IT Adalah: Pengertian dan Peranan Pentingnya

it adalah
it adalah

IT adalah sebuah teknologi penting yang bisa membantu manusia dalam membuat, menyimpan, mengolah dan juga menyebarkan informasi. Nama IT adalah singkatan dari Information and technology yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti teknologi informasi, bisa berupa hardware, software dan juga useware.

Teknologi dibuat dan dikembangkan oleh manusia guna mempermudah dalam melakukan pekerjaan. Teknologi bersifat dinamis dimana selalu berkembang dan lebih maju dari yang sebelumnya. Peran teknologi di kehidupan masyarakat sekarang sangat dominan dan hampir semua orang memiliki sebuah perangkat elektronik seperti smartphone.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat pekerjaan manusia semakin simple. Kini siapa pun dapat memperoleh atau memberikan sebuah informasi dengan cepat hanya menggunakan sebuah perangkat yang terkoneksi internet. Informasi bisa didapatkan dengan mudah lewat mesin pencari Google atau aplikasi lain.

Peran Penting IT dalam Kehidupan Manusia

it adalah

IT adalah peran penting dalam kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa penerapan teknologi yang membuat pekerjaan manusia lebih mudah dan simak selengkapnya di bawah ini.

· Bidang Pemerintah

Saat ini Indonesia sudah mulai menerapkan sistem e-goverment dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya sistem ini, membuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat lebih terbuka dan arus informasi bisa diterima lebih cepat.

E-goverment merupakan sebuah teknologi informasi yang dibuat oleh pemerintah untuk memberikan informasi lewat sebuah website atau aplikasi. Masyarakat bisa mencari informasi terbaru dari pemerintah hanya dengan mengunjungi situs departemen pemerintah yang diinginkan.

Dengan adanya sistem ini juga dapat meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi terbaru kapan pun dan dimanapun hanya dengan menggunakan perangkat elektronik yang memiliki koneksi internet. Masyarakat juga akan lebih percaya kepada pemerintah karena keterbukaan informasi.

Baca Juga:  Mengenal Joomla serta Fitur, Kelebihan dan Cara Installnya

· Bidang Keuangan

IT adalah teknologi yang sangat membantu dalam bidang keuangan. Dengan adanya teknologi informasi, nasabah sebuah bank bisa mengakses rekening dengan mudah.

Seperti contoh layanan ATM yang bisa digunakan untuk menarik uang, cek saldo, setor tunai, transfer dan lain sebagainya. Bahkan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, semakin memudahkan nasabah.

Kini hampir semua perbankan menggunakan sebuah aplikasi banking yang memungkinkan nasabah mengakses rekening hanya menggunakan smartphone yang terkoneksi internet. Sehingga untuk mengakses rekening kini sudah bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun tanpa harus datang ke kantor.

· Bidang Perdagangan

IT adalah yang merubah tren masyarakat saat ini. Dulu masyarakat terbiasa berbelanja secara offline dengan datang langsung ke toko. Namun kini proses perdagangan bisa dilakukan lewat online dengan menggunakan sebuah website toko online atau lewat aplikasi e-commerce.

Baik itu masyarakat maupun pedagang dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan lewat online di situs maupun aplikasi e-commerce. Masyarakat bisa mencari barang yang ingin dibeli lewat mesin pencari Google atau langsung membuka aplikasi e-commerce.

· Bidang Transportasi

Bidang transportasi juga tak luput memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. IT adalah teknologi sangat berguna yang mana memudahkan manusia dalam memberikan dan mendapatkan informasi lebih cepat.

Contoh pemanfaatan teknologi informasi di bidang transportasi yaitu penggunaan aplikasi pembelian tiket yang lebih mudah. Orang yang ingin membeli tiket, kini sudah bisa membeli lewat online tanpa harus datang ke stasiun, terminal atau bandara. Selain itu, informasi ketersediaan tiket juga bisa dilihat hanya dengan membuka aplikasi.

· Bidang Pendidikan

Teknologi informasi juga memiliki peranan penting di bidang pendidikan. Kini pelajar dapat mengetahui informasi sebuah sekolah atau kampus hanya lewat internet dan bahkan bisa mendaftar sekolah tanpa harus mengambil formulir pendaftaran di sekolah tersebut. Informasi dan pelayanan akan lebih mudah diketahui oleh masyarakat.

Selain dari sisi pelayan, teknologi informasi juga membuat pendidikan semakin lebih maju. Pada saat ini IT adalah media pembelajaran. Sehingga proses mengajar akan lebih menarik dan interaktif.

Baca Juga:  Fungsi Array: Pengertian dan Jenisnya

Guru akan lebih mudah dalam menyampaikan materi dan pelajar akan lebih mudah dalam menangkap materi pembelajaran. Setiap lembaga pendidikan juga biasanya memiliki pegawai yang menguasai teknologi informasi. Staff IT adalah orang yang bertanggung jawab terhadap jaringan dan teknologi.

Pekerjaan yang Membutuhkan Keahlian IT Adalah

it adalah

Penguasaan akan teknologi informasi sangat dibutuhkan di era modern saat ini. Banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi penguasaan teknologi informasi dalam proses rekrutmen karyawan baru. Ahli IT adalah seorang yang sangat diperlukan oleh setiap perusahaan.

Berikut ini contoh beberapa pekerjaan yang membutuhkan karyawan yang memiliki keahlian dalam bidang adalah:

· Programmer

Programmer merupakan salah satu keahlian dalam bidang memprogram sistem atau membuat serta mengembangkan aplikasi. Struktur teknologi informasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman sesuai dengan kebutuhan.

Maka dari itu, orang yang ahli dalam pemrograman menjadi salah satu profesi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Bisa juga dikatakan bahwa Programmer merupakan pengembang aplikasi yang membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman seperti, JavaScript, php, css dan lain sebagainya.

· Web Engineer

Web engineer juga merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan penguasaan akan teknologi informasi. Pekerjaan web engineer tak jauh berbeda dengan teknologi informasi engineer. IT engineer adalah orang yang memiliki keahlian dalam hal teknologi. Pada umumnya web engineer dibutuhkan oleh perusahaan dalam membangun sebuah website.

· Database Engineer

Seorang database engineer juga wajib memiliki kemampuan teknologi informasi. Tugas dari profesi ini yaitu mengatur dan mengelola data sebuah perusahaan. Selain mengelola, database engineer juga harus mampu merancang dan memelihara data.

Profesi ini sangat penting karena database bisa dikatakan juga sebagai nyawa dari perusahaan. Semua informasi sebuah perusahaan disimpan dalam data ini. Selain itu, dalam menentukan sebuah kebijakan, perusahaan juga akan melihat data sebagai acuan.

· Game Developer

Game developer merupakan orang yang memiliki keahlian dalam membuat game. Profesi ini membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian dalam teknologi informasi agar game yang dibuat bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Tips dan Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik

· Software Engineer

Hampir sama dengan game developer, software engineer juga membutuhkan kemampuan teknologi informasi. Tugas dari profesi ini yaitu membuat sebuah perangkat lunak untuk mempermudah pekerjaan.

Mulai dari desain software, pemeliharaan, melakukan pengujian dan juga evaluasi. Namun biasanya software engineer juga dibantu oleh team IT lain yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan software tersebut.

Teknologi informasi merupakan kemajuan teknologi yang semakin mempermudah pekerjaan manusia di berbagai bidang. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak bidang lain yang juga menerapkan teknologi informasi seperti bidang kesehatan dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang teknologi informasi yang penting dan dibutuhkan oleh masyarakat. IT adalah suatu pembaharuan teknologi informasi yang sebelumnya menggunakan cara manual, kini berkembang dan bisa diakses dengan lebih mudah. Semakin maju sebuah teknologi, maka informasi baru akan lebih mudah dan cepat didapatkan.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang!

Related Articles