presentasi adalah

Presentasi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Struktur

Pada dasarnya, presentasi adalah kemampuan yang hampir dimiliki oleh banyak orang dimana presentasi menjadi salah satu bagian komunikasi publik. Maksudnya, presentasi adalah suatu aktivitas berbicara di hadapan orang banyak.

Meskipun demikian, sebenarnya presentasi memerlukan suatu kemampuan khusus dimana esensinya bukan hanya membacakan slide per slide materi untuk audiens. Jika hanya sekedar membaca saja, audiens menjadi kurang memperhatikan apa yang disampaikan.

Nah, kurangnya perhatian audiens ini membuat penyampaian materi menjadi kurang efektif. Padahal tujuan dari presentasi adalah untuk menyampaikan pesan atau materi pada audiens. Jika audiens saja tidak memperhatikan, bagaimana tujuan tersebut bisa dicapai?

Terlebih lagi, presentasi adalah kemampuan yang banyak sekali dibutuhkan dalam dunia kerja. Jika Anda ingin memiliki jenjang karier yang cepat berkembang, kemampuan presentasi harus terus diasah.

Pengertian Presentasi

presentasi adalah
Presentasi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Struktur 5

Presentasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan, ide, program, layanan, produk dan lain-lain kepada audiens tertentu. Di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), presentasi merupakan proses untuk memperkenalkan, menyajikan, dan mengemukakan suatu hal dalam bentuk diskusi ataupun forum.

Sehingga bisa dikatakan bahwa presentasi adalah salah satu bentuk kegiatan komunikasi publik atau berbicara di hadapan publik. Tujuannya adalah untuk menyampaikan berbagai informasi pada publik.

Presentasi adalah suatu kegiatan, sehingga orang yang menyampaikan materi tersebut disebut sebagai presentator. Sementara orang yang menyimak disebut dengan audiens.

Tujuan Presentasi

Nah, agar Anda lebih memahami apa itu tujuan presentasi, yuk simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

1.      Menyampaikan Materi

Secara umum, presentasi digunakan untuk menyampaikan materi ataupun informasi. Presentasi ini sering dilakukan apabila terdapat materi yang perlu disampaikan. Misalnya materi tentang produk tertentu yang sedang dirancang.

2.      Merumuskan Ide

Selanjutnya adalah untuk menyampaikan ide atau gagasan, dimana biasanya presentasi biasa dilakukan saat sekelompok orang melakukan brainstorming.

Misalnya apabila dalam suatu divisi sedang memiliki project untuk pembangunan konstruksi perumahan. Kemudian divisi tersebut dituntut untuk mempresentasikannya.

3.      Meyakinkan Audiens

Meskipun tidak semua, tetapi ada presentasi yang tujuannya untuk mempersuasi atau meyakinkan agar audiens bersedia melakukan apa yang presentator katakanlah. Misalnya ketika presentator meyakinkan audiens untuk menerima ide, menyetujui proposal, dan lain-lain.

4.      Menghibur

Sebenarnya presentasi sendiri tidak selalu dikaitkan dengan hal-hal yang sifatnya formal. Terdapat pula presentasi yang bertujuan untuk menghibur audiens. Presentasi semacam ini bisa dijumpai dalam acara komedi dimana presentator menyampaikan cerita tertentu yang dibalut komedi agar audiens tertawa.

5.      Menginspirasi dan Memotivasi

Berikutnya tujuan presentasi juga bisa untuk menginspirasi dan memotivasi audiens. Dalam presentasi semacam ini, biasanya presentator akan menyampaikan suatu hal dengan semangat. Tujuannya adalah agar audiens bisa terinspirasi untuk melakukan sesuatu yang sudah disampaikan.

6.      Promosi

Selanjutnya presentasi juga bisa ditujukan untuk melakukan promosi. Biasanya di sini marketing yang akan mempromosikan produk atau layanan pada audiens target pasar. Misalnya demo memasak di acara arisan untuk melakukan promosi alat-alat untuk memasak.

Struktur Presentasi yang Benar

presentasi adalah
Presentasi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Struktur 6

Nah, jika sebelumnya sudah dijelaskan tentang presentasi adalah kegiatan untuk menyampaikan materi atau gagasan. Selanjutnya, bagaimana sih sebenarnya struktur presentasi yang benar? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1.      Pembukaan

Pembukaan presentasi adalah bagian terpenting yang jangan sampai Anda abaikan. Di dalam bagian ini, Anda diharuskan bisa mencuri perhatian dari audiens agar tertarik mendengarkan materi sampai selesai. Presentasi ini biasanya memakan waktu 10 hingga 15 persen dari keseluruhan waktu presentasi.

Pembukaan ini mencakup tiga hal, diantaranya attention getter, topik, dan agenda. Attention getter merujuk pada kalimat menarik untuk membuka presentasi agar bisa menarik perhatian dari audiens.

Kemudian topik, dimana Anda harus menyebutkan topik materi yang akan Anda bahas. Selanjutnya agenda, dimana Anda menjelaskan gambaran umum mengenai isi dari materi presentasi.

2.      Isi

Isi presentasi adalah poin penting yang harus Anda sampaikan, dimana di bagian ini dijelaskan pokok materi yang Anda bawakan. Selan itu, ada pula poin pendukung yang harus dipaparkan agar para audiens dapat memahami soal poin utama yang tersampaikan.

3.      Kesimpulan

Sama dengan bagian pembukaan, bagian kesimpulan ini membutuhkan waktu ideal sekitar 10 sampai 15 persen dari keseluruhan waktu presentasi.

Kesimpulan terdiri atas dua bagian, yaitu rangkuman pon yang sudah tersampaikan kemudian penutup. Pastikan Anda membuat kalimat-kalimat penutup yang bisa memberikan kesan untuk audiens.

Aplikasi Presentasi Terbaik

Presentasi yang baik juga harus ditunjang oleh backround presentasi yang menarik. Hal ini agar audiens tidak bosan ketika mendengarkan materi yang disampaikan. Nah, berikut ini daftar aplikasi presentasi yang bisa Anda gunakan.

1.      Microsoft Power Point

presentasi adalah
Presentasi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Struktur 7

Aplikasi ini menjadi salah satu yang populer digunakan dalam presentasi. Bahkan penggunaannya sudah seperti default aplikasi untuk menunjang presentasi. Hal ini karena sistem operasi yang digunakan oleh mayoritas orang-orang adalah Windows, dimana Power Point merupakan aplikasi bawaan dari Microsoft Office.

2.      Google Slides

Jika Power Point bisa digunakan secara offline, berbeda dengan Google Slides yang penggunaannya harus online. Aplikasi ini menyajikan interface yang sederhana dan simple, sehingga sangat mudah untuk dipahami. Background presentasi yang tersedia pun cukup menarik untuk memaparkan berbagai jenis presentasi.

Anda bisa mengakses Google Slides melalui berbagai macam perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Tenang saja, untuk penyimpanannya pun sudah otomatis langsung ke cloud storage. Sayangnya, untuk bisa menikmati layanan dari Google Sheets, Anda harus membayar sekitar USD 6 per bulannya.

3.      Prezi

Aplikasi Prezi ini menyediakan konsep Pathway Points yang memiliki efek animasi lebih menarik. Prezi bisa digunakan baik melalui ponsel ataupun desktop.

Meskipun penggunaan aplikasi ini bisa secara offline, tetapi sangat memudahkan Anda untuk membuat dan membagikan hasil presentasi yang sudah dibuat.

4.      Visme

Visme merupakan salah satu aplikasi presentasi terbaik yang berbasis cloud. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan fitur menarik, tetapi juga bisa membuat demo produk, visualisasi data, infografis, laporan, hingga membuat resume.

Selain itu, untuk desain presentasi pun sudah tersedia melalui berbagai jenis template menarik. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Visme memungkinkan Anda untuk mengunduh berbagai materi ke dalam bentuk image, PDF, hingga HTML5.

5.      Libre Impress Presentation

Aplikasi ini merupakan bawaan dari sistem operasi Linux yang mendukung presentasi Anda. Aplikasi ini biasa dijadikan sebagai andalan di dunia perkantoran agar tetap produktif tanpa jaringan internet.

Selain untuk menunjang presentasi Anda, aplikasi ini juga memiliki program lain yang erat kaitannya dengan dunia perkantoran. 

6.      SlideDog

SlideDog merupakan aplikasi berbasis online yang bisa menggabungkan berbagai jenis slide. Mulai dari Prezi, PDF, halaman web, Power Point hingga video klip. Bahkan aplikasi ini memungkinkan Anda tidak harus membuka layar desktop ataupun mengganti slide manual.

Itulah penjelasan mengenai pengertian presentasi adalah kegiatan menyampaikan materi atau gagasan di depan audiens. Lengkap dengan tujuan, struktur presentasi yang tepat, dan daftar aplikasi terbaiknya.

Tertarik mengikuti kursus Ms Powerpoint, cek promonya di codingstudio.id

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promo terbesar Bulan Ramadhan, Diskon spesial hingga 90%an!

X