Deretan Aplikasi Android di PC Terpopuler

aplikasi android

Seperti yang telah diketahui bahwa Android kini masih merajai sistem operasi pada perangkat smartphone yang digunakan manusia sekarang ini. Penggunanya sendiri mencapai jutaan di seluruh dunia dengan berbagai merek smartphone yang bervariasi modelnya.

aplikasi android

Tak heran banyak aplikasi yang ditawarkan di Android hingga kerap aplikasi Android di PC juga tersedia untuk mendukung fleksibilitas pengguna dalam menggunakan aplikasi tidak hanya di perangkat smartphone namun juga perangkat PC maupun laptop.

Lalu apa sajakah aplikasi android yang tersedia juga di PC tersebut? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Aplikasi Emulator Android

Emulator Android merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang membuat tampilan komputer dapat menjalankan aplikasi layaknya pada layar Android. Smartphone yang mudah habis baterai membuat menjalankan aplikasi Android pada PC maupun laptop jadi pilihan.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengunduh dan menginstall aplikasi Android pada laptop. Di antaranya:

  • Memiliki fitur tambahan yang tidak dipunyai smartphone berbasis Android
  • Game dapat dimainkan dengan sempurna dengan dukungan layar yang lebar dan keyboard
  • Kualitas grafis yang dihasilkan lebih baik dengan dukungan FPS yang tinggi
  • Baterai yang lebih awet bila dibandingkan dengan baterai smartphone yang mudah terkuras
  • Memudahkan proses streaming dengan dukungan layar yang lebar dan volume yang besar.

Deretan Aplikasi Android di PC

Cukup banyak aplikasi Android yang berupa emu OS Android yang dapat dijalankan pada laptop maupun PC. Berikut beberapa aplikasi Android di PC yang mudah diunduh dan dijalankan oleh pengguna lewat laptop.

1.      Genymotion

aplikasi android

Aplikasi pertama emulator Android yang dapat digunakan di PC adalah Genymotion. Aplikasi ini termasuk dalam aplikasi yang ringan dan punya fitur premium untuk digunakan oleh penggunanya. Aplikasi ini sendiri masih belum terlalu familiar bagi pengguna awam.

Baca Juga:  Apa itu Webhook? Pengertian, Cara Kerja dan Cara Penggunaannya

Kebanyakan dari penggunanya merupakan pengembang aplikasi atau game karena aplikasi ini menunjang adanya layanan cloud based emulator yang diperoleh gratis. Selain itu aplikasi ini tidak membutuhkan resource yang besar dari PC maupun laptop sehingga menjalankan aplikasi Android di PC tidak mengalami kendala.

2.      Aplikasi Bluestack

Aplikasi emulator Android lainnya bernama Bluestack. Aplikasi ini sangat populer karena ukurannya yang sangat ringan. Emulator ini dinilai sebagai emulator yang sangat stabil karena dapat terus digunakan semenjak perilisannya awal 2014.

Aplikasi emulator ini juga sering menyediakan update guna peningkatan performa dan kinerja. Beberapa waktu terakhir Bluestacks telah menyediakan opsi berupa online installer dan juga offline installer. Dan emulator pun dapat digunakan untuk sistem operasi berbasis Mac.

3.      Droid4X

Aplikasi emulator selanjutnya adalah Droid4X yang mana punya ukuran ringan dan sangat mudah untuk digunakan. Cara memasang aplikasi Android di PC ini juga tidak terlalu sulit. Cukup cari aplikasi di situs internet dan tinggal diunduh dengan mudah.

Setelah itu tinggal dipasang pada PC dan aplikasi siap digunakan. Lewat aplikasi Droid4X ini beragam aplikasi di Android dapat dijalankan pada PC. Mulai dari mapping tombol hingga kustomisasi yang membuat permainan game menjadi lebih menarik.

Kelebihan lain dari Droid4X ini adalah adanya add-ons yang mana memungkinkan pengguna untuk mengontrol game pada PC melalui smartphone. Aplikasi juga punya ukuran yang ringan dan dapat dijalankan dengan mudah pada PC.

