Chatbot Adalah? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Chatbot Adalah Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Teknologi yang semakin maju memungkinkan kalian melakukan percakapan menggunakan robot pintar (chatbot). Chatbot adalah teknologi yang mampu merespons percakapan seperti berbicara dengan manusia umumnya.

Chatbot banyak digunakan di kehidupan sehari-hari. Contohnya untuk bisnis, karena bisa membantu melayani pelanggan secara cepat. Lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai pengertian, manfaat, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Chatbot

Apa itu chatbot? Chatbot merupakan program AI (kecerdasan buatan) yang bisa menirukan percakapan manusia dan berbentuk suara ataupun pesan teks lewat website, aplikasi pesan, maupun aplikasi mobile.

Pengertian Chatbot

Kemampuannya memungkinkan melakukan percakapan memakai bahasa natural dan mudah untuk dimengerti. Maka pemanfaatan chatbot ini memberikan pengalaman pengguna agar dibuat seolah-olah tengah berbicara bersama admin CS atau manusia pada umumnya.

Jadi bisnis bisa memulai percakapan serta mengelola keluhan pelanggan secara lebih cepat. Bot bisa menjadi sarana untuk memberikan customer support.

Manfaat Chatbot

Bisa dikatakan kehadiran chatbot adalah sesuatu yang penting dalam sebuah bisnis. Tidak hanya itu saja manfaat yang dimilikinya juga banyak dalam bidang bisnis dan berikut beberapa diantaranya.

1. Tersedia 24 Jam

Manfaat yang pertama yakni tersedia selama 24 jam tanpa mengenal waktu. Sehingga ketika ada customer ini bertanya ataupun menghubungi kalian bisa dilakukan kapan pun.

2. Hemat Waktu

Ketersediaannya setiap saat, membuat pelanggan tidak memerlukan banyak waktu guna memperoleh tanggapan.

3. Meningkatkan Customer Experience

Respon yang cepat dan tepat memberikan pelanggan pengalaman yang baik dan ini bisa meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan.

Baca Juga:  Collateral Definition Marketing: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

4. Meningkatkan Penjualan

Efisiensi dalam melayani pelanggan tentunya berdampak pada peningkatan penjualan. Tentunya semakin pelanggan merasa nyaman berbelanja tentunya tingkat loyalitasnya juga semakin meningkat.

5. Hemat Biaya

Manfaat chatbot bagi pebisnis yakin bisa menekan biaya pengeluaran ketika memakai fitur ini dan tidak butuh merekrut banyak orang untuk layanan customer service guna melayani pelanggan.

Cara Kerja Chatbot

Untuk cara kerja chatbot sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha. Contohnya kalian bisa mengatur bot memberikan jawaban pertanyaan pelanggan lewat pesan teks maupun suara.

Teknologi ini mempunyai 3 macam sistem operasional untuk membalas pesan pelanggan.

Cara Kerja Chatbot

1. Penyesuaian Pola (Pattern Matching)

Jenis ini bekerja dengan memindai kata kunci yang nantinya dimasukkan pengguna lalu menanggapinya dengan cara memberikan jawaban paling sesuai kata kunci yang sudah dipilih (bisa berupa pola kata paling mirip)

Akan tetapi jika ada pertanyaan diluar dari pola kata kunci, Bot umumnya tidak akan bisa memberikan jawaban yang semestinya.

2. Decision Tree-Based

Sistem ini umumnya ditemukan pada Bot yang memberikan pilihan pertanyaan pada awal percakapan. Nantinya kalian hanya bisa memilih pertanyaan yang sudah disediakan. Ketika tidak ada keyword yang sesuai, nanti kalian akan diarahkan menghubungi call center.

3. Contextual

Metode ini memakai Machine Learning supaya Bot bisa merespons memakai bahasa alami. Untuk ini pengembang memerlukan perencanaan strategis serta terarah supaya bisa mencakup semua bentuk pertanyaan serta permintaan pengguna.

Kalian bisa mengumpulkan data pelanggan serta transkrip obrolan di aplikasi live chat ataupun Chatbot WhatsApp. Tentunya semakin banyak data terkumpul, tentunya kapasitas Bot semakin berkembang di dalam memberikan respon.

Cara Menggunakan Chatbot

Chatbot adalah teknologi yang sangat berguna di dalam bisnis, terlebih untuk melayani pelanggan. Akan tetapi hal itu akan sia-sia terlebih jika para pebisnis tidak mampu memakainya secara tepat.

Berikut ini merupakan contoh penggunaannya secara tepat.

1. Personalisasi Chatbot

Interaksi lebih baik jika komunikasi berjalan lebih personal. Maka dari itu manfaatkan chatbot untuk membahas persoalan bersama pelanggan, contohnya menyebut nama pelanggan yang mana ini bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga:  Anonymox: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

2. Mengatur Waktu Respon

Ada baiknya atur Bot untuk memberikan respon secara cepat. Berikanlah jeda waktu dan jarak setiap pesan guna memberikan waktu kepada pelanggan untuk membaca pesan sebelumnya.

3. Opsi Quick Reply

Cara menggunakan chatbot selanjutnya yakni menyiapkan pertanyaan serta jawabannya yang memang sering ditanyakan oleh pelanggan. Pertanyaan tersebut memberikan kesempatan pada pelanggan dalam memilih jawaban cepat yang dibutuhkan.

4. Menggunakan Bahasa yang Sopan

Pergunakanlah bahasa yang cepat dan jangan pernah merespons memakai bahasa yang akan meninggalkan sebuah kesan negatif untuk pelanggan.

5. Opsi Untuk Mengakhiri Percakapan

Jangan lupa untuk memberikan pilihan kepada pelanggan untuk mengakhiri percakapan.

Cara Membuat Chatbot

Cara membuat chatbot memakai bahasa pemrograman seperti Python dan Java yang memang paling sering dipakai membuat chatbot memakai code-based framework. Namun selain itu, cara paling mudahnya dengan memakai tool Dialogflow serta Actions on Google.

Sedangkan untuk contoh chatbot yakni Siri by Apple, Duolingo, World Health Organization, dan lainnya. semua contoh tersebut berfokus kepada layanan untuk pelanggan yang mengaksesnya.

Kelebihan dan Kelemahan Chatbot

Kelebihan Chatbot

Terdapat kelebihan dan kekurangan chatbot yang bisa kalian ketahui. Namun yang pertama adalah soal kelebihannya.

  • Tersedia 24/7
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan penjualan
  • Menghemat biaya
  • Menghemat waktu

Kekurangan Chatbot

Ada kelebihan tentu ada kekurangannya dan berikut ini adalah kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

  • Bahasa cenderung kaku saat berinteraksi dengan customer atau user.
  • Tingkat pemahaman terbatas dan bergantung hanya pada program yang sudah disusun.
  • Percakapan tidak melibatkan rasa empati dan simpati.

Jadi sampai disini kalian memahami jika chatbot adalah suatu teknologi yang memiliki banyak manfaat dan perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan efisiensi usaha.

Tentunya jika kalian tertarik belajar pemrograman dan mengembangkan layanan seperti chatbot bisa mengambil kelas front end developer di Coding Studio, materinya menarik dan cocok untuk kalian para pemula.

Related Articles