SCSS: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

SCSS Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

SCSS adalah sintaks terbaru dari SASS dan SASS sendiri merupakan preprocessor CSS untuk mengolah data menggunakan sintaks output CSS. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu SCSS maka simak penjelasan berikut ini. 

Pengertian SCSS

SCSS atau Sassy CSS atau dapat disebut juga dengan SASS merupakan singkatan dari Syntactically Awesome Style Sheets. SCSS adalah preprocessor CSS untuk mengolah data menggunakan sintaks dengan output CSS. Teknik dari SCSS ini bisa memaksimalkan pengembangan dari tampilan website. 

Pengertian SCSS

SCSS banyak digunakan karena program ini memiliki aturan kepenulisan yang ramah bagi developer dari program ini. SCSS juga memiliki beberapa fitur yang ditawarkan agar coding menjadi lebih efisien. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot untuk menulis ulang kode yang sama seperti coding dengan CSS.  

Fungsi SCSS yang utama yaitu sebagai penataan gaya agar lebih efisien dan juga mudah dikelola dengan menawarkan beberapa fitur yang tidak ada dalam CSS standar.  

8 Fitur yang Ada Dalam SCSS

Berikut merupakan 8 fitur SCSS yang dapat memudahkan pekerjaan Anda dalam hal pemrograman:  

Fitur Variables

Fitur variable digunakan untuk membersihkan dan juga meminimalisir reduksi kode, karena fitur ini dapat menginsialisasi nilai terhadap suatu variable yang dapat digunakan untuk beberapa property yang Anda pilih.  

Fitur Nesting

Fitur ini dipakai untuk mengurangi jumlah code yang ditulis. Caranya yaitu dengan menggabungkan codenya ke dalam kelas yang sama. Dalam fitur ini Anda juga bisa menulis CSS dengan sistem hierarki, jadi bisa kita susun sesuai dengan tingkatannya. 

Fitur Mixins

Kegunaan dari fitur mixins atau disebut dengan fitur campuran ini yaitu mengelompokkan aturan yang kerap atau sering digunakan dengan nama tertentu. Jadi, ketika Anda membutuhkan kombinasi aturan tersebut, Anda cukup mengetikan kata mixins.  

Baca Juga:  8 Framework Terbaik Tahun 2020, Apa Saja ya?

Fitur Import

Fitur import digunakan untuk memecah file CSS dengan cara mengurangi kode yang memiliki ukuran besar. Hasil pecahan file CSS akan berupa file SASS yang lebih kecil, sehingga kode CSS Anda akan lebih cepat dibaca oleh compiler.  

Fitur Extend

Fitur extend ini mampu mewariskan code dari suatu sektor ke sektor yang lainnya. Dengan begitu Anda tidak perlu menuliskan ulang kode apabila selektor memiliki property yang sama. 

Fitur Loops

Fitur loops digunakan untuk mengeksekusi kode CSS berulang kali. Penulisan dalam fitur ini terdiri dari @while dan juga @for.  

Fitur Operator

Fitur operator dapat membantu Anda dalam melakukan perhitungan sistematis, misalnya menghitung lebar meja di sebuah ruangan. 

Fitur Bersyarat

Fitur bersyarat merupakan fitur yang dapat mengeksekusi kode CSS hanya jika fitur ini memiliki kondisi yang terpenuhi. Fitur bersyarat digunakan dengan if.  

Bagaimana Cara Kerja Dari SCSS dan Juga CSS

Bagaimana Cara Kerja Dari SCSS dan Juga CSS?

Untuk mengetahui cara menggunakan SCSS, Anda juga harus mengetahui cara kerja dari CSS karena SCSS bukanlah alternatif pengganti CSS namun SCSS adalah pendukung CSS.  

Mengapa dikatakan begitu? karena cara kerja SCSS ini adalah dengan cara melakukan coding syntak, setelah itu menyimpan file dengan ekstensi. Akan tetapi file SCSS tidak bisa dibaca oleh browser kecuali dengan mengubah SCSS ke CSS.  

Namun CSS diciptakan dengan berbagai aturan yang mengaturnya dan ketika CSS bekerja akan membutuhkan bantuan dari browser. Berikut merupakan cara kerja dari CSS:  

Load HTML

Dalam tahap ini browser akan memuat HTML dari jaringan.  

Proses HTML

Selanjutnya HTML akan melakukan penguraian untuk membuat Document Object Model (DOM) dan juga memuat CSS. DOM dapat membantu dalam proses desain, men-debug, dan juga membantu memelihara CSS, karena DOM merupakan tempat bertemunya CSS dengan konten dokumen.  

Load CSS

Sama seperti HTML. CSS kemudian akan diuraikan dengan cara mengurutkan atau menyeleksi aturan yang berbeda berdasarkan jenis pemilihannya ke dalam bucket yang berbeda. Pada akhirnya penyeleksian ini akan menentukan aturan yang harus diterapkan ke simpul DOM.  

Baca Juga:  Pseudocode yang Digunakan Pada Penulisan Algoritma!

Render Tree.

Dalam tahap ini elemen CSS yang akan diterapkan dalam simpul DOM akan diseleksi terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhannya. Render tree akan muncul setelah penyesuaian simpul dan juga elemen diterapkan.  

Display

Setelah penyesuaian di atas dan juga aturannya dijalankan, maka kemudian CSS dan juga DOM akan membentuk tampilan visual halaman situs tampilan di layar.  

Begitulah cara kerja dari SCSS dab juga CSS. Meskipun SCSS dengan CSS itu berbeda tetapi keduanya memiliki keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan. Karena, SCSS akan sepenuhnya mematuhi sintaksis dari CSS, dan SCSS merupakan varian dari CSS yang lebih maju dan juga berkembang  

Perbedaan Dari CSS Dengan SCSS

Berikut merupakan perbedaan CSS dan SCSS: 

Jenis CSS SCSS 
Arti dan Definisi CSS menggunakan bahasa skrip yang digunakan untuk mengembangkan berbagai web yang ditentukan.  SCSS adalah versi bahasa dari CSS yang lebih canggih. SCSS menggunakan jenis bahasa praprosesor, dan Anda perlu mengkompilasikan ke dalam bahasa CSS 
Barisan kode  CSS lebih banyak dalam menggunakan kode baris  SCSS lebih sedikit dalam menggunakan kode baris  
Fungsi  CSS terdiri dari berbagai fitur yang masih umum, sehingga dapat menggunakan fungsi-fungsi datar.  SCSS terdiri dari fitur-fitur yang lebih canggih dan juga lebih modern.  
Desain  CSS adalah bahasa penataan yang memungkinkan pengguna membuat, dan juga mendesain, dan juga menata berbagai halaman web.  SCSS merupakan tipe file khusus yang perlu menggunakan bahasa ruby dalam program SASS  
Bahasa yang digunakan  CSS biasanya menggunakan Bahasa javascript dan juga HTML.  SCSS biasanya menggunakan bahasa ruby dalam pengoperasiannya.  

Berikut merupakan penjelasan, tata cara kerja, dan sampai ke perbedaan antara SCSS dengan CSS. SCSS adalah fitur terbaru yang bisa Anda gunakan untuk menulis kode dengan cepat. Bagi yang ingin mempelajarinya bisa mengikuti kursus IT online Coding Studio yang menyediakan kelas programming, website development hingga digital marketing dengan didukung pengajar yang profesional.

Related Articles