Cara membuat database MySQL bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang berbeda. Misalnya saja melalui cPanel hosting, localhost dengan menggunakan command prompt dan melalui phpMyAdmin. MySQL sendiri sering juga dikenal sebagai manajemen basis data untuk aplikasi berbasis web.

MySQL merupakan sistem manajemen berbasis data relasional open source yang menggunakan perintah dasar database dengan nama SQL (Structured Query Language). Database MySQL juga bisa berjalan hampir disemua jenis operasi komputer seperti Windows, UNIX, dan Linux. Sebelumnya, MySQL diciptakan oleh Michael Widenius, namun pada akhirnya diakuisisi oleh Oracle yang mana saat ini memiliki saudara bernama MariaDB.

Biarpun demikian, MySQL masih sering digunakan developer aplikasi bahkan beberapa kampus pun juga banyak yang masih mengajarkan database dengan MySQL. Meskipun ada beberapa yang mengatakan kini saatnya beralih ke MariaDB. Namun MySQL nyatanya masih menjadi database yang paling banyak digunakan.


Cara Membuat Database MySQL dengan Beberapa Langkah

Sebelum membahas mengenai langkah untuk membuat database MySQL, sebaiknya kalian tahu terlebih dulu apa itu database. Database atau basis data merupakan kumpulan data yang tersimpan secara sistematis pada komputer. Selanjutnya data tersebut bisa diolah menggunakan perangkat lunak atau program aplikasi guna menghasilkan sebuah informasi.

Dalam sistem informasi basis data ini termasuk aspek yang penting karena fungsinya sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah nantinya. Nah, setelah mengetahui mengenai hal diatas, kini saatnya kita memulai langkah pembuatan database MySQL.


1. Membuat Database MySQL melalui cPanel

cPanel merupakan salah satu kontrol panel web hosting yang telah disediakan oleh layanan web hosting. Tujuannya agar semakin mudah dalam melakukan beberapa pengaturan melalui tampilan web bagi pemilik website. Dalam menjalankan dan mengontrol website ini tersedia beberapa macam tool, salah satunya tool untuk membuat database.

Ketika kalian menggunakan hosting unlimited yang menggunakan cPanel dalam pembuatan database. Maka proses ini bisa kalian lakukan dengan mudah melalui menu yang sudah tersedia untuk mengatur database. Perlu kalian ketahui, cPanel sendiri merupakan kontrol panel web hosting yang paling populer dibanding kontrol panel lainnya.

Dengan tampilan sederhana yang ada pada cPanel menjadikannya lebih mudah dilakukan, termasuk pengguna baru sekalipun. Bahkan tak hanya untuk membuat database baru, cPanel juga bisa untuk mengupload file website, mengelola email dan lainnya. Nah untuk membuat database MySQL, berikut cara yang bisa kalian lakukan.

  1. Cara membuat database MySQL yang pertama dengan login terlebih dulu ke cPanel
  2. Lalu klik menu MySQL Database yang terletak di kolom Database
  3. Selanjutnya masukkan nama database baru di kolom New Database dan tekan Create Database. (Pada langkah ini pastikan nama baru tidak sama dengan database yang sudah ada sebelumnya)
  4. Jika sudah, silahkan klik tombol Go Back
  5. Kemudian pada bagian Add New User tambahkan user baru dengan memberi nama user beserta password nya. Nah, selanjutnya klik saja tombol Create User maka pembuatan user baru sudah selesai dan klik lagi tombol Go Back.
  6. Setelah user dan database berhasil dibuat, saatnya menambahkan user ke database. Pilih user dan database pada bagian Add User To Database melalui menu drop down yang telah dibuat tadi. Untuk menyimpan perubahan klik tombol Add.
  7. Langkah selanjutnya, kalian akan menemukan pilihan ALL PRIVILEGES. Beri tanda centang pada bagian itu dan tekan tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan. Nah cara membuat database MySQL melalui cPanel sudah selesai.


2. Membuat Database melalu Command Prompt

Dengan perintah command prompt di localhost, akan sangat membantu kalian yang ingin melakukan pengembangan website tanpa koneksi internet. Untuk membuat database MySQL, kalian hanya perlu menginstal MySQL pada komputer kemudian jalankan perintah melalui command prompt. Nah, pada proses ini terdapat dua langkah, pertama menggunakan WAMPServer dan kedua menggunakan XAMPP.


1) WAMPServer

  • Silahkan buka Command Prompt melalui menu Run dengan menekan logo Windows + R, lalu ketikkan cmd dan tekan Enter.
  • Kemudian ketikkan perintah cd c:\wamp64\bin\mysql\mysql15.7.19\bin lalu klik enter.
  • Setelah itu, ketikkan perintah mysql -u root dan klik enter lagi.
  • Gunakan perintah create database (nama database kalian), untuk membuat database baru, lalu tekan Enter.
  • Terakhir untuk menampilkan daftar database, kalian bisa ketikkan perintah show databases.


2) XAMPP

Cara ini bisa kalian lakukan untuk membuat database di MariaDB dengan perintah yang sama seperti sebelumnya. MariaDB sendiri adalah database yang juga dikembankan dari MySQL.

  • Pertama lakukan instalasi XAMPP terlebih dulu melalui komputer
  • Selanjutnya jalankan XAMPP lalu klik Start pada baris MySQL
  • Lalu, buka Command Prompt dengan menekan logo Windows + R, dan ketikan CMD lalu Enter
  • Jika sudah, ketikan perintah cd c:\xampp\mysql\bin lalu klik Enter apabila kalian menginstal XAMPP langsung dari C
  • Langkah selanjutnya kalian bisa mengetikkan perintah mysql -u root
  • Untuk membuat database, masukkan perintah create database (nama database kalian) lalu klik Enter
  • Terakhir, untuk melihat database yang kalian buat tadi, ketikkan perintah show databases dan klik Enter.


3. Membuat Database melalui phpMyAdmin

Apabila kalian tidak terbiasa menggunakan command prompt. Cara lain untuk membuat database MySQL di localhost bisa kalian lakukan melalui phpMyAdmin. Sebagai informasi phpMyAdmin adalah perangkat lunak untuk mengatur administrasi MySQL melalui sebuah Web yang dibuat dengan PHP.

Perangkat lunak ini mendukung berbagai operasi di MySQL dan MariaDB, seperti untuk mengolah database, relasi, kolom, tabel, pengguna dan lainnya. Cara membuat database MySQL melalui perangkat lunak ini bisa kalian simak langkah-langkahnya di bawah ini. Namun perlu kalian pastikan bahwa sudah melakukan instalasi WAMPServer atau XAMPP seperti pada langkah sebelumnya.

  • Pertama jalankan service MySQL serta Apache pada XAMPP. Untuk memulainya klik tombol Start.
  • Selanjutnya akses URL localhost/phpmyadmin pada browser.
  • Lalu klik New untuk membuat database dan masukan nama database sesuai dengan keinginan dengan menekan tombol Create
  • Pada menu sebelah kiri akan terlihat database yang sudah kalian buat tadi
  • Pada tahap ini, maka cara membuat database MySQL sudah berhasil kalian lakukan.


4. Dengan Mengikuti Kursus

Tutorial di atas merupakan cara mudah untuk membuat database MySQL yang bisa kalian coba kapanpun dan dimanapun. Namun akan lebih baik lagi jika kalian juga bisa memahami setiap langkah dan bagian yang terdapat di dalam perintah. Salah satunya dengan mengikuti kursus untuk mengembangkan pengetahuan dalam hal teknologi.

Nah, berbicara mengenai kursus, Coding Studio merupakan salah satu penyedia layanan kursus online yang bisa kalian pilih. Dengan bergabung bersama Coding Studio, kalian akan mendapatkan materi terbaru dengan pengajar sudah berpengalaman di bidangnya. Materi yang disampaikan pun dalam bentuk bahasa Indonesia sehingga akan lebih mudah dipahami bagi pemula.


Jadi dengan berbekal ilmu yang diberikan, kalian bahkan tak hanya pandai bagaimana cara membuat database MySQL dengan cara yang mudah. Namun juga bisa menguasai berbagai bidang dalam hal teknologi lainnya. Setelah kalian selesai mengikuti kursus ini, pihak Coding Studio juga akan memberikan sertifikat yang nantinya akan sangat berguna.