Mengenal (Global Positioning System) GPS: Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

Mengenal (Global Positioning System) GPS Pengertian, Sejarah dan Cara Kerjanya

Dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, GPS adalah salah satu teknologi yang sulit sekali untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. GPS merupakan singkatan dari Global Positioning System, dan telah merevolusi cara kita menavigasi dunia. Tidak hanya dalam penggunaan pribadi, tapi juga dalam berbagai aplikasi komersial dan militer. 

Perkembangan GPS tentu saja sudah semakin modern dan mudah untuk digunakan. Untuk lebih jauh mengenai GPS, mari kita simak di bawah ini. 

Mengenal Apa Itu GPS?

Global Positioning System atau GPS adalah sistem navigasi satelit yang memberikan informasi lokasi global kepada pengguna di seluruh dunia. Sistem ini mengandalkan beberapa satelit yang mengorbit bumi untuk menyediakan data yang tepat mengenai lokasi, waktu, dan kecepatan.  

Mengenal Apa Itu GPS

GPS beroperasi dengan mengumpulkan sinyal dari setidaknya empat satelit GPS yang berbeda, kemudian menggunakan teknik trilaterasi untuk menentukan koordinat yang akurat di permukaan bumi. Dengan teknologi ini, GPS telah menjadi alat penting dalam navigasi, penelitian, dan berbagai aplikasi lainnya di era modern. 

Sejarah GPS

Sejarah dari GPS dimulai pada era Perang Dingin pada tahun 1960-an. Pada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) mulai mengembangkan sistem navigasi satelit untuk keperluan militer. Proyek ini disebut NAVSTAR GPS dan diresmikan pada tahun 1973.  

Awalnya, GPS hanya untuk kepentingan militer, tetapi pada tahun 1983, pemerintah AS mengumumkan bahwa GPS akan tersedia untuk penggunaan sipil juga setelah insiden di mana pesawat Korea Air Lines ditembak jatuh setelah keliru memasuki wilayah udara Soviet. 

Seiring berjalannya waktu, teknologi GPS terus berkembang. Pada tahun 1990-an, Presiden AS Bill Clinton mengumumkan bahwa sejumlah satelit GPS akan diizinkan untuk mengirimkan sinyal yang lebih akurat untuk pengguna sipil. Hal ini mengakibatkan peningkatan signifikan dalam akurasi GPS yang tersedia untuk masyarakat umum. 

Baca Juga:  Apa Itu Kubernetes? Pengenalan, Cara Kerja dan Keunggulannya

Beberapa Fungsi GPS

Fungsi utama GPS adalah untuk menentukan lokasi, waktu, dan kecepatan. Ini memiliki beragam aplikasi di berbagai bidang, termasuk: 

1. Navigasi Kendaraan

GPS digunakan dalam navigasi kendaraan bermotor dan penerbangan untuk memberikan petunjuk arah secara real-time kepada pengemudi atau pilot. 

2. Penelitian Ilmiah

GPS digunakan dalam penelitian ilmiah untuk melacak pergerakan benda-benda seperti gletser, lempeng tektonik, dan bahkan hewan. 

3. Aplikasi Ponsel

Banyak ponsel pintar dilengkapi dengan penerima GPS yang memungkinkan pengguna melacak lokasi mereka dan menggunakan layanan berbasis lokasi seperti peta, cuaca, dan penilaian tempat-tempat. 

4. Navigasi Maritim

GPS digunakan dalam navigasi kapal laut dan pelayaran untuk membantu dalam menentukan posisi dan rute perjalanan. 

Cara Kerja GPS

GPS bekerja dengan prinsip dasar trilaterasi yang merupakan suatu metode matematika yang menggabungkan informasi jarak dari setidaknya tiga satelit untuk menentukan lokasi yang tepat. Setiap satelit GPS mengirimkan sinyal radio yang berisi informasi tentang posisi dan waktu.  

Ketika sinyal-sinyal ini diterima oleh penerima GPS, seperti ponsel atau perangkat navigasi, waktu kedatangan setiap sinyal diukur. Berdasarkan perbedaan waktu kedatangan antara sinyal-sinyal dari beberapa satelit, penerima GPS kemudian menghitung jaraknya dari masing-masing satelit.  

Dengan menggunakan informasi jarak ini dan posisi relatif satelit-satelit tersebut, penerima GPS dapat menentukan lokasi akurat pengguna di permukaan bumi. Proses ini dilakukan secara terus-menerus untuk memperbarui lokasi pengguna secara real-time saat mereka bergerak.  

Dengan demikian, GPS memberikan pemetaan digital yang luas dan akurat, yang memberikan kontribusi besar dalam berbagai aplikasi, termasuk navigasi kendaraan, pemantauan cuaca, dan pelacakan aset. 

Cara Menggunakan GPS

GPS adalah teknologi yang relatif mudah digunakan. Anda hanya perlu memiliki perangkat yang dilengkapi dengan penerima GPS, seperti ponsel pintar atau perangkat navigasi khusus.  

Aktifkan perangkat tersebut dan buka aplikasi peta atau navigasi yang sesuai. Perangkat akan mulai mengumpulkan sinyal dari satelit GPS dan menentukan lokasi Anda secara akurat. Anda dapat memasukkan tujuan Anda ke dalam aplikasi dan perangkat akan memberikan petunjuk arah secara real-time untuk mencapai tujuan tersebut. 

Baca Juga:  Apa Itu VPS? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Kelebihan dan Kekurangan GPS

Seperti teknologi lainnya, GPS juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kelebihan dan Kelemahan GPS

Kelebihan GPS: 

  • Akurasi: GPS memberikan informasi lokasi yang sangat akurat, sering kali dengan ketepatan hingga beberapa meter. 
  • Universal: GPS dapat digunakan di seluruh dunia, di mana pun ada jangkauan satelit GPS. 
  • Berbagai Aplikasi: GPS memiliki banyak aplikasi yang bermanfaat dalam berbagai bidang, mulai dari navigasi pribadi hingga pemantauan lingkungan. 

Kekurangan GPS:

  • Ketergantungan pada Sinyal: GPS membutuhkan sinyal yang kuat dan tidak terganggu dari satelit untuk berfungsi dengan baik. Di daerah dengan cakupan satelit yang buruk atau banyak gangguan sinyal, akurasi GPS dapat terpengaruh. 
  • Keterbatasan Dalam Ruangan: GPS biasanya tidak berfungsi di dalam ruangan atau di daerah yang tertutup seperti terowongan atau gedung bertingkat tinggi. 
  • Ketergantungan pada Teknologi: Seperti teknologi lainnya, GPS juga rentan terhadap kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak. 

Dengan demikian, GPS telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern kita. Dari navigasi pribadi hingga penelitian ilmiah, GPS memiliki aplikasi yang luas dan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Meskipun memiliki beberapa kelemahan, manfaat yang ditawarkan oleh GPS jelas menjadikannya salah satu inovasi terpenting dalam sejarah navigasi dan teknologi informasi.

Berbagai hal penting mengenai GPS juga bisa Anda pelajari dengan mengikuti kelas Coding Studio. Dengan materi yang mudah dipahami, perluas pengetahuan Anda mengenai dunia digital dan teknologi, dan GPS adalah salah satu yang penting untuk Anda pahami di era modern seperti sekarang.

Related Articles