4.      Memu

aplikasi android

Bagi para gamers, aplikasi emulator yang cocok untuk digunakan di PC adalah Memu. Aplikasi ini sering digunakan untuk bermain dengan waktu yang lama. Kini aplikasi Memu ini telah mengembangkan versi yang terbaru dengan dilengkapi peningkatan dan performa.

Sama halnya seperti aplikasi emulator Android lainnya. Aplikasi Memu ini juga memiliki fitur khusus berupa mapping yang mana dapat dikostumisasi sehingga pengguna tidak perlu repot untuk mengatur ulang permainan saat dimainkan.

5.      Android-86

Aplikasi emulator selanjutnya yang berjalan dengan baik pada laptop maupun PC adalah Android-x86. Di mana aplikasi ini berjalan cukup stabil karena resource dari PC maupun laptop berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Kenali Analisis Data Statistik Lebih Lanjut!

Hal tersebut juga berdampak pada mudahnya menginstal game kesukaan pada PC maupun laptop dengan menggunakan aplikasi satu ini. Cara menjalankan aplikasi Android di PC tersebut telah didukung dengan adanya resource yang kuat dari hardware.

6.      Phoenix OS

Aplikasi berbasis Android untuk digunakan di PC selanjutnya adalah aplikasi yang bernama Phoenix OS. Emulator ini berjalan dengan sistem operasi yang penuh seperti halnya Microsoft Windows yang digunakan di laptop umumnya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah konsepnya yang komprehensif dibanding emulator yang lain. Sehingga dapat digunakan di perangkat PC meskipun spesifikasinya rendah. Instalasi juga mudah untuk dilakukan.

7.      LDPlayer

Aplikasi emulator selanjutnya adalah aplikasi LDPlayer. Di mana aplikasi ini merupakan aplikasi emulator Android yang digunakan khusus untuk pengguna yang menyukai permainan game di Android. Di tahun 2020, aplikasi ini jadi favorit untuk kategori emulator game Android.

Kelebihan dari aplikasi LDPlayer ini adalah seringnya terdapat pembaharuan untuk aplikasi oleh developernya. Sehingga performa aplikasi masih terjaga dan semakin lancar pada saat digunakan untuk menjalankan permainan Android pada PC.

Selain itu, LDPlayer ini juga dinilai punya kelebihan yakni kecepatan dan stabilitas performa pada saat digunakan untuk bermain game Android di PC. Serta punya fitur khusus berupa multitasking yang mana dapat bermain game berbeda di jendela program yang sama.

Cara Menggandakan APK pada Android

Jika aplikasi emulator Android sudah terpasang, maka pengguna juga dapat melakukan fungsi lain berupa menggandakan aplikasi di PC tanpa adanya Root. Adapun cara clone aplikasi android di PC yakni sebagai berikut.

· Lewat aplikasi Parallel Space

Clone aplikasi emulator pertama dapat dilakukan menggunakan Parallel Space yang mana penggandaan dimulai dengan menekan tombol plus dan klik aplikasi emulator yang akan disimpan. Setelah terinstal pengguna dapat memilih game atau aplikasi yang sesuai dengan mudah pada pusat layanan aplikasi.

· App Cloner

Aplikasi selanjutnya yang digunakan untuk menggandakan emulator pada PC ataupun laptop adalah aplikasi yang bernama Cloner. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menggandakan sistem pada PC dan laptop sehingga dapat dimainkan dengan baik.

Baca Juga:  Apa Beda Hosting dan Domain?

Syarat Menggunakan Aplikasi Emulator Android di PC

Ketika pengguna ingin menggunakan aplikasi Android di PC tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sehingga dapat dijalankan dengan lancar. Berikut beberapa syaratnya:

  • Laptop maupun PC telah menggunakan Windows 10 dengan update yang terbaru
  • RAM minimal 8 GB
  • Menginstal aplikasi Link to Windows dengan versi yang terbaru pada smartphone
  • Menginstal aplikasi Phone Link dengan versi terbaru pada PC atau laptop

Kesimpulan

Demikian tadi penjelasan tentang beberapa aplikasi Android di PC yang dapat digunakan sebagai emulator untuk dapat mengakses beragam aplikasi yang sebelumnya dijumpai di Android untuk digunakan di PC. Sehingga semakin memudahkan pengguna Android jika ingin mengakses aplikasi melalui PC ataupun laptop yang digunakan.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles