Metaverse Adalah Dunia Virtual Masa Depan

metaverse adalah

Saat ini tidak dipungkiri metaverse adalah salah satu dari topik yang tengah ramai diperbincangkan terutama oleh ahli IT.

Hal ini tidak terlepas dari dunia virtual yang digadang-gadang akan dapat menjadi gerbang untuk menuju ke kemudahan digital pada masa mendatang.

Kepopulerannya yang kian melejit setelah Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaannya ke Meta Platforms Inc yang dikenal dengan Meta.

Sebenarnya metaverse ini belum dapat dijelaskan dengan detail dikarenakan masih dianggap menjadi sebuah konsep belaka.

Apa Itu Metaverse?

metaverse adalah

Kendati baru mengalami kepopuleran belakangan ini akan tetapi metaverse adalah istilah yang telah lama diciptakan.

Mark Zuckerberg mengartikan metaverse adalah dunia virtual yang dapat dimasuki penggunanya. Jadi tidak hanya melihat layar namun kalian bisa memakai metaverse untuk dapat merasakan kehidupan di dalam mata dengan cara masuk di dalam lingkungannya.

Sehingga ketika dipersingkat maka metaverse adalah suatu komunitas virtual dan saling terhubung serta tidak mempunyai ujung.

Namun ada pengertian lain mengenai metaverse ini jadi arti metaverse adalah sebuah tempat yang berguna untuk koneksi sosial. Nantinya metaverse ini memungkinkan banyak orang dari seluruh dunia untuk bisa berkreasi ataupun menjelajahi rangkaian pengalaman dan saling berhubungan terlepas dari lokasi fisiknya.

Apakah Metaverse Itu Hanya untuk Facebook?

Seperti yang telah disebutkan jika metaverse adalah konsep dunia virtual yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat pada masa mendatang.

Metaverse ini sangatlah penting untuk dilakukan perluasan jadi pengguna dapat menjelajahi dunia secara sungguhan.

Ini tentunya harus melakukan kerja sama dengan banyak perusahaan agar pengguna dapat berinteraksi, berjualan, dan berbelanja di dalamnya.

Jadi sebenarnya metaverse ini tidak terbatas hanya pada Facebook saja namun bisa untuk kegiatan lain seperti crypto bahkan haji. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa jenis yang bisa kalian temukan.

Baca Juga:  Model View Controller (MVC): Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

· Metaverse crypto

Pertama yaitu metaverse crypto yang mana metaverse crypto adalah dimensi virtual yang mana sebauh avatar dapat mewakili para penggunanya untuk bisa saling berinteraksi dan bertransaksi kripto.

Umumnya pada dunia metaverse akan tersedia ekonomi serta kurs mata uang tersendiri untuk menjual, membeli, ataupun memperdagangkan berbagai macam aset yang ada di dalamnya. Tentu saja bertumbuhnya sistem blockchain bisa meningkatkan kualitas teknologi metaverse tersebut.

· Haji metaverse

Sederhananya metaverse ini adalah kegiatan memindahkan dunia nyata ke dalam dunia virtual. Jadi haji metaverse adalah kegiatan yang memungkinkan umat Islam dalam mengunjungi berbagai tempat yang bersejarah di Kota Mekkah tanpa harus mengunjungi tempat tersebut.

· Metaverse facebook

Jadi pada dasarnya metaverse Facebook adalah sebuah teknologi metaverse yang coba diterapkan oleh Facebook supaya para pengguna di dalamnya bisa terhubung secara lebih nyata jadi bukan hanya sekedar sosial media saja.

Apa yang Dapat Dilakukan Dalam Metaverse?

metaverse adalah

Bila dilihat pada dunia virtual tentu saja metaverse adalah sebuah lingkungan dan menyediakan banyak pilihan kegiatan untuk penggunanya. Adapun berbagai macam hal yang bisa dilakukan pada platform tersebut sebagai berikut.

· Konser virtual

Tentunya kalian bisa melihat konser secara virtual yang tentunya digelar pada lingkungan metaverse. Bila diperhatikan tentu saja konsepnya hampir mirip dengan kalian menonton konser secara langsung. Menggunakan bantuan teknologi tadi kalian bisa merasakan suasana yang otentik konser dengan pengguna lain di dalam metaverse.

