Design grafis adalah seni, profesi, dan disiplin akademis yang aktivitasnya terdiri dari memproyeksikan komunikasi visual yang dimaksud untuk ditransmisikan pesan khusus untuk kelompok sosial dengan tujuan tertentu. Design grafis memiliki berbagai bidang pengetahuan yang difokuskan pada system komunikasi visual. Sebelumnya, design grafis hanya dikaitkan dengan produksi sketsa dan gambar namun pernyataan ini bertentangan dengan kondisi saat ini. Mengingat perkembangan teknologi informasi yang cepat dan massif, permintaan akan designer grafis berpengalaman jauh lebih besar dari sebelumnya.

Para designer pun di tuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini dikarenakan dalam mendesign sudah dilakukan secara digital dan juga proses pembuatannya. Ada banyak applikasi atau software dalam mendesign, salah satunya adalah Adobe Ilustrator. Adobe Illustrator adalah editor grafik vector dan program design yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Inc. Pengembangan Adobe Illustrator dimulai pada tahun 1985. Versi terbaru CC 2021, dirilis pada 20 Oktober 2020 dan merupakan generasi ke-25 di lini produk. Adobe Illustrator telah ditinjau sebagai grafik vektor terbaik program pengeditan. Para designer professional menggunakan software ini dalam mendesign, baik logo, animasi, ilustrasi, hingga mendesign stationary set dan masih banyak lagi. 

Adapun kelebihan Adobe Illustrator :

  • Memiliki kualitas gambar yang tajam 
  • Mampu menangani file ukuran besar
  • Mampu menampilkan print out grafis dengan baik
  • Memiliki filter dan plug in yang menarik
  • Memiliki banyak fitur layer
  • Mampu menghasilkan warna yang smooth 
  • Memproses lebih ringan dan cepat

Kelebihan-kelebihan di atas merupakan alas an para designer memilih menggunakan Adobe Illustrator dalam mendesign. Namun bersamaan dengan kelebihannya, Adobe Illustrator memiliki kelemahannya tersendiri, diantaranya adalah:

  • Memiliki ukuran yang besar, sehingga harus didukung dengan PC sesuai dengan design
  • Hasil gambar kurang realistis
  • Cukup rumit dalam pengerjaan lay out nya. 

Adobe illustrator memilki lebih banyak banyak kelebihan ynag mendukung para designer grafis. Tutorial penggunaan Adobe Illustrator pun sudah banyak ditemui di youtube. 

Untuk pemula, dalam mengenal Adobe Illustartor ada beberapa tool bar yang wajib untuk diketahui, diantaranya adalah: 

  1. Direct selection tool [A]
  2. Pen tool [P] 
  3. Curvature tool[Shift+~]
  4. Rectangle tool[M] 
  5. Paint brush tool[B]
  6. Type tool[T]
  7. Rotate tool[R]
  8. Eraser tool[E] 
  9. Shape builder tool[Shift+M]
  10. Gradient tool[G]
  11. Eyedropper tool[I]
  12. Width tool[Shift+W]
  13. Blend tool[W]
  14. Artboard tool[Shift+O]
  15. Zoom tool[Z]
  16. Default fill and stoke[D]
  17. Fill[X]
  18. Change screen mode[F]

Dengan berbagai tool diatas, designer dapat dengan mudah membuat sebuah design, yang juga dibantu dan dilengkapi dengan fitur lainnya yang ada dalam Adobe Illustrasi.

Dalam kesempatan ini, saya akan menjelaskan cara membuat logo di Adobe Illustrator. Kali ini, logo yang akan dibuat hanyalah logo sederhana berupa sketsa. Berikut adalah tahapan pembuatannya.

  1. Pada tahap pertama, membuat terlebih dahulu sebuah sketsa logo yang akan didesign ulang dengan Adobe Ilustrator. 
  2. Pada tahap kedua, masuk ke Adobe Ilustrator dan mengatur ukuran artboard. Pilih sesuai yang diinginkan.

  1. Selanjutnya, pada tahap kedua mulai membuat logo nya, yaitu hewan anjing. Saya mengambil gambar anjing dari google untuk mengambil bentuk nya saja dengan menggunakan pen tool. Pembuatan logo anjingnya dengan ukuran stroke 5 dan berwarna kuning keemasan. Dan dengan fill yang kosong.
  1. Lalu pembuatan teks VIMC, pada tahap ini teks VIMC saya buat menyatu dengan logo anjingnya. Karakter hurufnya saya menggunakan Cooper Black dengan ukuran 152. Saya juga menggunakan stroke berwarna kuning keemasan dengan fill kosong. 

  1. Dan pada tahap kelima, membuat teks VETERINARY INTERNAL MEDICINE CONSULTANTS Mobile consultation | Ultrasound | Procedures. Dengan ukuran 35 dan karakter Cooper Black. Pada font ini saya menggunakan warna putih. Karna warna dasar logo nya saya menggunakan warna biru dengan sedikit gelap. 
Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator
  1. Pada tahap keenam, menambahkan stetoskop pada logo, dengan mengambil gambar dari internet. Dan hanya menggunakan garisnya saja dengan Image Trace ­čí¬Line Art dan mengubah warna menjadi warna putih. 
Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator
  1. Dan untuk stetoskop saya menggabungkannya dengan teks VETERINARY INTERNAL MEDICINE CONSULTANTS Mobile consultation | Ultrasound | Procedures. 
Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator

Demikian tutorial yang dapat saya berikan tentang cara membuat logo di Adobe Illustrator. Dengan adanya Adobe Illustrator, hasil design akan lebih menarik, namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pahamilah telebih dahulu penggunaan Adobe Illustartor dan seringlah berlatih dan mencoba mendesign. Sebaik-baiknya karya pasti ada saja yang tidak menyukai dan sejelek-jeleknya karya pasti ada saja yang suka.