cyber-law

Mengenal Peran Cyber Law di Dunia Maya

Cyber law adalah badan hukum yang mengatur penggunaan teknologi secara tepat, seperti komputer, software, internet, dan jaringan. Dengan memungkinkan penyelidikan dan penuntutan aktivitas ilegal secara online, cyber law berfungsi untuk melindungi pengguna dari kerusakan yang disengajakan. Di mana, ini berlaku untuk semua aktivitas individu, kelompok, publik, pemerintah, dan organisasi swasta.

cyber-law
Photo by pixabay on pexels

Cyber law terdiri dari peraturan yang mengatur bagaimana individu dan bisnis memanfaatkan internet dan komputer, sama seperti undang-undang lainnya. Khususnya, saat ini teknologi internet berkembang begitu pesat. Sehingga, cyber law ini menjadi penting bagi semua penggunanya. Selain itu, ini berguna untuk melindungi orang dari menjadi korban kejahatan dunia maya berbasis internet yang dilakukan oleh individu jahat. Berikut alasan kenapa cyber law itu penting:

  • Menentukan semua tindakan dan reaksi di lingkup dunia maya.
  • Mengamankan dan melindungi semua transaksi dan aktivitas online.
  • Menjaga keamanan semua data dan properti individu, organisasi, dan Pemerintah.
  • Membantu mengekang aktivitas dunia maya ilegal dengan uji tuntas.
  • Melacak semua catatan elektronik, dan masih banyak lagi.

Ada juga tiga kategori utama kejahatan di dunia maya yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Kejahatan terhadap orang

cyber-law
Photo by vijay putra on pexels

Kejahatan ini sering terjadi secara online, khususnya di media sosial. Misalnya, seperti melakukan pelecahan atau penguntitan di media sosial, penipuan yang berkaitan dengan uang, pencurian identitas, fintah online, dan masih banyak lagi. Sehingga, hal ini bisa menyebabkan rusaknya mental banyak orang jika tidak digunakan dengan baik.

2. Kejahatan terhadap properti

cyber-law
Photo by Breno Assis on Unsplash

Kejahatan terhadapat properti ini sering terjadi secara online juga, khususnya pada komputer atau server. Misalnya, ketika seseorang terkena serangan DDOS, transmisi virus, pelanggaran hak cipta, dan masih banyak lagi. Mungkin kata mudah yang lebih kamu kenal, ketika HP atau laptopmu di-hack oleh orang jahat di dunia maya.

3. Kejahatan terhadap pemerintah

cyber-law
Photo by History in HD on Unsplash

Di pemerintahan, kejahatan secara online juga bisa terjadi. Namun, tentu saja kejahatan ini memiliki konsekuensi tertinggi bagi pelaku. Hal ini dikarenakan serangannya diaggap sebagai serangan terhadap kedaulatan negara atau mungkin tindakan perang. Hal yang bisa terjadi adalah ketika mengakses informasi rahasia negara, perang dunia maya dengan negara lain, dan masih banyak lagi.

Jenis Cyber Law

  1. Hak Cipta: Pelanggaran hak cipta ini berada di bawah hukum Cyber. Ini melindungi hak-hak perusahaan dan individu untuk mendapatkan keuntungan dari karya kreatif mereka.
  2. Fitnah: Undang-undang pencemaran nama baik berlaku ketika komentar publik yang salah di internet cenderung merugikan perusahaan atau reputasi seseorang. Di mana, hukum ini adalah sejenis hukum perdata.
  3. Tipuan: Undang-undang ini ditujukan untuk melindungi individu dari penipuan internet. Hukum IT mencegah kejahatan terkait uang yang terjadi secara online. Sehingga, proses pidana diajukan terhadap penipu secara online.
  4. Pelecehan dan Penguntit: Beberapa pernyataan yang dibuat oleh orang dapat melanggar hukum pidana. Contohnya, baik hukum pidana maupun perdata dilanggar ketika seseorang berulang kali membuat ancaman terhadap orang lain di media sosial.
  5. Kebebasan Berbicara: Internet digunakan sebagai media kebebasan berbicara. Namun, saat ini, sudah ada aturan untuk mencegah kebebasan berekspresi yang mengarah ke imoralitas internet.
  6. Bertukar Rahasia: Biasanya ini digunakan untuk melindungi rahasia dagang suatu bisnis. Misalnya, untuk mejaga kemungkinan menjiplak oleh pesaing. Di sinilah, peran cyber law memberi korban kemampuan untuk menempuh tindakan hukum.
  7. Kontrak dan Hukum Ketenagakerjaan: Biasanya saat mengunjungi situs web atau mengunduh software, kamu akan diminta berkomitmen pada sejumlah syarat dan ketentuan. Ini adalah peran cyber law, di mana syarat dan ketentuan ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah tentang privasi internet.

Itulah pembahasan mengenai cyber law. Tentu dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, hukum ini sangat penting bagi siapapun. Apalagi hampir setiap orang sudah aktif di internet. Sehingga, kita sebagai warga yang baik, alangkah baiknya untuk paham batas ketika berekspresi secara online. Kalau kamu suka artikel ini, pantau terus blog ini atau kunjungi Instagram Coding Studio, ya!