OCR (Optical Character Recognition): Pengertian dan Cara Menggunakannya

OCR (Optical Character Recognition) Pengertian dan Cara Menggunakannya

Kemajuan teknologi membuat banyak inovasi dalam sistem keamanan salah satunya Optical Character Recognition (OCR). OCR adalah suatu sistem keamanan yang memungkinkan proses input data serta verifikasi dilakukan secara singkat dan otomatis.

Namun kalian pastinya bertanya-tanya mengenai OCR yang sebenarnya serta cara kerja hingga kelebihan dan kekurangannya. Ketahui informasi lebih jauh mengenai OCR melalui informasi berikut ini.

Pengertian OCR (Optical Character Recognition)

Apa itu OCR? Bisa dipahami disini jika OCR merupakan teknologi yang sangat berguna untuk mendapatkan maupun mengumpulkan informasi dengan cara mengekstrak data melalui gambar ke teks yang bisa diolah di sistem yang dipakai.

Pengertian OCR

Pengertian lainnya, OCR adalah nama lain dari text detection, karena dipakai untuk mengambil informasi lewat yang dilihatnya lalu dijadikan informasi teks.

Manfaat OCR (Optical Character Recognition)

Manfaat OCR sangat beragam, lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat yang bisa kalian ketahui dan rasakan.

1. Lebih Akurat

OCR dirancang memakai dua algoritma bawaan, yakni pattern recognition serta feature detection. Keduanya bisa melakukan analisis masing-masing karakter di sebuah tulisan. Hasilnya lebih akurat, jadi dokumennya bebas kesalahan.

2. Lebih Sederhana

OCR bisa mendeteksi serta menguraikan data utama yang mana disusun menggunakan layout statis. Penggunaan OCR membuat kalian tidak perlu berurusan lagi dengan tahapan entri data manual.

Baca Juga:  Apa Itu E-Wallet? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

3. Lebih Praktis

OCR menawarkan kemudahan sehingga membuat siapa pun yang menggunakannya merasa lebih praktis. Para karyawan tidak perlu lagi mengetik ulang data yang sudah ditulis manual lagi, sehingga proses input data menjadi semakin mudah.

4. Lebih Detail

OCR adalah teknologi yang bermanfaat pada bidang apapun salah satunya keuangan. Teknologi tadi bisa mengenal karakter optik pada bidang keuangan terutama yang berkutat pada proses audit sehingga memberikan hasil detail serta cepat dan pastinya keakuratan terjamin.

Fungsi OCR (Optical Character Recognition)

Setelah mengetahui tentang manfaatnya maka pembahasan selanjutnya mengenai fungsi OCR. Berikut ini beberapa fungsinya.

Fungsi OCR

1. Konversi Teks Fisik ke Digital

Fungsi utamanya yakni mengubah teks yang sudah tercetak ke dokumen fisik. Sehingga memungkinkan akses pencarian serta pengolahan informasi dengan lebih mudah.

2. Automasi Bisnis

Pada bidang bisnis, OCR memiliki fungsi untuk otomatisasi dokumen pada proses operasional bisnis. Jadi proses pengarsipan lebih efektif dan efisien.

3. Verifikasi Tanda Tangan

Di sektor keuangan legal, penggunaan OCR adalah memverifikasi tanda tangan di dokumen, serta membantu pada proses otorisasi serta otentikasi.

4. Digitalisasi Perpustakaan

Perpustakaan dalam perkembangannya memakai OCR dalam konversi koleksi buku, dokumen bersejarah, ataupun surat kabar lama menjadi format digital yang pastinya bisa diakses publik.

Jenis OCR (Optical Character Recognition)

OCR merupakan teknologi untuk mengolah data teks di gambar ataupun dokumen untuk nantinya diubah formatnya lalu diproses menggunakan komputer dan berikut beberapa jenis OCR tersebut.

1. OCR Optik

Cara kerjanya memakai teknologi pemindaian guna mengambil gambar teks melalui dokumen fisik lalu mengkonversinya ke teks digital.

2. OCR Handwriting

Cara kerja mengenali tulisan tangan dari manusia yang mana nantinya dimanfaatkan ke dalam aplikasi salah satunya seperti pengenalan alamat dan pengenalan tanda tangan.

3. OCR Barcode

Jenis ini dimanfaatkan untuk membaca serta mengenali barcode yang ada di label produk, dokumen, dan pengiriman yang kerap diterapkan pada industri logistik serta pergudangan.

4. OCR MRZ

Jenis ini dipakai untuk menggali serta mengekstrak informasi melalui MRZ ke dalam dokumen resmi semacam visa, paspor, dan lainnya.

Baca Juga:  IoT: Pengertian, Contoh, Manfaat dan Cara Kerjanya

5. OCR Captcha

Jenis ini untuk membaca serta mengenali kode captcha untuk verifikasi keamanan di situs web. Jenis ini membantu untuk menghindari spam.

6. OCR Deep Learning

Jenis ini berguna untuk mengenali karakter digambar ataupun dokumen yang bisa memberikan akurasi lebih tinggi untuk pengenalan karakter.

Cara Kerja OCR

Untuk mempermudah kalian memahami OCR, berikut ini cara kerja OCR secara umum yang bisa kalian ketahui.

  • Proses pemindaian pada dokumen yang akan diubah ke teks digital.
  • Melakukan peningkatan kualitas gambar seperti menghapus noise dan lainnya.
  • Segmentasi karakter dilakukan guna mengidentifikasikan lokasi karakter di dalam gambar.
  • Pengenalan karakter dilakukan memakai banyak metode semacam pengenalan jaringan saraf, jaringan pola, dan lainnya yang menghasilkan teks yang bisa diolah menggunakan komputer.
  • Finalisasi dengan cara melakukan pemeriksaan kembali hasil OCR agar hasilnya lebih tepat yang nantinya menghasilkan teks digital yang bisa diimpor maupun disimpan ke basis data.
Cara Menggunakan Optical Character Recognition

Cara Menggunakan OCR

Cara menggunakan OCR bisa diterapkan pada banyak aplikasi dan berikut beberapa contohnya saja.

  • Melakukan indeks materi cetak ke mesin pencari
  • Melakukan otomatisasi ekstraksi, entri data, dan pengolahannya.
  • Mengarsipkan informasi bersejarah atau penting ke format yang diinginkan dan lainnya

Contoh OCR

Berikut ini adalah beberapa contoh OCR dalam bentuk aplikasi yang bisa dimanfaatkan mengkonversi dokumen ataupun lainnya ke teks digital.

  • Google Drive (Google Docs)
  • Microsoft OneNote
  • Online OCR Services

Kelebihan OCR

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan OCR yang bisa diketahui. Pertama mari membahas mengenai kelebihannya.

  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas
  • Meningkatkan akurasi data
  • Hemat biaya
  • Digitalisasi data
  • Peningkatan kemampuan pencarian

Kekurangan OCR

Setelah kelebihan tentu ada kekurangannya dan berikut ini beberapa kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

  • Perangkat lunaknya terbatas
  • Ketergantungan pada dokumen asli
  • Ketergantungan pada format
  • Biaya awal tinggi
  • Terbatas ke pengenalan teks

Jadi OCR adalah suatu teknologi yang sangat membantu dalam mengkonversi dokumen ke dalam teks digital. Ingin mengeksplorasi lebih lanjut tentang berbagai informasi terbaru dalam dunia teknologi saat ini?

Baca Juga:  First Input Delay: Pengertian dan Cara Optimasinya

Atau tertarik untuk memperdalam keterampilan Anda dalam dunia digital? Silakan kunjungi Coding Studio, platform pembelajaran IT yang dapat membantu Anda meningkatkan keahlian khususnya di bidang teknologi.

Related Articles