Cryptography adalah ilmu tentang pengamanan komunikasi yang memungkinkan hanya pengirim dan penerima pesan yang dituju untuk melihat isinya. Kata cryptography ini berasal dari kata Yunani “kryptos”, yang berarti tersembunyi, serta terkait erat dengan enkripsi. Di mana, enkripsi merupakan tindakan mengacak teks biasa menjadi ciphertext yang tidak dapat dimengerti. Kemajuan dalam cryptography mempersulit pemecahan enkripsi sehingga file, folder, atau koneksi jaringan yang dienkripsi hanya dapat diakses oleh pengguna yang berwenang. Selain itu, cryptography juga mencakup pengaburan informasi dalam gambar menggunakan teknik seperti microdots atau penggabungan.

Tujuan Cryptography

  • Confidentiality: Kerahasiaan memastikan bahwa hanya penerima yang dituju yang dapat mendekripsi pesan dan membaca isinya.
  • Non-repudiation: Non-repudiation berarti pengirim pesan tidak dapat mundur di masa depan dan menyangkal alasan mengirim atau membuat pesan.
  • Integrity: Integritas bertujuan untuk memastikan bahwa informasi yang ada dalam pesan tidak dapat diubah saat dalam penyimpanan atau transit.
  • Authenticity: Keaslian memastikan pengirim dan penerima dapat memverifikasi identitas satu sama lain dan tujuan pesan.

Keempat tujuan ini akan membantu memastikan transfer informasi yang aman dan autentik. Selain itu, ada banyak algoritma cryptography yang digunakan, tetapi secara umum dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

1. Secret Key Cryptography

cryptography-adalah
Photo by github.com/mbarosevic/cryptography-digital-signature

Secret key cryptography atau juga disebut symmetric cryptography, menggunakan satu key untuk mengenkripsi data untuk menjaga kerahasiaan data. Di mana, baik enkripsi maupun dekripsi dalam tipe ini menggunakan key yang sama, menjadikannya bentuk cryptography yang paling mudah. Algoritma cryptographic menggunakan key dalam cipher untuk mengenkripsi data. Serta, ketika data harus diakses lagi, seseorang yang dipercayakan dengan private key dapat mendekripsi data. Ini bisa sangat berguna untuk menjaga agar hard drive lokal tetap pribadi. Misalnya, karena pengguna yang sama umumnya mengenkripsi dan mendekripsi data yang dilindungi, berbagi private key tidak menjadi masalah. Secret key cryptography juga dapat digunakan untuk menjaga kerahasiaan pesan yang dikirimkan melalui internet.

2. Public Key Cryptography

cryptography-adalah
Photo by okta.com/sg/identity-101/public-key-encryption

Public key cryptography atau bisa juga disebut asymmetric cryptography, menggunakan dua key untuk mengenkripsi data. Satu digunakan untuk enkripsi, sedangkan key lainnya dapat mendekripsi pesan. Tidak seperti tipe sebelumnya, jika satu key digunakan untuk mengenkripsi, key yang sama tidak dapat mendekripsi pesan, melainkan key lainnya yang akan digunakan. Dalam sistem seperti itu, setiap orang dapat mengenkripsi pesan menggunakan public key penerima yang dituju. Namun, pesan terenkripsi itu hanya dapat didekripsi dengan private key penerima. Hal ini memungkinkan program server untuk menghasilkan cryptography key yang ditujukan untuk symmetric-key cryptography yang sesuai. Kemudian, menggunakan public key yang dibagikan secara terbuka oleh klien untuk mengenkripsi symmetric key yang baru dibuat itu.

3. Hash Functions

Hash functions adalah algoritma enkripsi satu arah yang melindungi data. Di mana, setelah mengenkripsi plaintext, kamu tidak akan pernah bisa memulihkannya dari ciphertext yang dihasilkan (disebut sebagai hash). Melakukan hash ini adalah cara untuk mengubah string yang diberikan menjadi string dengan panjang tetap. Algoritma hashing yang baik akan menghasilkan output yang unik untuk setiap input yang diberikan. Satu-satunya cara untuk memecahkan hash adalah dengan mencoba setiap input yang mungkin, sampai kamu mendapatkan hash yang sama persis. Untuk sebuah hash sendiri dapat digunakan untuk hashing data, seperti memastikan kerahasiaan password dan dalam sertifikat.  

Itulah penjelasan terkait cryptography terkait definisi, tujuan, dan tipenya. Apabila kamu tertarik mempelajari topik cryptograpy, Coding Studio menyediakan course cyber security yang membahas hal terkait. Yuk, cek di sini.