Search Encrypt

Penjelasan Search Encrypt dan Kelebihannya

Google agaknya menjadi aplikasi dan mesin pencarian paling populer saat ini. Namun tahukah pembaca bahwa selain Google, ada beberapa mesin pencarian lain yang dapat digunakan untuk mencari data dan informasi di internet. Salah satunya yakni Search Encrypt.

Guna mengetahui lebih lanjut tentang Search Encrypt, simak ulasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Pengertian Search Engine

Search Encrypt
Penjelasan Search Encrypt dan Kelebihannya 5

Ketika seseorang tidak mengetahui tentang suatu hal, pastinya yang terlintas di pikirannya adalah mencari tentang hal tersebut melalui mesin pencarian Google. Hampir semua orang melakukan hal yang demikian karena itu jadi solusi untuk mengetahui suatu yang dicari.

Salah satu dari search engine yang terkenal adalah Google. Namun mesin pencari tidak hanya Google saja. Ada beberapa mesin pencari lain yang dapat digunakan seperti halnya Yahoo, Bing, Baidu dan Search Encrypt yang mana dapat digunakan untuk mencari data.

Pencarian menggunakan mesin pencari dianggap sebagai sesuatu yang banyak digunakan manusia abad ini. Persentase pemakaian mesin pencarian tahun lalu untuk mencari data sebanyak 71,24 % lewat desktop. Sedangkan 92,33% pemakaian diakses dengan menggunakan telepon pintar.

Search engine secara sederhana ialah mesin pencari yang dasarnya adalah platform dengan basis web yang digunakan untuk mencari data dan informasi pada World Wide Web atau WWW. Pencariannya sendiri dapat dilakukan dengan memasukkan kata kunci pada kolom.

Nantinya akan keluar daftar hasil pencarian dalam jangka waktu yang singkat. Adapun proses dari pencarian yang menghasilkan data dan informasi tersebut dinamakan dengan SERP atau search engine result page.

Adapun hasil tampilan dari masing-masing mesin pencarian ini berbeda satu sama lain karena algoritma yang digunakan juga berbeda sehingga antara Google dengan mesin pencarian lain tidaklah sama untuk hasil pencariannya.

Pengertian Search Encrypt

Secara sederhana Search Encrypt merupakan sebuah plugin dari browser untuk mengakses yang mana sangat umum digunakan di berbagai browser internet. Jika pengguna memakai mesin pencarian resmi seperti Google atau Mozilla, pastinya ada saran untuk pengaturan plug-in.

Hampir sama seperti kompetitornya yakni DuckDuckGo, mesin pencari enkripsi ini juga memiliki perhatian yang lebih pada privasi dan juga keamanan dari data pengguna. Search Encrypt ini menggunakan kombinasi dari SSL dan AES-256 encryption untuk perlindungan.

Dengan menggunakan kombinasi dari secure socket layer atau SSL dan AES-256 encryption, data pengguna dapat aman pada saat melakukan aktivitas browsing. Kedua fitur tersebut dapat memastikan bahwa data tidak dapat dicuri bot ataupun peretas yang ada di internet.

Data juga aman dari adanya local users yang mencoba terhubung dengan komputer. Kelebihan lainnya dari mesin pencari ini adalah penawaran pencarian video dan juga peta yang lebih aman.

Untuk peta sendiri aplikasi ini secara khusus menggunakan peta dari fitur open street map yang mana merupakan sebuah proyek kolaboratif dengan konsep open public, atau dapat diedit secara terbuka dan bebas oleh penggunanya.

Pada proses pencarian video, mesin pencarian ini menerapkan fitur blok pada iklan untuk melindungi data pribadi yang telah diinput dan juga kata kunci dari pencarian yang dipilih. Sehingga tidak tampil iklan yang mengganggu yang juga mengambil data dari pengguna.

Meskipun hasil pencarian tidak selengkap sebagaimana mesin pencarian Google. Akan tetapi dari segi keamanan mesin pencari terenkripsi ini dapat digunakan dan jadi pilihan untuk melindungi data dan keamanan pengguna.

Cara Instalasi Search Encrypt dan Uninstallnya

Search Encrypt
Penjelasan Search Encrypt dan Kelebihannya 6

Search Encrypt merupakan mesin pencarian yang berfokus pada privasi, di mana mesin tersebut melindungi data pengguna dan tetap menjaga riwayat pencarian secara lebih tertutup. Akses mesin pencarian ini juga langsung dapat dilakukan pada searchencrypt..com.

Cara menambahkan ekstensi pada browse cukup mudah dan dapat menjadi alternatif pilihan untuk melindungi privasi pengguna ketika online. Search Encrypt ini juga ramah bagi pemula, di mana penggunaannya cukup mudah dan sederhana.

Hampir sebagian besar dari website yang ada di internet memiliki tracking kode untuk mendeteksi pengguna, seperti dapat mendeteksi lokasi pengguna, perangkat pengguna, hingga kegemaran dalam melakukan browsing yang dilakukan oleh pengguna internet.

Akan tetapi berbeda dengan mesin pencarian terenkripsi ini. Di mana ia tidak memberikan akses kepada sistem untuk mendeteksi keberadaan pengguna hingga riwayat pencarian pengguna. Sehingga tampilannya kurang lebih menyerupai mode Incognito.

Adapun berikut cara Search Encrypt install ke Google Chrome:

  • Pada browser Chrome pergilah ke mode ekstensi lalu scroll ke bawah dari halaman dan pilih opsi “Lebih banyak ekstensi”
  • Selanjutnya carilah tentang search terenkripsi lalu klik tanda + ke dalam Google Chrome
  • Setelah itu tunggu dan aplikasi mesin pencarian tersebut telah masuk ke dalam sistem Google Chrome.

Lalu bagaimana cara menginstall mesin pencarian terenkripsi pada Mozilla Firefox? Berikut cara mudahnya:

  • Pilihlah opsi Add-Ons pada menu Firefox, atau pengguna juga dapat memilih opsi Tentang dan pilih Add-ons
  • Klik pada ekstensi yang mana nanti akan menunjukkan kepada pengguna daftar dari ekstensi yang tersedia di Mozilla Firefox
  • Pilihlah pencarian yang terenkripsi untuk dimasukkan ke dalam Mozilla
  • Pada sebelah opsi pencarian yang terenkripsi pilihlah Install dan selanjutnya opsi tersebut akan masuk pada Mozilla Firefox

Mengapa Perlu Menggunakan Pencarian yang Terenkripsi?

Search Encrypt
Penjelasan Search Encrypt dan Kelebihannya 7

Pencarian yang terenkripsi merupakan mesin pencarian yang sifatnya privasi. Mesin pencarian ini tidak menyediakan hasil pencarian yang berbasis pada riwayat pencarian. Ini karena data yang masuk dalam riwayat pencarian tidak sembarang untuk ditunjukkan.

Oleh karena tidak ada deteksi riwayat pencarian sebelumnya, sehingga tidak ada iklan yang muncul yang berkaitan dengan riwayat sebelumnya. Sistem keamanan tersebut diterapkan untuk menghindari risiko kebocoran data yang banyak terjadi di beberapa platform besar.

Maka bagi pengguna yang menginginkan privasi lebih dan lebih terlindungi datanya dalam rangka mencari informasi data di internet baiknya menggunakan mesin pencarian yang terenkripsi sehingga tidak ada pengguna lain yang dapat meretas data pribadi.

Bagaimana cara melakukan uninstall mesin pencarian terenkripsi dari Google Chrome? Caranya cukup mudah dan simpel. Pengguna cukup membuka kembali halaman ekstensi yang ada di Google Chrome.

Selanjutnya pengguna dapat menghilangkan crosscheck pada kolom check yang ada di ekstensi.

  • Buka terlebih dahulu Google Chrome menu di sebelah kanan atas dari jendela pencarian
  • Setelah itu klik “More Tools”
  • Setelahnya klik opsi Extensions
  • Lalu klik ikon kotak sampah yang ada di sebelah opsi mesin pencarian yang terenkripsi
  • Selanjutnya klik Remove pada pop up dialog yang muncul
  • Ekstensi mesin pencarian terenkripsi telah terhapus dari Google Chrome.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa penjelasan singkat seputar apa itu Search Encrpyt, yang mana bermanfaat bagi pengguna internet yang membutuhkan mesin pencarian dengan sistem proteksi dan perlindungan data yang tinggi.

Sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika data nantinya dapat bocor atau diretas oleh hacker. Ini karena Search Encrypt ini tidak sembarang dalam memberikan data dan sistemnya lebih tertutup.

Tertarik mengikuti kursus Cyber Security, cek promonya di codingstudio.id

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promo terbesar Bulan Ramadhan, Diskon spesial hingga 90%an!

X