Bagaimana Cara Belajar Coding untuk Pemula?

Sudah tidak heran lagi melihat perkembangan teknologi sekarang, coding menjadi skill yang banyak diminati oleh berbagai perusahaan. Tentu, kita enggak boleh ketinggalan dan dimakan oleh zaman. Teruntuk kamu yang masih awam dan mau mulai belajar coding secara otodidak, tapi bingung harus mulai dari mana, tenang dan simak artikel ini sampai habis ya! Kodio akan menunjukkan bagaimana cara belajar coding dari nol.

Sebenarnya, coding itu apa?

Coding adalah suatu kegiatan menulis perintah berupa syntax untuk dijalankan oleh komputer seperti membuat aplikasi, website, dan lain sebagainya. Perintah tersebut bisa digunakan dengan berbagai bahasa pemrograman. Kalau kita komunikasi pakai bahasa Indonesia, maka komputer punya bahasa pemrogramannya seperti Python, Java, PHP, dan masih banyak lagi!  Biar lebih cepat belajarnya, kamu harus ngerti dengan istilah coding. Sebelum lanjut kamu bisa baca artikel Lebih Dekat dengan Coding dan Cara Kerjanya nih!

Setelah memahami dasar coding, lalu selanjutnya apa? Yuk, langsung simak langkah selanjutnya!

1. Cari tahu alasan ingin belajar coding

Cara Belajar Coding

Sebelum mulai belajar coding, tanya ke dirimu sendiri apa alasan belajar coding? Apakah kamu ingin menjadi seorang developer? Atau mungkin ingin membuat aplikasi mobile? Coba renungkan sejenak dan tulis tujuan coding-mu yah! Jika sudah ditulis, kamu bisa simpan tujuanmu untuk dijadikan fondasi awal mula perjalanan kamu menguasai coding!

2. Pilih bahasa pemrograman

Cara Belajar Coding
Photo by thenextweb.com

Dari tujuan coding tadi, tentukan bahasa pemrograman mana yang sesuai dengan bidang yang kamu minati. Karena semua bahasa pemrograman punya kegunaannya tersendiri, lho! Contoh, kalau kamu ingin belajar membuat website, kamu harus pelajari bahasa seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Selain itu, setiap bahasa pemrograman punya aturan main atau syntax yang berbeda. Tapi untungnya, konsep dasarnya mirip. Jadi kalau kamu sudah familiar dengan beberapa bahasa pemrograman, akan jauh lebih mudah belajarnya!

3. Pilih sumber pembelajaran

Cara Belajar Coding
Photo by AltumCode on Unsplash

Ada banyak banget sumber online yang bisa kamu manfaatkan belajar mandiri di rumah, lho! Kamu bisa belajar dari artikel Google, tutorial di YouTube, baca buku coding, diskusi di forum, website interaktif seperti W3Schools, ikut kursus, game coding, bootcamp hingga bergabung dengan suatu komunitas. Mayoritas sumber belajar coding berasal dari luar negeri, yang mana menggunakan bahasa Inggris. Maka itu, penting juga untuk belajar bahasa Inggris supaya paham dengan tutorial coding-nya.

4. Unduh text editor

Cara Belajar Coding
Photo by Clément Hélardot on Unsplash

Biasanya setiap programmer punya selera yang berbeda-beda dalam memilih text editor.  Kebanyakan bahasa pemrograman memiliki text editor tersendiri. Mereka juga biasanya dilengkapi dengan Integrated Development Environment (IDE) yang bisa mempercepat coding dan menghindari eror. Oleh sebab itu, kamu bisa nentuin mana text editor yang sesuai dengan kebutuhanmu!

5. Latihan buat program sendiri

Supaya makin lihai skill coding-nya, kamu perlu sering latihan. Adapun cara untuk latihan coding yaitu dengan membuat program sendiri. Misalnya coba buat proyek sederhana seperti merancang kalkulator dan game zaman dulu seperti Hangman. Tanpa adanya praktik, lama kelamaan kita akan lupa dan kaku saat coding. Practice makes perfect! 

6. Belajar coding-an orang lain

Setelah kamu memiliki pemahaman cara belajar coding di beberapa bahasa pemrograman, inilah saatnya untuk mempelajari lebih dalam. Salah satu cara terbaik untuk terus belajar dan memperkuat skill kamu adalah dengan membedah code orang lain. Github bisa jadi tempat yang bagus untuk mengakses open source. Pelajari dan analisa code-nya. Jika kamu melihat ada coding-an yang bisa dilakukan dengan lebih efektif, kamu bisa perbaiki dan unggah lagi code tersebut agar orang lain dapat mengkritik hasil usahamu!

Itu dia cara belajar coding untuk pemula ala Kodio. Makin penasaran enggak nih untuk belajar coding lebih dalam lagi? Atau malah sebaliknya? Buat yang tertarik, Kodio ada beberapa kursus yang bisa kamu ikuti untuk dijadikan sumber pembelajaran. Info lengkapnya bisa klik ini ya! Jika kamu tertarik dengan konten-konten seperti ini, jangan lupa untuk terus mengikuti blog Coding Studio!