Sidang Skripsi, Intip Trik Jitu Cara Menghadapinya

belajar komputer

Setelah melakukan penelitian dan menuliskan skripsi yang telah disetujui oleh dosen pembimbing adalah melakukan sidang skripsi. Sidang skripsi ini disebut juga sebagai ujian yang menentukan kelulusan seorang mahasiswa. Jadi sidang skripsi ini termasuk ujian terbuka yang dilakukan untuk mempertanggungjawabkan atau mempertahankan hasil penelitian yang Anda miliki.

Dimulai dari penelitian dan penyusunan sebenarnya masa-masa tersebut sudah cukup menegangkan di mana pada masa tersebut cukup menyita pikiran dan membuat mahasiswa harus meluangkan waktunya lebih banyak dibanding pada kegiatan perkuliahan sebelumnya.

Nah namun tahapan selanjutnya setelah penyusunan adalah sidang skripsi juga akan membuat Anda sedikit tegang dan cemas dalam menghadapinya karena harus berhadapan dengan para dosen penguji dan berbagai pertanyaan yang harus Anda jawab dengan baik dan benar.

Ketahui Pertanyaan Sidang Skripsi yang Penting dan Cara Menjawabnya

sidang skripsi

Meskipun Anda mungkin akan merasa tegang dan cemas namun ketika menghadapinya sebisa mungkin Anda harus relaks agar bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Usahakan diri Anda merasa tenang dan tidak gugup agar bisa menghadapi semua pertanyaan yang ada.

Pertanyaan-pertanyaan yang ada di bawah ini sebenarnya termasuk pertanyaan yang cukup mendasar hanya saja Anda harus mempersiapkan jawaban tersebut dengan baik dan benar sehingga jawaban Anda bisa memuaskan para dosen penguji.

Kalimat yang dipilih tentu harus ditata terlebih dahulu agar didapat jawaban yang tepat dan sesuai dengan pertanyaan yang ditanyakan. Nah berikut ini merupakan beberapa pertanyaan saat sidang skripsi yang biasanya akan dipertanyakan dan cara menjawab yang baik dan benar.

– Apa judul dari penelitian Anda?

Hal pertama yang biasanya akan ditanya pada sidang skripsi adalah judul penelitian yang Anda miliki. Mungkin terlihat sederhana jika ditanya tentang judulnya namun tetap saja Anda harus mempersiapkan jawaban dari pertanyaan ini. Alasannya cukup sederhana, dosen penguji akan melihat kesiapan Anda dalam sidang ini dengan menanyakan judul penelitian tersebut.

Baca Juga:  Apa itu Social Proof? Pengertian, Prinsip dan Cara Penerapannya

Pengecekan ini beralasan juga untuk mengetahui apakah Anda hafal judul dari penelitian yang Anda kuasai? Apakah Anda bisa menyebutkannya di luar kepala? Hal ini bisa meyakinkan dosen penguji bahwa penelitian yang dilakukan adalah hasil perjuangan Anda selama ini.

Jika memang Anda menyontek ataupun melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak diperbolehkan namun tetap saja jika Anda hafal terhadap judul penelitian tentu akan menjadi nilai plus dan dosen penguji akan yakin tentang kesiapan Anda terhadap sidang skripsi ini.

Jadi dosen penguji akan menilai bahwa Anda sudah mempelajari dan mempersiapkan ujian ini dengan sebaik mungkin. Jadi pastikan Anda sudah hafal terhadap judul penelitian Anda sendiri ya.

– Apa yang melatarbelakangi penelitian tersebut?

sidang skripsi

Pertanyaan selanjutnya bisa dikatakan sebagai pertanyaan turunan dari pertanyaan yang pertama. Setelah ditanyakan judul, dosen penguji tentu akan bertanya alasan yang menjadi latar belakang penelitian Anda.

Tips menjawab pertanyaan ini sebenarnya cukup mudah, Anda bisa menjawabnya berdasarkan fenomena yang ada saat ini yang mungkin menjadi keresahan Anda sehingga Anda ingin membahasnya pada sebuah penelitian.

Alasan lain yang bisa Anda jawab mungkin berdasarkan fenomena unik yang terjadi dikaitkan dengan kondisi umum hingga muncul keinginan Anda untuk melakukan penelitian tersebut. Jadi yang Anda bahas di sini adalah objek dari penelitian Anda.

– Alasan memilih objek dan lokasi penelitian

Hampir mirip dengan pertanyaan sebelumnya namun pada pertanyaan ini Anda bisa menjawabnya dengan menjelaskan sebuah permasalahan yang terjadi. Kemudian jika ditanyakan lokasi penelitian Anda dapat membandingkan dengan lokasi lainnya di mana lokasi yang Anda pilih ini memiliki kelebihan dibanding lokasi lainnya.

Kelebihan yang dimaksud di sini contohnya bisa karena pada lokasi ini akan diperoleh data yang banyak atau lokasi ini lebih membutuhkan perhatian untuk khalayak umum sehingga cocok untuk dijadikan penelitian. Contoh alasan lainnya bisa karena lokasi yang dipilih masih jauh dari jangkauan orang lain sehingga mudah untuk dilakukan penelitian.

Nah namun perlu diingat karena skripsi itu sendiri merupakan tulisan karya ilmiah tentu saja pada hasil penelitian atau ujian skripsi ini Anda harus selalu menguatkan pendapat Anda dengan penjelasan ilmiah.

Baca Juga:  Mengolah Data: Alat dan Aplikasi yang Digunakannya

Hindari saat menjawab pertanyaan sidang skripsi dari dosen penguji menggunakan alasan yang personal karena pasti Anda akan dicerca dengan pertanyaan lainnya yang bisa jadi Anda akan kesulitan menjawabnya.

– Apa saja teori yang digunakan sebagai landasan penelitian

sidang skripsi

Selanjutnya dalam sebuah penelitian ilmiah, sebuah teori diperlukan sebagai sebuah landasan apalagi jika Anda melakukan penelitian dengan metode kuantitatif. Jadi bagi Anda yang melakukan penelitian kuantitatif, teori ini akan sangat diperlukan untuk mendukung jawaban atau hipotesis yang ada pada penelitian atau skripsi yang sudah Anda buat.

Jadi dosen penguji dipastikan akan selalu menanyakan apakah penelitian Anda sesuai dengan teori yang ada ataukah bertolak belakang. Dalam menjawab hal ini Anda bisa mengutarakan keterkaitan antara teori dengan penelitian Anda.

Anda juga bisa menyebutkan keseluruhan dari teori secara lengkap mulai dari namanya atau asumsi dari teori tersebut sehingga dosen penguji bisa memahami apa esensi dari penelitian Anda jika dikaitkan dengan teori yang ada.

– Metode penelitian yang digunakan

Poin pertanyaan selanjutnya yaitu hampir masuk ke bagian isi, pada bagian tersebut Anda akan ditanyakan terkait metode penelitian yang digunakan. Pada pertanyaan ini Anda bisa menjawab secara rinci mengenai metode penelitian yang telah dilakukan dengan begitu dosen penguji bisa menilai bahwa Anda sangat menguasai penelitian ini karena bisa menjelaskan alur dari penelitian yang dilihat dari metode yang telah dilakukan.

– Teknik pengumpulan data yang dipilih

Selanjutnya teknik pengumpulan data yang dimaksud adalah tahapan di mana Anda mencari informasi valid yang bisa digunakan untuk menunjang penelitian Anda. Semua hal tentunya sudah tertulis pada skripsi yang Anda buat namun tetap saja setiap detailnya pasti akan ditanyakan oleh dosen penguji.

Intinya Anda harus benar-benar menguasai skripsi Anda dengan baik mulai dari judul sampai ke kesimpulan di bagian penutup.

– Hasil penelitiannya bagaimana

Poin pertanyaan terakhir yang biasanya akan ditanyakan adalah pada hasil penelitian yang telah didapat. Tips yang bisa dilakukan adalah jawablah pertanyaan sejelas mungkin dan berisi, jangan sampai jawaban Anda terlalu singkat sehingga akan memunculkan pertanyaan lain dan tidak membuat dosen penguji puas terhadap jawaban Anda tentunya.

Baca Juga:  Tips dan Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik

Tips selanjutnya Anda bisa selalu mengaitkan jawaban dengan kesimpulan yang telah diperoleh karena dalam hal ini yang ditanyakan adalah hasil dari penelitian Anda.

Itulah beberapa pertanyaan yang biasanya ada pada sidang skripsi, meskipun tidak 100% ada namun Anda tetap harus mempersiapkan pertanyaan penting yang disebutkan.

Selanjutnya bagi Anda yang ingin memberikan ucapan selamat sidang skripsi salah satu contohnya yaitu sebagai berikut, “Selamat atas pencapaianmu ya! Usaha tidak akan mengkhianati hasil, semangat untuk revisi dan sampai ketemu di wisuda nanti!”

Tertarik mengikuti kurusus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles