Information Technology? Pengertian dan Perannya

information technology

Sering mendengar istilah IT ( Information Technology ) tapi masih tidak paham dengan benar mengenai artinya? IT adalah, sebuah singkatan dari Information Technology yang apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki arti Teknologi Informasi. Untuk penjelasan lebih dalamnya, simak terus artikel ini sampai selesai.

Di era modern, perkembangan suatu teknologi akan semakin pesat, dan hal itu akan membuat pakar IT lebih banyak dibutuhkan. Itulah alasan mengapa semakin banyak suatu universitas yang membuka jurusan IT untuk terus menghasilkan para pakar tersebut.

Jurusan IT ( Information Technology ) adalah salah satu jurusan favorit karena dirasa memiliki masa depan yang bagus dan semakin dibutuhkan oleh banyak orang. Oleh sebab itu, sebaiknya kalian yang masih belum memahami mengenai IT, segera mempelajarinya dari sekarang ya.

information technology

Definisi Information Technology dari Beberapa Ahli

Sebenarnya definisi IT sendiri sangatlah luas dan berkaitan dengan berbagai teknologi yang ada. Oleh sebab itu, kami telah merangkum beberapa definisi menurut para ahli yang bisa kalian jadikan patokan. Dengan begini, kalian jadi tidak perlu lagi bingung mengenai apa arti IT yang sesungguhnya.

Beberapa definisi tersebut antara lain:

1. Menurut Christine Wibhowo dan Ridwan Sanjaya

Menurut mereka, IT ( Information Technology )merupakan suatu hasil rekayasa dari manusia. Yang mana berlaku terhadap suatu pemrosesan penyampaian informasi dari pengirim ke sang penerima. Sehingga, pengiriman informasi tersebut menjadi lebih cepat, lebih lama dalam hal penyimpanannya, serta lebih luas dalam penyebarannya.

Baca Juga:  Framework Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

2. Menurut Y. Maryono dan Patmi Istiana

IT ( Information Technology ) merupakan tata cara atau suatu sistem yang digunakan para manusia dengan tujuan menyampaikan informasi atau pesan. Bahkan IT juga bisa memiliki arti yang mana memanfaatkan perangkat komputer sebagai alat yang digunakan untuk menyajikan, mengelola, serta memproses informasi dan data yang memiliki basis atau dasar pada suatu peralatan komunikasi.

3. Menurut Mc Keown

IT sendiri mengartikan seluruh bentuk teknologi yang ada, dan digunakan untuk menyimpan, menciptakan, menggunakan informasi, dan mengubah informasi dalam berbagai bentuk yang ada.

4. Menurut The Advisory Council for Aplied Research and Development

IT adalah salah satu bentuk disiplin dalam ilmu teknologi, sains dan perekayasaan, serta berbagai teknik manajemen yang digunakan dalam memroses dan menangani suatu informasi dari suatu aplikasi komputer, dan interaksinya dengan manusia yang ada.

5. Menurut Williams dan Sawyer

IT merupakan bentuk umum dari penggambaran setiap teknologi yang menghasilkan, menyimpan, membantu, memanipulasi, mengkomunikasikan suatu informasi.

6. Menurut Saurip Kadi dan Siok Lian Liem

IT merupakan Kombinasi teknologi antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang ada, dengan tujuan menyimpan dan mengolah informasi dengan teknologi komunikasi. Tujuannya adalah untuk melakukan transmisi informasi.

Itu adalah beberapa arti IT ( Information Technology ) yang dirangkum melalui beberapa ahli yang sudah tidak perlu kalian ragukan lagi. Tapi ada satu lagi definisi IT yang harus kalian ketahui loh. Definisi tersebut berasal dari Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.

Definisinya sendiri berisi bahwa IT, merupakan salah satu teknik untuk menyiapkan, mengumpulkan, Memproses, menyimpan, menganalisis, mengumumkan, serta menyebarkan informasi.

Peran Penting Information Technology dalam Berbagai Bidang

information technology

Tentunya peran IT ( Information Technology )dalam kehidupan kita saat ini, memiliki banyak macamnya. Meliputi perannya dalam dunia pendidikan, hiburan, Pemerintah, serta perdagangan. Bahkan, IT sendiri sangat berdampak dari suatu revolusi yang memiliki basis suatu teknologi loh.

Berikut ini pembahasan tentang peran IT di berbagai bidang yang harus diketahui:

Baca Juga:  5 Kualifikasi menjadi Seorang Game Developer

· Bidang Perdagangan

Zaman sekarang ini, perdagangan yang kalian lakukan tidak harus bertemu secara langsung dengan sang penjual loh. Karena, sudah ada banyak sekali marketplace atau tempat berjualan secara online yang bisa kalian temukan dengan sangat mudah.

Bahkan sosial media sendiri sekarang sering dijadikan sebagai tempat berdagang bagi semua orang. Hal ini, dapat terjadi tentu saja berkat pemanfaatan jaringan internet. IT adalah salah satu alasan mengapa jaringan telekomunikasi seperti internet semakin dikembangkan hingga menjadi seperti sekarang.

· Bidang Pemerintah

Salah satu peran IT dalam dunia pemerintahan, adalah terciptanya e-Government yang membuat berbagai hal menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Bahkan penggunaan teknologi informasi seperti ini, bisa mempererat hubungan antara pemerintah dengan pihak penting lainnya loh.

Pelayanan kepada masyarakat juga menjadi semakin cepat semenjak adanya teknologi ini. Contohnya seperti berbagai informasi penting yang ingin masyarakat ketahui, dapat dicari tahu dengan lebih mudah dan cepat tanpa perlu mendatangi kantor-kantor pemerintah tersebut.

Kalian hanya perlu menghubungi bagian pelayanan apabila kalian ingin lebih tahu mengenai informasi penting apa yang berguna dan bermanfaat untuk kalian semua.

Bagian pelayanan IT atau IT Support adalah salah satu layanan dengan tugas memberikan berbagai informasi kepada masyarakat, yang ingin mencari tahu mengenai suatu informasi terkait berbagai hal yang mereka perlukan.

· Bidang Keuangan

Sudah pasti sistem informasi yang sangat baik akan diperlukan dalam hal penunjang keberhasilan dari suatu operasional lembaga keuangan seperti Bank. Hal ini diperlukan demi kemudahan para nasabah yang memakai bank tersebut.

Misalnya ketika kalian sebagai seorang nasabah dan tiba-tiba ingin mengambil uang yang terdapat di dalam tabungan kalian, tidak perlu lagi harus pergi ke banknya terlebih dahulu. Yang perlu lakukan, adalah mendatangi mesin ATM lalu tinggal lakukan penarikan saja.

Bukan hanya menarik uang yang menjadi lebih mudah, berbagai informasi penting seperti sisa saldo, atau transfer uang, sudah bisa kalian gunakan dengan mudah juga.

IT adalah jurusan terfavorit saat ini, karena memiliki banyak peran dalam hidup yang kalian lakukan. Hal ini juga membuat para pakar IT menjadi semakin diperlukan lagi oleh banyak pihak dalam berbagai bidang yang ada, seperti bidang keuangan.

Baca Juga:  Mengenal Unified Modeling Language (UML) beserta Contohnya

· Bidang Transportasi

Berbagai Transportasi saat ini, sangat membutuhkan bantuan dari sistem komputer loh. Misalnya Pesawat yang memerlukan sistem komputer untuk dapat beroperasi, hingga kelancaran perjalanan yang ada. Hal ini juga sangat berguna bagi keselamatan baik bagi para pengendara ataupun para penumpang.

Itulah mengapa saat ini ada banyak sekali bidang transportasi yang memerlukan staff IT. Biasanya, tugas dari staff IT adalah membantu pengoperasian berbagai sistem komputer yang ada, agar tidak ada kendala yang muncul dan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

· Bidang Pendidikan

information technology

Dalam bidang pendidikan, ada banyak juga peran IT ( Information Technology ) yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Berikut beberapa di antaranya:

  • Peningkatan Produktivitas
  • Akses Informasi
  • Media Pembelajaran
  • Penelitian Kegiatan
  • Manajemen Pendidikan
  • Kerja Kolaborasi
  • Berbagai Hiburan

Sekarang kalian sudah tahu juga alasan mengapa ahli IT adalah ahli yang semakin diperlukan bukan? Karena perannya sangatlah besar dalam kehidupan, jadi sudah ada banyak sekali bidang yang memerlukan ahli IT secepatnya. Semoga dengan penjelasan yang kami berikan, kalian tidak lagi mengartikan IT adalah singkatan dari Information Technology saja.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles