cara menggunakan microsoft excel 1

Cara Menggunakan Microsoft Excel Mudah dan Cepat

Penggunaan Microsoft Excel sangat luas dan penting di berbagai segi bidang, terutama bidang akuntansi. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mempelajari cara menggunakan Microsoft Excel yang baik dan benar.

cara menggunakan microsoft excel
Cara Menggunakan Microsoft Excel Mudah dan Cepat 5

Banyak sekali ilmu yang terdapat di Ms Excel, oleh karenanya kita harus mempelajarinya dengan sabar. Nah, disini kami akan memberitahu beberapa tips mempelajarinya agar terasa mudah dan cepat bisa.

Mengenal Cara Menggunakan Microsoft Excel

cara menggunakan microsoft excel
Cara Menggunakan Microsoft Excel Mudah dan Cepat 6

Ms Excel merupakan sebuah aplikasi pengolah data yang menggunakan tabel atau biasa dikenal dengan spreadsheet. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendalami cara menggunakan Microsoft Excel, adapun beberapa hal tersebut, ialah:

  1. Dari arah kiri ke kanan ataupun dari kanan ke kiri (horizontal) biasanya disebut dengan baris. Baris pada Ms Excel biasanya akan diwakilkan dengan angka yang berurutan dari angka 1 sampai seterusnya.
  2. Dari atas ke bawah layar ataupun sebaliknya dari bawah ke atas (vertikal) biasanya disebut dengan kolom, untuk kolom sendiri biasanya di Ms Excel akan dimulai dengan huruf A sampai dengan seterusnya.
  3. Sedangkan ruang kosong pada sebuah halaman, atau pertemuan antara baris dan kolom biasanya akan disebut dengan sel. Sel biasanya di Ms Excel akan ditandai dengan A1, B2, D10 dan seterusnya. Contohnya sel D10, berarti merupakan kombinasi atau pertemuan antar kolom D dan baris ke 10.

Beberapa Tips dan Cara Menggunakan Microsoft Excel

cara menggunakan microsoft excel
Cara Menggunakan Microsoft Excel Mudah dan Cepat 7

Setiap hal pasti bisa dipelajari, baik itu hal yang mudah maupun yang sulit sekalipun semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk dipelajari. Adapun beberapa tips cara menggunakan Microsoft Excel agar mudah dan cepat, ialah:

  1. Perhitungan dasar

Cra menggunakan Microsoft Excel yaitu dengan menguasai perhitungan dasar. Adapun perhitungan dasar yang dimaksud seperti mengkali, membagi, menjumlahkan, dan mengurangi. Dengan mempelajari perhitungan dasar pada Ms Excel maka merupakan suatu langkah awal agar mengerti konsep keseluruhan yang ada pada Ms Excel.

Pada Excel untuk dapat menghitung dan memanipulasi angka biasanya menggunakan sebuah rumus atau fungsi, untuk dapat membuat rumus maka kita bisa klik pada kotak yang tersedia lalu ketikan tanda “=” (sama dengan). Adapun beberapa tanda yang bisa digunakan untuk melakukan perhitungan dasar di Excel yaitu:

  • Tanda + untuk melakukan suatu operasi pertambahan atau penjumlahan
  • Tanda – untuk melakukan operasi pengurangan
  • Tanda * biasanya digunakan untuk melakukan operasi perkalian
  • Tanda / untuk suatu operasi pembagian.
  1. Kalkulasi cepat

Salah satu fitur yang terdapat di Ms Word bisa digunakan untuk melakukan perhitungan cepat. Oleh karena itu banyak orang awam yang ingin mengetahui cara menggunakan Microsoft Excel agar bisa memanfaatkan segala fitur nya. Adapun perhitungan cepat di Excel ini dilakukan dengan menggunakan Autosum. Autosum sendiri merupakan sebuah fungsi yang bisa dipakai tanpa harus memasukkan rumus satu persatu.

