Flutter Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Menciptakan aplikasi dan mendesainnya secara menarik untuk digunakan pada berbagai platform, saat ini sangat mudah dilakukan. Cara yang bisa kita gunakan salah satunya adalah memanfaatkan Flutter. Flutter adalah framework yang bisa membantu developer untuk menciptakan aplikasi mobile.

Flutter telah dimanfaatkan oleh perusahaan besar untuk membuat aplikasi mobile mereka sendiri, misalnya Alibaba, BMW, dan eBay. Sehingga, semakin banyak developer yang menggunakan Flutter untuk membantu pekerjaan mereka membuat aplikasi mobile.

Apakah Anda tertarik menggunakan Flutter? Jika iya, simak terlebih dahulu penjelasan mengenai flutter, dari segi pengertian, kelebihan dan kekurangan flutter.

Pengertian Flutter

flutter adalah

Flutter adalah cross-framework aplikasi mobile yang diciptakan oleh Google yang populer di kalangan developer karena penggunaannya lebih mudah.

Mobile flutter adalah platform yang kini sudah banyak digunakan oleh flutter developer untuk menciptakan mobile aplikasi dengan desain yang menarik dengan hanya memanfaatkan satu jenis base coding (codebase). Dengan begitu, aplikasi tersebut bisa diunduh dan digunakan di berbagai platform, dari Android, iOS, website, hingga desktop.

Lalu apa itu flutter developer?

Flutter developer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan perangkat lunak dan fokusnya adalah untuk menciptakan dan mengembangkan aplikasi mobile menggunakan Flutter. Flutter developer banyak dibutuhkan di banyak perusahaan untuk mengembangkan aplikasi dari perusahaan tersebut.

Komponen Flutter

Terdapat dua komponen penting pada Flutter adalah Development Kit (SDK) dan framework user interface. Untuk keterangan lebih lanjut, simak penjelasan berikut

  • Software Development Kit (SDK) adalah kumpulan tools yang memiliki fungsi membuat satu aplikasi yang bisa dioperasikan di banyak platform.
  • Framework UI adalah komponen UI, misalnya teks, navigasi, tombol, dan lainnya, yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan Anda.
Baca Juga:  Skill yang Dibutuhkan oleh Mobile App Developer

Cara Kerja Framework Flutter

flutter adalah

Berikut ini cara kerja Flutter di Android dan iOS:

  1. Aplikasi yang dikembangkan oleh flutter menggunakan bahasa pemrograman Darr dan widget yang memang sudah ada di dalam framework ini.
  2. Untuk Android, kode ditulis dengan melakukan kompilasi mesin C++ melalui Android NDK (Native Development Kit). Sedangkan pada iOS, kode dikompilasi dengan LLVM (Low-Level Virtual Machine).
  3. Pada Android, kode native ini akan dikompilasi lebih lanjut dengan Dart Kompiler.
  4. Setelahnya, kode akan disesuaikan agar bisa digunakan di berbagai perangkat.

Alasan Flutter Banyak Digunakan

flutter adalah

Flutter adalah framework yang populer digunakan oleh developer sejak tahun 2019 karena menggunakan bahasa pemrograman yang dinamakan Dart. Dart mudah dipahami, dipelajari, dan cepat. Namun, flutter sebenarnya sudah dikembangkan oleh Google sejak tahun 2015.

Dengan menggunakan flutter, developer bisa melakukan kostumisasi penampilan UI dan desain sesuai keinginan, sehingga bisa didesain dengan bagus dan unik dan berbeda dengan aplikasi mobile lain.

Kelebihan Framework Futter

Karena menjadi sangat populer dan banyak digunakan, tentu saja flutter memiliki kelebihan yang menjadi alasan tersebut di atas. Kelebihan flutter adalah:

1. Mengembangkan Aplikasi Bisa Lebih Mudah dan Lebih Cepat

Fitur yang ada pada Flutter framework bisa membantu proses pengembangan aplikasi lebih mudah dan tentu saja lebih cepat.

Hal ini karena Flutter menawarkan user interface widgets yang telah dikembangkan oleh Google dan memiliki kualitas coding yang mumpuni. Widgets inilah yang membantu Anda melalukan kustomisasi leBnih mudah, tanpa harus menulis coding dari awal.

Tak hanya itu, terdapat juga fitur Hot Reload yang bisa menampilkan hasil dari coding dengan cepat. Jadi, Anda bisa melakukan eksperimen saat membuat desain.

