Startup merupakan suatu bisnis digital yang banyak diincar oleh kaum milenial, hal ini karena peluangnya yang sangat besar dalam memperoleh keuntungan. Bagaimana tidak, bisnis startup yang berbasis teknologi saat ini sedang menjadi trend bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan teknologi digital yang mulai merajalela ke berbagai aktivitas sehari – hari maka startup digital juga dapat dengan mudah untuk berkembang. Dalam membuat suatu bisnis startup tentunya diperlukan berbagai aspek untuk membuat bisnis ini dapat terus tumbuh dan berkembang, namun dalam perjalanan bisnis tentunya tidak akan selalu berjalan mulus, pastinya akan ada aspek yang membuat bisnis anda sedikit terhambat. Apalagi di masa pandemi ini yang memberikan dampak terhadap para pelaku bisnis tentunya merupakan suatu hambatan tersendiri. Nah untuk itu tentunya anda harus mempunyai cara mengembangkan bisnis startup yang efektif dan sesuai dengan model bisnis anda, terlebih di masa pandemi seperti ini.

Cara Mengembangkan Bisnis Startup

Ketika anda ingin membangun sebuah startup tentunya anda harus memiliki strategi yang kuat dalam mengembangkannya agar bisa menjadi sebuah startup yang sukses. Banyak hal yang harus anda lakukan untuk membuat strategi mengembangkan startup ini, namun disini akan dijelaskan beberapa cara mengembangkan bisnis startup yang bisa anda pertimbangkan dan adopsi untuk bisnis anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

Memiliki tim yang solid

Untuk bisa mengembangkan startup dengan sukses tentunya anda harus memiliki tim yang solid dan tentunya dapat bekerja sama dalam membangun sebuah startup. Dengan tim yang solid tentunya anda akan terus bisa berinovasi dengan menyatukan berbagai ide yang diberikan oleh setiap individu. Dan tentunya dalam hal ini sebuah tim harus memiliki visi misi yang sama agar bisa mencapai goals yang telah ditetapkan. Hal yang paling penting dalam sebuah tim adalah konsisten, yaitu konsisten terhadap apa yang ingin diraih dan selalu berusaha untuk mencapainya walaupun terkadang mengalami sedikit kegagalan.

Memiliki kemauan untuk memperluas wawasan dan upgrade pengetahuan

Suatu bisnis cenderung mengikuti perkembangan zaman, bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu untuk mengikuti apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar. Contohnya saja sebelum teknologi dikenal luas dikalangan masyarakat pada umumnya, bisnis hanya dilakukan secara konvensional saja tapi saat ini begitu teknologi semakin canggih maka keinginan pasar juga akan berubah. Oleh karena itu jika anda membangun sebuah bisnis startup tentunya anda harus memperluas wawasan anda dengan berbagai fenomena yang terjadi saat ini. Terlebih lagi teknologi semakin kesini semakin canggih hingga hal ini harus membuat anda untuk terus mengupgrade kemampuan anda untuk bisa mengikuti perkembangan yang terjadi.

Memiliki roadmap usaha yang jelas

Dalam sebuah bisnis tentunya anda harus memiliki roadmap dan timeline yang jelas agar segala sesuatu yang akan ada kerjakan dapat terstruktur. Biasanya roadmap serta timeline digunakan untuk tujuan menganalisis ide – ide yang telah dibuat, menganalisis berbagai pertanyaan yang muncul, riset serta untuk memantau bagaimana jalannya bisnis anda. Jika anda melewatkan hal ini tentunya anda akan kesulitan untuk memantau bisnis anda karena apa yang anda kerjakan tidaklah terstruktur.

Memanfaatkan digital marketing

Dimasa digital ini tentu semua hal haruslah dilakukan dengan berbasis teknologi, terlebih lagi pada bisnis startup haruslah memanfaatkan digital marketing dalam pemasarannya. Dengan menggunakan digital marketing tentu bisnis anda dapat menjangkau konsumen secara luas serta dapat meningkatkan branding bisnis anda. Untuk digital marketing ini anda dapat menggunakan sosial media, digital Ads serta SEO. Dengan begitu produk atau jasa anda dapat dikenal oleh kalangan luas dan tentunya anda dapat membangun brand anda.

Cara Mempertahankan Bisnis Startup

Selain berbagai strategi untuk membangun sebuah startup, anda juga perlu untuk mencari strategi dalam mempertahan startup anda. Apalagi di masa pandemi ini yang tentunya memberikan dampak ke berbagai bisnis yang ada, namun anda harus bisa mempertahankan startup anda dengan berbagai strategi dan berinovasi untuk bisa mengikuti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mempertahankan sebuah startup anda adalah sebagai berikut:

Mengontrol produktivitas kerja karyawan

Untuk bisa mempertahankan startup bisnis anda agar senantiasa berjalan baik tentu tidak luput dari peran sumber daya manusia yang ada. Dalam hal ini tentu anda perlu untuk mengontrol produktivitas kerja karyawan anda secara berkala. Hal ini untuk menghindari kemungkinan karyawan yang tidak produktif dalam melakukan pekerjaannya. Dalam mengontrol kinerja karyawan ini dapat anda lakukan dengan melihat progres kerja kryawan dan seberapa aktif karyawan tersebut dalam berkomunikasi. Anda dapat meminta laporan harian atau laporan mingguan dari kerja karyawan dalam upaya kontrol agar sumber daya manusia yang ada tetap selalu produktif dalam melakukan pekerjaannya.

Strategi keuangan

Dalam suatu bisnis tentunya anda harus bisa merancang sebuah strategi keungan yang baik agar kondisi bisnis anda dapat tetap stabil. Ketika anda merasa strategi keuangan anda sudah cukup lama, anda bisa merancang ulang serta bila perlu anda harus mempersiapkan perencanaan cadangan untuk mengantisipasi keuangan dalam bisnis anda.

Inovasi Produk

Untuk bisa mempertahankan bisnis startup anda tentu saja anda harus melakukan inovasi produk yang lebih baik lagi. Dalam bisnis tidak mungkin anda hanya mengandalkan suatu produk tanpa inovasi dan meminta pasar untuk tetap suka pada produk anda. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan zaman dan trend pasar yang cenderung berubah – ubah sehingga anda perlu untuk melakukan inovasi produk dengan cara riset pasar untuk mengetahui apa yang sedang diinginkan oleh konsumen saat ini. Dengan inovasi produk yang terus – menerus tentunya anda bisa mempertahankan bisnis startup anda.

Upgrade wawasan tentang teknologi

Yang terakhir ini adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan yaitu mengupgrade wawasan anda tentang teknologi. Seperti yang anda ketahui bahwa startup merupakan suatu bisnis yang berbasis teknologi yang mana produk atau jasa yang dihasilkan pada umumnya berbentuk teknologi. Untuk itu anda juga harus selalu meningkatkan wawasan anda mengenai teknologi. Startup biasanya menggunakan aplikasi ataupun website untuk bisa lebih dekat dengan konsumen atau penggunanya. Untuk itu anda perlu untuk membuat tampilan yang menarik pada aplikasi ataupun website anda. Jika pada tim startup anda belum menguasai skill pada bidang ini tentunya anda dapat mengupgrade kemampuan anda melalui berbagai kursus yang ada, seperti pada kurus coding studio yang mana anda dapat mengaksesnya pada link codingstudio.id yang akan memberikan anda sebuah kursus untuk menambah pengetahuan serta skill mengenai teknologi. Disini anda dapat belajar mengenai bagaimana membuat aplikasi untuk mobile baik itu Android maupun iOS melalui kursus mobile developer sehingga dalam hal ini selain anda akan mendapatkan wawasan yang luas serta keahlian baru dalam bidang teknologi digital, anda juga bisa meningkatkan kualitas dari startup bisnis milik anda.