Sebagai contoh ialah jika kita ingin menjumlahkan 10 angka yang ada pada 10 sel dalam suatu baris atau kolom, maka kita hanya perlu menyeleksi sel lalu klik home pilih Autosum, maka semua sel tersebut akan terjumlah kan secara otomatis. Sangat memudahkan pekerjaan kita bukan?

Selain penjumlahan, kalkulasi cepat juga bisa digunakan untuk beberapa fungsi lainnya seperti mencari nilai rata-rata, mencari nilai paling besar, mencari jumlah sel yang akan diseleksi, dan fungsi lainnya.

  1. Melakukan otomasi data

Di Ms Excel kita juga bisa melakukan sebuah otomasi data, dengan begitu kita tidak perlu repot-repot untuk terus menerus menambahkan data. Hal ini sangat membantu kita dalam hal menyingkat waktu dan tenaga. Kita akan sangat terbantu dengan fitur ini jika angka dalam kolom yang harus ditulis sangat banyak maka kita hanya melakukan satu hal saja. Cara menggunakan Microsoft Excel untuk fitur ini cukup mudah yaitu dengan melakukan drag saja.

  1. Untuk memformat angka

Salah satu manfaat lainnya dari Ms Excel ialah dapat digunakan untuk memformat angka. Kita bisa mengatur format angka sesuai dengan format yang diinginkan. Caranya cukup mudah yaitu dengan blok angka yang akan diganti format nya, lalu klik number klik general, klik currency untuk bisa mengubah format angka menjadi format rupiah. Hal ini tentunya sangat membantu kita sehingga kita tidak perlu mengganti format satu-satu dengan cara manual.

  1. Membuat chart ataupun grafik

Tips lainnya yang bisa dilakukan pada Ms Excel ialah membuat grafik. Sebuah data memang akan lebih menarik dan jelas jika dijadikan dalam sebuah grafik karena dapat membuat tampilan visual dari data lebih menarik dari hanya sekedar angka saja.

Adapun tips dan trik yang bisa digunakan untuk membuat grafik di Ms Excel sangat mudah yaitu dengan memilih data yang akan ditampilkan dalam sebuah grafik, lalu blok data tersebut. Langkah selanjutnya klik pada menu insert, lalu pilih charts, lalu klik recommended chart, dimana Excel telah menyediakan berbagai model grafik, kita bisa memilih model grafik yang kita inginkan dan sesuaikan dengan data yang ada.

  1. Membuat tabel

Selain membuat grafik, Ms Excel juga bisa digunakan untuk membuat suatu tabel. Walaupun tampilan dari Ms Excel berupa tabel akan tetapi untuk membuat suatu tabel kita perlu mengaturnya terlebih dahulu. Adapun caranya ialah dengan melakukan blok pada data yang akan dimasukkan ke dalam tabel, lalu klik pada bagian Tables lalu klik table. Setelah itu maka yang tadi di blok akan menjadi sebuah tabel data.

  1. Menggunakan fitur conditional formatting

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Ms Excel ialah conditional formatting, dengan fitur tersebut kita bisa mengolah sebuah data dengan tampilan yang lebih menarik dan interaktif. Untuk bisa melakukan hal tersebut caranya cukup mudah yaitu dengan memilih data yang akan diubah, lalu klik pada opsi Conditional Formatting lalu kita bisa memilih format yang diinginkan, lalu pilih Data Bars maka hasilnya akan lebih menarik dari sebelum dilakukan conditional formatting.

Nah, setelah membaca artikel diatas maka kita bisa memiliki gambaran yang jelas mengenai bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel yang mudah dan cepat. Selain itu, penggunaan Ms Excel sangat menguntungkan karena memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan kita, oleh karena itulah pentingnya mempelajari Ms Excel di era sekarang ini.

Itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan tips dan cara menggunakan Microsoft Excel dengan mudah dan cepat sehingga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Ms Excel dengan semaksimal mungkin.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi kalian yang sedang ingin mendalami ilmu terkait Ms Excel. Selamat mencobanya dan semoga berhasil menguasai Ms Excel ya! Jangan lupa untuk join kursus online belajar cara menggunakan microsoft excel terlengkap hanya disini ya, yaitu Coding Studio!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *