasi Pribadi Terjaga

Informasi pribadi menjadi salah satu yang sangat berharga dan rentan untuk disalahgunakan, terlebih di era digital seperti saat ini. Jika virus berhasil mengambil informasi yang sensitif, bisa saja informasi tersebut akan diperjualbelikan. Informasi tersebut bisa saja digunakan untuk memeras orang yang bersangkutan. Untuk itu, sangat penting untuk memastikan keamanan cyber security pada semua sistem yang digunakan.

Pentingnya Belajar Cyber Security

Berkembang pesatnya internet yang begitu cepat, membuat keamanan dalam dunia maya semakin terancam dengan aktivitas para cyber crime. Bahkan hampir di seluruh dunia pernah gempar oleh serangan malware bernama Ransomware. Lalu juga beberapa kasus pencurian data pribadi pengguna sosial media Facebook yang sangat meresahkan.

Untuk mencegah kejadian yang bisa merugikan tersebut, tentu dibutuhkan sistem keamanan untuk menjaga data agar tidak disalahgunakan. Sistem keamanan itu sering dikenal dengan nama cyber security atau cyber defence. Hal ini perlu dilakukan karena informasi yang tersimpan pada perangkat bisa menjadi barang mahal yang diinginkan pelaku cyber crime.


Nah, untuk kalian ingin belajar mengenai cyber security agar bisa menjaga keamanan data, kini tak perlu bingung lagi. Pasalnya, kini kalian bisa belajar dengan mudah bahkan bisa melalui media online. 

Kalian bisa mulai belajar dengan bergabung bersama Coding Studio. Dengan mengikuti kursus ini, kalian akan mendapat akses materi terupdate serta mendapat sertifikat. Selain itu, kalian juga akan dilatih oleh pengajar yang berpengalaman serta lengkap dengan studi kasus dan soal latihan. 

Mengingat pentingnya mempelajari cyber security adalah keputusan yang tepat jika bergabung dengan Coding Studio. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kalian bisa mengunjungi website Coding Studio.