2. Custom User Interface Memiliki Tampilan Menarik

Flutter adalah aplikasi menawarkan tampilan UI aplikasi dengan custom yang menarik. Developer bisa menggunakan koleksi widget yang sudah ada untuk digunakan pada tampilan aplikasi, dari layout, animasi, tema, font, navigasi, hingga tampilan scrolling.

Widget ini bisa dikustomisasi agar menyesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga aplikasi yang Anda buat menghasilkan tampilan unik dengan cara yang mudah.

Baca Juga:  6 Pekerjaan Coding yang Populer dan Gaji Yang Didapatkan

3. Performa Tidak Kalah dari Aplikasi Native

Meskipun sifat dari Flutter adalah apikasi multiplatform, performanya yang dihasilkan seperti aplikasi native. Hal ini karena flutter menggunakan kombimasi kode dari mesin render canggih dan aplikasi native. Sehingga hasilnya bisa tetap baik meskipun desainnya ditampilkan untuk berbagai platform.

Tidak hanya dari segi desain, performanya juga tetap baik dari segi scrolling, transisi, dan loading data yang tetap optimal untuk dioperasikan di berbagai platform.

4. Biaya yang Dikeluarkan Lebih Hemat

Karena flutter adalah framework untuk pembuatan aplikasi mobile multiplatform, artinya pengembangan aplikasi lebih efisien. Developer tidak perlu membuat aplikasi lagi untuk ditempatkan pada platform lain yang berbeda.

Adanya fitur-fitur seperti fitur UI widget, Hot Reload, data backend, aksesibilitas, platform integration, packages dan plugin, memudahkan developer dalam pembuatan aplikasi. Sehingga, mereka bisa lebih menghemat pengeluaran tenaga, waktu, serta biaya.

Alasan tersebut yang menjadikan framework flutter menjadi primadona di kalangan developer. Hal ini karena sulit menemukan keuntungan berupa penghematan biaya pengembangan aplikasi jika menggunakan jenis framework lain.

Kekurangan Framework Flutter

Meskipun memiliki kelebihan yang cukup banyak, tetapi sebagai framework baru, flutter masih memiliki kekurangan yang harus diperbaiki. Berikut ini kekurangan framework flutter yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya.

1. Library dari Pihak Ketiga Belum Banyak

Flutter termasuk teknologi terobosan baru yang semakin populer dari waktu ke waktu. Karena masih baru, developer yang menggunakannya masih berkembang. Sehingga, library pihak ketiga atau resource code yang ada masih belum banyak.

Library yang disebutkan merupakan kumpulan dari fungsi coding yang bisa dipakai ulang dan bisa memberi kemudahan saat proses pembuatan aplikasi. Hanya saja, Anda belum banyak menemukan library untuk pengembangan aplikasi menggunakan framework flutter. Untuk mengatasinya, Anda harus banyak melakukan percobaan untuk menghasilkan berbagai variasi.

2. Output Aplikasi Berukuran Besar

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa performa aplikasi flutter cukup baik dan stabil. Namun, aplikasi ini berukuran besar dan cukup berat digunakan.

Baca Juga:  Pascal: Pengertian, Fitur, Tipe, Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan ini tentu membuat ruang penyimpanan dari perangkat pengguna lebih cepat habis. Performa aplikasi juga bisa terpengaruh apabila ruang penyimpanan perangkat sangat terbatas. Bisa saja kemudian pengguna tidak jadi mendownload aplikasi tersebut.

3. Bahasa Pemrograman yang Baru Perlu Dipelajari

Karena Flutter adalah framework baru, Anda sebagai developer juga perlu belajar bahasa pemrograman baru yang bernama Dart. Kode Dart ini belum banyak populer meskipun sudah semakin banyak dimanfaatkan developer dalam pengembangan aplikasi

Namun, jika sebelumnya Anda sudah menguasai C# atau Java, mempelajari bahasa Dart tidak akan terlalu sulit. Anda juga bisa mempelajari bahasa pemrograman ini melalui video tutorial yang diunggah di channel YouTube Flutter.

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai flutter dari segi pengertian, cara kerja, hingga kelebihan dan kekurangan framework tersebut.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan flutter adalah platform framework baru yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile yang bisa dioperasikan di berbagai platform, seperti Android, iOS, web, dan desktop.

Dengan kelebihan yang ada, tentu developer bisa menghemat segala pengeluaran, terutama pengeluaran biaya yang lebih hemat. Siap menggunakan flutter?

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang