ms excel adalah

Ms Excel Adalah: Pengertian, Manfaat dan Rumusnya

Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu perangkat lunak yang bernama Microsoft Excel atau yang biasa disingkat dengan Ms Excel. Ms Excel ini dalam bidang pendidikan pasti sudah diberikan sejak masih mengenyam pendidikan sebagai salah satu mata pelajaran teknologi, informasi, dan komunikasi.

ms excel adalah
Ms Excel Adalah: Pengertian, Manfaat dan Rumusnya 5

Meskipun Ms Excel sudah dikenalkan sejak dini, akan tetapi masih banyak orang yang masih awam dengan Ms Excel. Ms Excel adalah program perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengolah dan menghitung data numerik, dimana pengolahannya menggunakan rumus.

Pengertian Microsoft Excel

Ms Excel adalah aplikasi yang diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1987 yang mana memiliki banyak manfaatnya. Adapun beberapa profesi bisanya di bidang akuntansi dan administrasi, profesi-profesi tersebut mewajibkan seseorang untuk dapat menguasai Ms Excel. Bentuk kerja yang ada di Ms Excel adalah berbeda dengan yang ada di Ms Word, dimana untuk lembar kerja di Ms Excel adalah berbentuk kumpulan sel-sel yang tersusun atas baris dan kolom, yang biasa di sebut dengan sistem spreadsheet.

Data yang terdapat pada spreadsheet ini dapat dihitung serta diolah secara akurat dengan menggunakan rumus-rumus yang ada pada program tersebut. Selain itu penyajian data pada spreadsheet juga dapat divisualkan ke dalam bentuk tabel, grafik bergaris, ataupun diagram. Aplikasi pengolah data numerik ini merupakan bagian dari Microsoft Office yang mana bisa diakses dengan menggunakan sistem operasi Windows dan MacOS.

Berbagai Manfaat dari Microsoft Excel

ms excel adalah
Ms Excel Adalah: Pengertian, Manfaat dan Rumusnya 6

Ms Excel adalah salah satu perangkat lunak yang memiliki manfaat untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan berbagai pengolahan data numerik. Dengan menggunakan Ms Excel maka segala bentuk pembacaan dan perhitungan data yang berbentuk angka dapat dilakukan secara otomatis atau tidak perlu lagi dilakukan secara manual.

Selain manfaat tersebut, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kita nikmati kemudahannya dalam mengolah angka. Adapun beberapa manfaat yang diberikan oleh Ms Excel adalah:

  • Untuk menghitung kumpulan data dengan menggunakan berbagai operasi, seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan
  • Dapat mencari nilai dari suatu kumpulan data, misalnya mencari nilai terendah, tertinggi, rata-rata, dan nilai tengah
  • Bisa digunakan untuk membuat daftar untuk laporan keuangan
  • Bisa untuk membuat daftar nilai
  • Bisa untuk membuat daftar kehadiran ataupun presensi
  • Untuk menyajikan data dalam berbagai bentuk seperti grafik, tabel, diagram garis, diagram batang, dan sebagainya.

Berbagai manfaat yang diberikan oleh Ms Excel tersebut sangat bisa untuk memudahkan pekerjaan manusia, sehingga pekerjaan yang tadinya membutuhkan waktu lama maka dengan menggunakan Ms Excel pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan waktu yang cukup singkat. Oleh karena itu, kita sangat perlu mengusai Ms Excel karena manfaatnya sangat terasa di berbagai lini kehidupan.

Rumus-Rumus yang Terdapat di Microsoft Excel

ms excel adalah
Ms Excel Adalah: Pengertian, Manfaat dan Rumusnya 7

Pengolahan data dapat berjalan dengan akurat jika penggunanya menggunakan rumus-rumus tertentu, banyak rumus yang bisa kita gunakan untuk mengolah data angka sehingga kita tidak perlu melakukannya secara manual. Adapun beberapa rumus yang terdapat di Ms Excel yang sering digunakan, diantaranya ialah:

  1. SUM

SUM merupakan formula atau rumus di Ms Excel adalah yang memiliki fungsi untuk dapat menjumlahkan nilai dari berbagai kumpulan data angka. Rumus ini digunakan untuk mendapatkan nilai total dari penjumlahan semua data angka. Cara menggunakan rumus SUM ini cukup mudah yaitu dengan “=SUM(cell pertama:cell terakhir)”.

  1. IF

Rumus dalam Ms Excel lainnya ialah IF, dimana formula ini berfungsi untuk dapat menampilkan kebenaran nilai dari kumpulan data. Adapun cara untuk menuliskan rumus IF di Ms Excel yaitu “=IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai tersebut sesuai maka X];[jika suatu nilai tidak sesuai maka Y])”.

  1. MAX

MAX merupakan formula yang berfungsi untuk menampilkan suatu nilai terbesar dari suatu kumpulan data. Cara dalam menggunakan rumus ini ialah “=MAX(cell pertama: cell terakhir)”.

  1. Average

Average ini juga masuk ke dalam rumus di Ms Excel yang biasa digunakan untuk menghitung dari suatu nilai rata-rata. Cara penulisan rumus ini ialah “=AVERAGE(sel pertama:sel terakhir).

  1. MIN

Masih banyak lagi rumus yang terdapat dalam Ms Excel. Salah satunya ialah MIN, rumus ini merupakan rumus kebalikan dari MAX yang mana MIN ini memiliki fungsi untuk mencari nilai terkecil dari kumpulan data. Cara untuk menuliskan rumus nya sangat mudah yaitu “=MIN(sel pertama:sel terakhir)”.

  1. MATCH

MATCH Merupakan salah satu rumus di Ms Excel adalah yang digunakan untuk dapat mencari letak dari nilai tertentu yang terdapat di dalam kumpulan data, cara untuk menuliskan rumusnya yang benar ialah “=MATCH(lookup_value:lookup_array:[match_type])”.

  1. COUNT

COUNT merupakan salah satu rumus yang ada di Ms Excel yang biasanya digunakan untuk menghitung banyaknya nila yang ada setiap sel dalam kumpulan data tersebut, adapun cara penulisan rumus yang benar pada Ms Excel adalah “=COUNT(sel pertama:sel terakhir)”.

  1. DATE

Rumus lainnya ialah DATE, DATE sendiri merupakan rumus yang biasanya digunakan untuk dapat menampilkan keterangan mengenai waktu yang mana terdiri atas tanggal, bulan, serta tahun dalam sel. Cara penulisan rumus DATE pada Ms Excel cukup mudah yaitu dengan “=DATE(tahun;bukan;tanggal)”.

  1. VLOOKUP

Rumus VLOOKUP merupakan rumus yang sering kali dipakai, dimana rumus VLOOKUP biasanya digunakan untuk dapat menampilkan sebuah nilai pada kumpulan data yang bersumber dari suatu label dengan menggunakan format susunan vertikal. Adapun cara penulisan dari rumus VLOOKUP ialah “=VLOOKUP(data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sel yang terdapat pada tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)”.

  1. HLOOKUP

HLOOKUP juga merupakan salah satu rumus yang terdapat pada Ms Excel, dimana fungsinya hampir mirip dengan VLOOKUP. HLOOKUP sendiri merupakan rumus yang biasanya digunakan untuk dapat menampilkan data pada suatu kumpulan data yang mana bersumber dari suatu tabel dengan format susunan horizontal.

Cara penulisan dari rumus HLOOKUP juga hampir sama dengan VLOOKUP, yaitu dengan “=HLOOKUP (data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sebuah sel yang ada di tabel referensi, nomor sebuah kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)”.

Rumus-rumus diatas merupakan rumus umum hanya saja biasanya setiap desktop komputer akan memiliki cara penulisan yang berbeda juga, tergantung pada pengaturan serta versi dari Ms Excel adalah yang dipakai pengguna. Akan tetapi biasanya yang membedakannya hanya sebuah tanda titik ataupun koma saja. Jadi kita perlu mengecek nya terlebih dahulu sebelum memasukkan rumus.

Apakah sudah sedikit ada gambaran mengenai Ms Excel yang banyak manfaatnya? Semoga dengan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca yang sedang ingin mendalami ilmu mengenai Ms Excel.

Salah satu cara mempelajari Ms Excel adalah dengan mempelajari teori kemudian mempraktekkan nya secara langsung, dengan begitu maka pengguna akan lebih mudah memahaminya. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk mengikuti kursus online ms excel lengkap hanya di sini yaitu Coding Studio!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *