Search Generative Experience (SGE) Google: Fitur Baru Google

Search Generative Experience (SGE) Google Fitur Baru Google

Dalam dunia pencarian online yang semakin ramai, konsep baru yang menarik dan inovatif telah muncul yang dikenal sebagai Search Generative Experience (SGE). Search Generative Experience adalah fitur baru Google yang akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

Pengertian Search Generative Experience (SGE)

Apa itu Search Generative Experience? Search Generative Experience adalah pendekatan baru dalam pencarian online yang menggunakan teknologi generatif untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih personal dan relevan kepada pengguna.

Konsep ini berbeda dari pencarian tradisional yang berfokus pada kompetisi kata kunci karena SGE mempertimbangkan konteks, preferensi, dan riwayat pencarian pengguna untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai.

Manfaat Search Generative Experience

Adopsi SGE membawa sejumlah manfaat, berikut beberapa manfaat SGE yang perlu diketahui, yaitu:

1. Relevansi yang Tinggi

Manfaat yang pertama dari Search Generative Experience adalah mampu menghasilkan hasil pencarian yang lebih relevan dengan mempertimbangkan konteks pengguna, seperti lokasi, waktu, dan selera pribadi. Hal ini membantu pengguna menemukan informasi yang mereka cari dengan lebih cepat dan mudah.

2. Personalisasi

Dengan mempelajari pola pencarian pengguna, SGE dapat menyajikan hasil yang sesuai dengan minat dan preferensi seseorang. Hal ini dapat menciptakan pengalaman pencarian yang lebih personal dan memuaskan.

3. Peningkatan Produktivitas

Dengan menyajikan hasil yang lebih relevan dan personal, SGE membantu meningkatkan produktivitas pengguna dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan. Pengguna tidak perlu lagi menyaring hasil pencarian yang tidak relevan.

Baca Juga:  Wireframe Adalah Kerangka Website, Berikut Cara Membuatnya

4. Penemuan Konten Baru

Melalui rekomendasi yang cerdas, SGE sering kali memperkenalkan pengguna pada konten yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Hal tersebut bisa membuka peluang untuk penemuan baru dan eksplorasi lebih dalam.

Fitur-Fitur Search Generative Experience

Fitur-Fitur Search Generative Experience

Search Generative Experience memiliki sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna, di antaranya:

1. Menulis Draft dengan Kecerdasan Buatan Google

Pengguna bisa memakai fitur dalam SGE untuk membuat draft tulisan sesuai dengan kebutuhan. Hasil yang ditampilkan dapat disunting untuk mempersingkat atau memperbaiki tulisan sesuai keinginan pengguna. Fitur ini memberikan keuntungan bagi pengguna dalam menghasilkan tulisan dengan cepat dan mudah.

2. Menghasilkan Gambar dengan Kecerdasan Buatan (AI)

Fitur terbaru dari Search Generative Experience adalah kemampuan untuk menghasilkan gambar berdasarkan konsep atau kata kunci yang dimasukkan pengguna. AI akan menghasilkan gambar sesuai permintaan pengguna dan Google akan menampilkan empat gambar yang dapat dipilih dan disunting sesuai keinginan.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghemat waktu dalam pencarian gambar yang sesuai dengan keinginan. Namun, Google tetap memperhatikan hak cipta dan mencegah penyalahgunaan gambar dengan menyematkan watermark pada setiap gambar yang dihasilkan.

3. Fitur Interaktif

Fitur SGE ini memungkinkan pengguna untuk mempelajari definisi dari berbagai istilah asing yang terkait dengan topik tertentu di halaman hasil pencarian. Bahkan, fitur ini dapat menjelaskan definisi istilah dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sains, dan sejarah.

Google juga memiliki fitur untuk mengatasi kata-kata dengan makna ganda saat menerjemahkan ke bahasa asing. Dengan adanya fitur tersebut, hasil terjemahan menjadi lebih akurat karena pengguna dapat memilih arti kata yang dimaksud.

4. Fitur Pertanyaan Lanjutan

Salah satu fitur terbaru dari SGE adalah kemampuan untuk melakukan pertanyaan lanjutan atau follow up question. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan lanjutan terhadap hasil pencarian sebelumnya.

Cara Mengakses Fitur Search Generative Experience

Cara Mengakses Fitur Search Generative Experience

Sebelum memanfaatkan fitur-fitur Search Generative Experience, penting untuk mengetahui cara mengaksesnya. Cara mengakses fitur SGE baik di perangkat komputer/PC, Android, atau iOS yaitu bisa dimulai dengan membuka aplikasi Chrome. Pastikan untuk sudah masuk ke akun Google dan aktifkan mode penyamaran tidak aktif.

Baca Juga:  13 Cara Menjaga Keamanan Jaringan Komputer Perusahaan Secara Efektif

Selanjutnya, cari dan klik ikon Labs untuk mengaktifkan SGE. Setelah mengaktifkannya, Anda bisa mengajukan pertanyaan di fitur pencarian. Jika Anda ingin menggunakan fitur pertanyaan lanjutan, cukup klik ‘Ask a follow up’ di bawah ‘Overview‘ dan tulis pertanyaan Anda.

Cara Penggunaan Search Generative Experience

Setelah mengetahui cara mengakses fitur SGE, langkah selanjutnya adalah memahami cara penggunaannya. Berikut adalah langkah-langkah tentang cara menggunakan SGE, yaitu:

1. Lakukan Pencarian

Langkah pertama adalah melakukan pencarian seperti yang biasa dilakukan. Masukkan kata kunci atau frasa yang relevan dengan informasi yang ingin Anda temukan ke dalam kotak pencarian.

2. Lihat Hasil Pencarian

Setelah Anda melakukan pencarian, lihat hasil yang disajikan oleh mesin pencari. Dalam SGE, hasil pencarian biasanya lebih relevan dan disesuaikan dengan preferensi serta konteks pengguna.

3. Eksplorasi Opsi Tambahan

Selain hasil pencarian utama, SGE sering kali menyediakan opsi tambahan atau fitur yang memperkaya pengalaman pencarian. Ini bisa berupa rekomendasi konten terkait, filter pencarian, atau tautan ke sumber daya tambahan.

4. Refine Pencarian (Opsional)

Jika hasil pencarian awal belum sepenuhnya memuaskan, Anda dapat menggunakan fitur refine atau filter untuk menyempurnakan pencarian. Ini memungkinkan Anda untuk menyaring hasil berdasarkan kriteria tertentu seperti tanggal, lokasi, atau jenis konten.

5. Interaksi dengan Hasil

Setelah menemukan hasil yang relevan, Anda dapat berinteraksi dengan mereka sesuai kebutuhan. Ini bisa berupa mengklik tautan untuk membuka halaman web, melihat gambar atau video, atau menyimpan hasil untuk digunakan di lain waktu.

Dapat kita simpulkan bahwa Search Generative Experience adalah pendekatan yang lebih inovatif dan canggih dalam pencarian online, membawa personalisasi, relevansi, dan efisiensi ke tingkat yang lebih relevan bagi pengguna.

Tertarik dengan informasi mengenai serba-serbi teknologi masa kini lainnya? Atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang skill dunia digital? kunjungi Coding Studio, platform belajar IT yang dapat meningkatkan skill Anda khususnya di bidang teknologi.

Related Articles