· Melihat dan membeli karya seni maupun pakaian

Untuk sistem jual dan beli karya seni di dalam metaverse ini bisa ditemukan dalam bentuk NFT. Nantinya pengguna bisa melihat serta membeli hak dari kepemilikan karya seni perusahaan maupun seniman.

Bahkan tidak hanya itu saja karena pengguna dapat mencoba serta membeli pakaian langsung dari perusahaan. Pakaian itu bisa dipergunakan oleh avatar maupun ditampilkan di akun media sosial pembeli.

Konsep pakaian tersebut dikenal juga dengan sebutan digital fashion dan telah mulai untuk diperjual belikan pada banyak perusahaan pakaian.

Baca Juga:  Data Engineer: Pengertian, Tugas, Skill dan Toolsnya

· Main game

Bagi para pengguna yang senang bermain game tentunya metaverse bisa menjadi suatu platform yang tergolong cukup menyenangkan.

Hal ini karena banyak perusahaan dari video game ternama yang telah bekerja sama dengan perusahaan dari Mark Zuckerberg.

Untuk memainkan game tadi kalian perlu teknologi khusus semacam oculus rift agar dapat masuk ke dalam dunia virtual metaverse tadi.

· Bekerja

Metaverse adalah sebuah hal baru terutama bagi pekerja yang memang terjebak di dalam sistem kerja WFH (working from home) akibat pandemi yang pernah berlangsung.

Tidak hanya melihat rekan kerja serta atasan menggunakan aplikasi meeting online. Akan tetapi karyawan bisa secara langsung bergabung bersama pada kantor virtual metaverse.

Nantinya kalian bisa memakai kacamata AR, headset VR, dan juga oculus rift agar pekerja dapat merasakan bekerja seperti di kantor sungguhan.

Nantinya akan tersedia pengalaman lain yang bisa dimanfaatkan pengguna di dalam metaverse. Tentunya ini akan diutamakan mengingat Meta ingin menyuguhkan pengalaman terbaik bagi pengguna baik masyarakat maupun perusahaan.

Pengguna nantinya bisa mempunyai kemampuan untuk berteleportasi untuk merasakan satu pengalaman ke pengalaman yang lain.

Hal ini karena perusahaan baru akan bekerja sama serta mencari cara agar bisa menghubungkan platform satu dengan lainnya di dalam metaverse.

Cara Kerja Metaverse

metaverse adalah

Seperti yang sudah dijelaskan jika metaverse adalah serba-serbi yang berasal dari dunia internet untuk nantinya dihadirkan pada platform virtual.

Pengguna bisa melakukan banyak aktivitas di dalam platform tadi seperti investigasi sampai dengan melaksanakan pekerjaan dengan cara remote seperti pada dunia nyata.

Walaupun begitu agar kalian dapat terjun ke dalam dunia virtual metaverse terdapat beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan.

Pertama yaitu metaverse tidak akan pernah terlepas dari yang namanya internet untuk akses utamanya. Hal itu didukung pula dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Proses kerja di dalam metaverse perlu adanya dukungan dari banyak perangkat modern mumpuni semacam AR, VR, dan headphone.

Kehadiran kedua perangkat tadi merupakan hal yang sangat penting dimiliki ketika kalian ingin berkutat pada dunia metaverse yang telah serba virtual dan memakai sistem 3D dan AR.

Baca Juga:  Rest API adalah: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan

Di dalam perkembangannya, berbagai macam produk yang dapat menunjang dari sistem AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) tentunya berpotensi untuk dipergunakan. Hal ini semacam tangan robot ataupun kacamata VR dengan teknologi tinggi.

Berbagai pilihan dari perangkat tersebut akan diperlukan pengguna guna membuat aktivitas metaverse menjadi lebih nyata serta mudah dieksekusi.

Itulah hal singkat yang perlu diketahui soal metaverse seperti definisi, cara kerja, dan juga opsi internet yang ada.

Jadi secara garis besar metaverse adalah konsep dari dunia virtual yang nantinya bisa menjadi masa depan untuk kemutakhiran internet. Bahkan metaverse digadang-gadang menjadi sebuah dunia digital pada masa mendatang.

Terutama bagi kalian yang merupakan pekerja profesional terutama berkaitan dengan teknologi jangan pernah lupa untuk mengupdate informasi kalian mengenai dunia metaverse ini.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang.

Related Articles