Lebih Dekat dengan Coding dan Cara Kerjanya!

Apakah kamu familiar dengan istilah coding? Di era kini di mana teknologi berkembang dengan sangat pesat, pasti kamu familiar dengan istilah tersebut. Apalagi jika kamu berprofesi di bidang industri kerja yang berhubungan erat dengan teknologi, kamu pasti pernah mendengar tentang istilah tersebut. Apakah kamu pernah bertanya-tanya tentang pengertiannya? Apa saja sih perannya dalam teknologi?

Dengan mengerti pengertian dan peran coding secara dasar, kamu dapat memahami bagaimana teknologi dapat bekerja di belakang layar, loh! Dalam artikel ini, Kodio akan mengulas tentang apa itu coding dan fondasi dasar untuk kamu mempelajari lebih dalam tentang coding dan bahasa pemrograman.

Apa itu Coding?

Coding adalah penggunaan bahasa pemrograman untuk memberikan instruksi berupa sintaks kepada komputer dan mesin. Dengan instruksi berupa kode tersebut, programmer dapat memberikan perintah untuk melakukan suatu aksi.

Nah, ini lah yang membuat manusia dapat berinteraksi dengan mesin. Programmer akan menggunakan bahasa pemrograman tersebut untuk membuat berbagai software komputer, seperti program, sistem operasi, dan berbagai aplikasi mobile.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebelum mengetahui cara kerjanya, kamu harus paham dulu dengan cara komputer bekerja. Seperti yang kamu ketahui, komputer adalah mesin elektronik yang memiliki 2 kondisi: on dan off. Komputer memiliki ribuan saklar listrik atau biasa disebut transistor yang dapat mengontrol listrik melalui kondisi on dan off tersebut.

Mungkin kamu pernah dengar kode binary? Kode tersebut disimbolkan dengan angka 1 dan 0 yang sering muncul di banyak film pemrograman dan hacker. Kode binary ini akan memberikan instruksi kepada transistor di komputer untuk on (dengan angka 1) atau off (dengan angka 0). Setiap transistor akan menerima antara 1 atau 0, lalu dengan ribuan kode tersebut bekerja bersamaan, instruksi tersebut akan menjadi coding-an yang dibaca oleh mesin.

Namun, jika kamu ingin membuat sebuah program penuh dengan mengetik angka 1 dan 0 secara manual untuk setiap transistor, kamu akan memerlukan waktu dan tenaga yang sangat banyak. Oleh sebab itu, programmer membuat bahasa pemrograman untuk mempercepat proses tersebut. Dengan adanya bahasa pemrograman, kamu tidak harus menulis instruksi individual untuk setiap transistor, sekarang kamu dapat langsung memberikan instruksi spesifik untuk semua bagian program.

Ada banyak sekali bahasa pemrograman di dunia. Kodio sudah pernah merangkum beberapa bahasa pemrograman web yang dapat kamu pelajari di sini!

Digunakan di Mana Saja?

Coding

Tahukah kamu? Sekarang hampir semua aspek kehidupan kita sangat bergantung pada coding, loh! Kita hidup di masa yang banyak menggunakan ponsel, tablet, dan perangkat digital lainnya, bukan? Semua aplikasi dalam perangkat digital tersebut menggunakan coding agar dapat bekerja.

Perangkat digital lainnya seperti smart TV dan kalkulator juga menggunakannya, loh! Bahkan mobil yang diproduksi beberapa tahun terakhir juga menggunakan coding untuk mengendalikan semua fitur-fiturnya: mulai dari sistem AC-nya hingga injeksi bahan bakarnya. Tidak hanya itu, kota-kota besar juga menggunakannya untuk mengoperasikan rambu lalu lintasnya.

Pada masa kini, sistem yang dulunya analog mulai digantikan dengan sistem yang tentunya memerlukan coding agar dapat berfungsi. Hal ini dilakukan untuk membuat sistem yang lebih efisien, terstruktur, dan lebih hemat. Ditambah lagi, beberapa bidang teknologi yang lebih teknikal seperti machine learning dan augmented reality juga menggunakan coding.

Nah, setelah mengenal coding dengan lebih dekat, apakah sekarang kamu tertarik untuk mulai mempelajarinya? Kodio sudah merangkum langkah-langkah awal yang dapat kamu ambil untuk mulai belajar coding dan bahasa pemrograman di sini! Masih banyak informasi menarik lainnya yang telah dirangkum Kodio, loh! Jika kamu tertarik dengan konten-konten seperti ini, jangan lupa untuk terus mengikuti blog Coding Studio!