Mudah, Begini Cara Membuat Abstrak Skripsi

abstrak skripsi

Skripsi menjadi salah satu syarat untuk menyelesaikan studi di jenjang sarjana. Saat Anda mengerjakan skripsi, pasti tidak asing dengan abstrak. Nah, abstrak skripsi ini menjadi bagian pertama dari skripsi yang memiliki peranan penting. Jadi, Anda harus tahu cara membuat abstrak skripsi yang baik dan benar.

Abstrak tidak hanya dibutuhkan untuk skripsi, tetapi juga penulisan karya ilmiah lainnya. Seperti makalah, artikel ilmiah, dan sebagainya. Maka dari itu, panduan membuat artikel ilmiah berikut ini akan sangat membantu Anda.

Sebelum masuk pada pembahasan cara membuat abstrak pada skripsi, simak terlebih dahulu pengertian abstrak dan tujuan pembuatannya.

Apa Itu Abstrak?

abstrak skripsi

Abstrak merupakan suatu paragraf yang ditulis dengan ketentuan panjang dan isi yang sudah ditetapkan untuk menggambarkan isi suatu karya tulis ilmiah secara ringkas. Biasanya, abstrak diletakkan di halaman awal skripsi karena fungsinya yang begitu penting.

Abstrak skripsi ditulis berdasarkan keseluruhan dari isi penelitian yang telah dilakukan oleh seorang peneliti untuk menunjukkan gambaran singkat kepada penguji ataupun pembaca skripsi.

Singkatnya, abstrak adalah komponen dari karya ilmiah yang memiliki fungsi sebagai gambaran singkat isi penelitian. Tanpa adanya abstrak, bisa dikatakan karya tulis ilmiah atau skripsi tersebut belum lengkap.

Isi Abstrak

Isi dari abstrak skripsi ditulis secara ringkas, jelas, dan padat dengan ketentuan 250 – 300 kata atau kurang dari 400. Artinya, setiap kata yang ditulis harus mencangkup inti dari informasi penelitian di dalam skripsi.

Beberapa informasi singkat yang harus ada di dalam abstrak skripsi yaitu pokok permasalahan, tujuan penelitian, subjek penelitian, metode yang digunakan, hingga hasil dari analisis data penelitian.

Baca Juga:  Revenue Stream Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Meningkatkannya

Maka dari itu, abstrak tidak terlalu banyak memakan ruang pada skripsi. Cukup satu halaman saja.

Tujuan Abstrak

abstrak skripsi

Dilihat dari pengertian abstrak, berikut ini adalah tujuan dari ditulisnya abstrak pada skripsi, yaitu:

1. Memberi kemudahan pada pembaca untuk memahami inti dari penelitian di dalam skripsi secara cepat.

2. Abstrak dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh pembaca untuk meneruskan atau tidak membaca skripsi tersebut. Apalagi jika pembaca memiliki tujuan untuk mencari referensi ilmiah, maka keberadaan abstrak sangat membantu.

3. Abstrak bisa dijadikan sebagai acuan oleh pembaca ketika membaca karya tulis ilmiah atau skripsi. Seperti misalnya rincian informasi, hasil analisis, dan opini dari penulis.

4. Abstrak bisa membantu pembaca untuk mengingat poin-poin penting di dalam skripsi.

Ketentuan Membuat Abstrak yang Baik

abstrak skripsi

Agar abstrak yang Anda susun sesuai dengan ketentuan atau kaidah yang benar, membuat abstrak harus mengikuti beberapa aturan berikut!

· Jumlah kata

Abstrak yang baik memiliki 250 kata atau kurang dari 400 kata. Dengan jumlah kata yang sedikit, diharapkan penulis bisa menyusun abstrak yang singkat, padat, jelas, dan sederhana.

· Kepadatan Abstrak

Format penulisan abstrak harus ditulis dengan spasi satu dan format paragraf rata kanan kiri atau justify. Sehingga dalam satu halaman, bisa memuat dua abstrak yang ditulis dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris.

· Susunan Paragraf

Normalnya abstrak ditulis dalam 1 paragraf, tetapi bisa juga ditulis hingga 3 paragraf. Di dalam paragraf tersebut berisi kalimat yang mampu memberikan gambaran secara jelas.

Dengan adanya aturan tersebut, Anda perlu mengetahui cara membuat abstrak skripsi yang baik sesuai dengan kaidah yang ditentukan.

Cara Membuat Abstrak Skripsi

Abstrak yang baik adalah abstrak yang bisa memberi pemahaman pada pembaca secara jelas mengenai inti dari skripsi yang Anda buat. Lalu bagaimana bisa tahu jika abstrak yang kita buat sudah benar?

Baiknya, sebelum abstrak ditulis di dalam skripsi, cek terlebih dahulu dengan memposisikan kita sebagai pembaca, apakah kita bisa memahami abstrak tersebut dengan baik atau tidak. Jika memang perlu ada revisi, lakukan revisi hingga mendapat hasil yang baik.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Skripsi, Jenis dan Tahap Pembuatannya

Berikut ini merupakan cara membuat abstrak skripsi, simak langkah-langkahnya!

1. Tulis Latar Belakang

Bagian awal abstrak, jelaskan latar belakang penelitian dan topik penelitian. Di bagian ini, Anda bisa memberi tahu pembaca, alasan atau argumen mengapa Anda melakukan penelitian tersebut.

2. Tulis Metode Penelitian

Metode penelitian adalah alat yang wajib digunakan dalam penelitian ilmiah agar skripsi tersebut memiliki landasan kuat. Anda perlu menuliskan metode yang digunakan dalam penelitian Anda untuk memberi tahu pembaca tentang gambaran metode penelitian yang Anda gunakan.

3. Tulis Hasil Penelitian

Selanjutnya, tulis dan jelaskan hasil penelitian. Anda perlu menuliskannya dengan singkat tentang hasil atau temuan yang Anda dapatkan. Tulis juga informasi penting agar pembaca mengetahui hasil penelitian di dalam skripsi tersebut.

4. Tulis Kesimpulan

Kesimpulan menjadi bagian yang wajib ditulis pada abstrak. Tulis kesimpulan yang didapatkan setelah mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data untuk memberi informasi pada pembaca tentang interpretasi penulis atas penelitiannya.

5. Tulis Kata Kunci

Masukkan beberapa kata kunci yang berkaitan dengan penelitian di bawah abstrak atau di akhir paragraf. Cara mengambil kata kunci adalah dengan menentukan poin-poin penting dari penelitian atau bisa diambil dari judul skripsi. Kata kunci memudahkan pembaca ketika mencarinya di internet, sehingga skripsi Anda bisa ditemukan.

Selain cara di atas, abstrak kini juga bisa dibuat secara otomatis dengan adanya kemajuan teknologi. Hal ini memberi kemudahan pada penulis skripsi untuk membuat abstrak yang baik.

Berikut ini cara membuat abstrak skripsi otomatis yang bisa Anda lakukan agar abstrak bisa dibuat dengan mudah dan cepat!

Menggunakan Writemeanabstrac.com

  1. Buka aplikasi browser. Bisa menggunakan Chrome, Mozilla, atau lainnya.
  2. Kunjungi situs writemeanabstract.com.
  3. Selanjutnya ketik judul penelitian atau topik penelitian di dalam kolom What is the title of your article?
  4. Terakhir, klik tombol Write My Abstract.
  5. Langkah selesai.

Menggunakan Classgist

  1. Buka aplikasi browser.
  2. Akses situs Classgist melalui link classgist.com/abstract-generator.aspx
  3. Selanjutnya, isi beberapa kolom yang tersedia.
  4. Kolom pertama: Overview of the Study: Research problem, Aims and Objectives.
Baca Juga:  Belajar SPSS: Tutorial SPSS Untuk Pemula

Kolom ini diisi dengan rangkuman masalah dan tujuan, atau maksud dari penelitian. Karakternya yang disediakan terbatas, hanya 0 sampai 60 karakter saja.

  • Kolom kedua: Methods/Research Methodology.

Bagian ini diisi dengan metode penelitian di dalam skripsi. Sama seperti sebelumnya, karakter yang disediakan hanya 0 – 60 karakter.

  • Kolom ketiga: Results/Findings.

Kolom ini berisi tentang hasil penelitian dari skripsi. dengan isi atau hasil dari penelitian. Anda hanya bisa mengisi kolom ini hingga 60 karakter.

  • Kolom terakhir: Conclusion/Recommendations.

Isi kolom ini dengan kesimpulan dari hasil penelitianmu. Kolom ini juga berisi 60 karakter.

  • Kliklah tombol View abstract.

Anda perlu menunggu beberapa saat agar generator memproses informasi yang Anda berikan.

  • Selesai. Anda bisa copy paste hasilnya.

Nah itu dia cara membuat abstrak skripsi yang baik dan benar. Langkah-langkah di atas bisa juga digunakan untuk berbagai topik dan jurusan kuliah, seperti cara membuat abstrak skripsi teknik informatika atau skripsi lainnya.

Tertarik mengikuti kurusus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles