Perkembangan teknologi digital saat ini membuat masyarakat sudah tidak asing lagi dengan keterampilan yang namanya coding. Pada saat ini banyak sekali aktivitas yang mempelajari coding dasar yang banyak sekali diikuti, dan tidak hanya itu pembelajaran coding ini juga sangat diminati oleh orang – orang dewasa yang ingin mengenal apa itu coding.

Hal ini dengan dibuktikan dengan banyaknya kegiatan kelas belajar coding untuk pemula, baik itu dilakukan secara online dan juga secara offline yang mana hal ini banyak sekali diikuti oleh anak – anak sekolah. Popularitas coding sendiri telah membuka lapangan pekerjaan bagi anda yang ingin bekerja di bidang dunia programming. Yang mana bidang ini salah satu pilihan karir yang sangat menjanjikan jika anda anda menguasai ilmu – ilmu coding. Maka anda sangat perlu untuk mengasah keterampilan anda dalam penulisan kode yang mana hal ini sangat diperlukan sekali agar anda bisa semakin dilirik oleh perusahaan – perusahaan yang anda sukai. 

Bagi anda yang belum sempat mengikuti kelas coding kali ini akan dijelaskan bagaimana tips dan trik bagi anda yang pemula untuk belajar mengenai ilmu coding ini, berikut tipsnya:

Definisi Coding

Sebelum mengulas lebih dalam mengenai ilmu coding ini maka anda sangat perlu untuk mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari coding itu sendiri dan juga dasar – dasar yang ada di dalam coding. 

Dalam Bahasa yang sangat sederhana bahwasanya coding adalah aktivitas yang dilakukan programmer untuk bisa melakukan komunikasi dengan komputer. Yang mana jika anda ingin melakukan komunikasi dengan komputer maka anda harus membuat serangkaian kode untuk memberitahu komputer apa yang harus dilakukan terkait dengan instruksi yang anda berikan.

Kode yang anda ciptakan itu nantinya akan membantu anda untuk melakukan komunikasi dengan komputer yang mana juga nantinya komunikasi yang anda berikan ke komputer, komputer juga mudah mengerti dengan perintah yang anda berikan.begitu anda memberikan instruksi maka komputer akan menerimanya dan secara langsung akan melakukan aktivitas sesuai dengan kalimat perintah anda.

Jika instruksi kode tersebut dikumpulkan maka kode itulah yang nantinya akan dibuat menjadi sebuah program yang dimana nanti pada program tersebut bisa memberikan hasil dan juga bisa berkembang menjadi aplikasi – aplikasi software, atau web yang mana disebut juga dengan sebagai coding. Sebagaimana sebuah mesin yang mana program akan berjalan asalkan kode yang dimasukan juga tidak ada sedikitpun mengalami kesalahan. Jika didalam membuat coding kita salah memasukan kode di dalamnya maka program yang kita buat tidak akan bisa berjalan sesuai dengan kehendak. Oleh karena itu bagi anda yang ingin menjadi programmer maka anda harus benar – benar memiliki ketelitian yang sangat tinggi agar kode yang anda tuliskan bisa menjalankan instruksi yang anda sampaikan.

Coding dan Bahasa Pemrograman

Coding sendiri sangat berkaitan sekali dengan yang namanya Bahasa pemrograman, yakni serangkaian kode yang dipakai untuk memberikan instruksi kepada komputer anda. Bahasa pemrograman terdiri dari sekumpulan aturan sintaks dan juga semantic. Yang dimana memiliki tujuan untuk mendefinisikan sebuah program, baik aplikasi, software, maupun web yang dimana agar aplikasi tersebut bisa berjalan dengan kehendak anda.

Pada umumnya materi belajar coding untuk para pemula adalah pemahaman Bahasa pemrograman seperti PHP, C, Java, C++, Python, JavaScript dan visual Basic.

Tantangan Belajar Coding untuk Pemula

Setelah anda benar – benar memahami dasar – dasar dari coding itu sendiri sekarang anda harus mempelajari coding yang dimana akan anda hadapi nantinya sebagai seorang pemula. Setidaknya dengan berbagai tips ini anda bisa mempersiapkan hal – hal apa saja yang harus anda persiapkan agar diri anda bisa lebih baik dan juga semangat dalam belajar mengenai ilmu coding, agar tidak terhenti di tengah jalan nantinya.berikut adalah berbagai tantangan anda pada saat belajar coding yang harus anda perhatikan.

  1. Anda harus tahu tujuan dalam mempelajari coding

Pernahkah anda bertanya pada diri anda sendiri buat apa anda mempelajari coding? Pertanyaan ini harus anda tanyakan kepada diri anda sendiri jika anda ingin mempelajari coding. Mengapa demikian? Karena dengan memahami tujuan dari anda yang ingin mempelajari tentang ilmu coding maka anda sebagai pemula juga harus mengetahui target apa saja yang harus anda capai dalam belajar coding nanti

  1. Apakah anda siap untuk konsisten dalam belajar coding?

Mempelajari hal yang baru maka sangat tentu anda akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Apalagi hal yang akan anda pelajari ini merupakan tentang coding. Karena anda harus siap dengan semua hal baik itu berupa materi pembelajarannya yang dimana pembelajaran terhadap coding ini dibilang cukup rumit. Materi yang tersedia juga tidak banyak untuk anda baca.

Bagi anda yang benar – benar ingin memahami tentang ilmu coding maka anda harus menyimak dengan baik semua materi yang diberikan, bisa anda baca dan juga praktekan berulang kali. Maka dari itu maka sebelum memulai mempelajari ilmu coding maka anda harus benar – benar konsisten untuk mempelajarinya. Arti konsisten disini anda harus siap meluangkan waktu bermain anda untuk berkutat memahami ilmu coding ini.

  1. Sejauh mana anda bisa menguasai Bahasa Inggris

Walaupun dalam banyak sumber pembelajaran menggunakan Bahasa Indonesia yang tentunya akan memudahkan dalam proses pembelajaran, namun tentunya banyak istilah yang digunakan biasanya adalah Bahasa Inggris, nah untuk itu bagi anda yang ingin belajar coding tentunya akan lebih baik jika bisa mengerti Bahasa Inggris

Sumber Belajar Coding Untuk Pemula

Untuk bisa belajar coding tentunya banyak sumber – sumber yang bisa kamu gunakan sebagai media pembelajaran, diantaranya adalah melalui aplikasi android, web interaktif dan juga youtube. Disini anda dapat belajar coding dengan mudah melalui media – media tersebut. Namun tentunya bagi anda yang ingin belajar coding dan masih pemula tentunya anda memerlukan tutor yang bisa mendukung dan menunjang proses belajar anda. Untuk itu tentunya anda bisa menggunakan jasa kursus codingstudio.id yang bisa membantu anda untuk belajar coding. Disini anda akan mendapatkan berbagai manfaat pada saat belajar coding, diantaranya adalah anda akan mendapatkan materi yang up to date. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang secara terus menerus dan semakin maju tentu dalam pembelajarannya anda harus belajar coding mengikuti dengan perkembangan teknologi. Selain itu disini anda akan mendapatkan tutor yang profesional dan ahli di bidangnya sehingga akan menunjang proses belajar anda dan bisa membimbing anda untuk belajar coding secara lebih baik. Selain materi yang up to date dan tutor yang professional, anda juga bisa belajar dengan waktu yang sangat fleksibel. Hal ini dikarenakan kursus ini dapat diakses secara online sehingga anda bisa belajar kapanpun dan dimanapun anda berada tanpa mengganggu aktivitas utama anda,