Cara Membuat Iklan Langsung ke WhatsApp Business

Cara Membuat Iklan Langsung ke WhatsApp Business

Pertanyaan terkait cara membuat iklan di WhatsApp Business semakin meningkat seiring dengan efektivitasnya dalam menjangkau konsumen. Hanya sekali klik tautan pada platform tertentu, maka akan membawa konsumen menuju WhatsApp Business Anda. 

Bagaimana Caranya Membuat Iklan di WhatsApp Business?

Melalui fitur iklan yang terdapat pada WhatsApp, dapat mengarahkan audiens untuk terhubung bisnis secara langsung. Bahkan, dari langkah ini dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. 

Bagaimana Caranya Membuat Iklan di WhatsApp Business

Agar WhatsApp Business semakin menarik audiens, berikut ini adalah beberapa cara membuat iklan di WhatsApp Business. 

  • Login pada menu pengaturan pada WhatsApp Business lalu pilih fitur bisnis. Anda juga dapat membuat tautan bisnis melalui fitur katalog dan pilih item yang akan diiklankan. 
  • Klik “berikan iklan di Facebook” dan pilih “buat iklan baru” 
  • Pilih gambar atau video yang akan diiklankan dari perangkat Anda dan unggah. 
  • Tekan “lanjutkan ke Facebook” guna mengintegrasi WhatsApp dengan Facebook. 
  • Konfirmasi dengan mengklik “hubungkan dengan Facebook”. 
  • Klik “lanjutkan” untuk membuat iklan. 
  • Geser ke bagian bawah dan edit beberapa menu seperti teks, anggaran, kategori iklan dan penargetan iklan. 
  • Klik “promosikan sekarang”. 
  • Setelah berhasil terbit, Anda dapat mengecek status dan serta hasil iklan pada Facebook. 

Cakupan Iklan WhatsApp Business

Langkah di atas tentunya mudah untuk diikuti. Agar semakin menarik perhatian audiens, cara membuat iklan di WhatsApp Business harus mencakup beberapa hal di bawah ini yaitu: 

Value Proposition

Value proposition digunakan untuk menjelaskan atau menawarkan produk pada audiens dengan memperhatikan kebutuhan audiens tersebut sehingga produk yang ditawarkan menjadi solusi. Selain itu, Anda juga dapat memberikan manfaat yang membedakan produk Anda dengan kompetitor lainnya. 

Baca Juga:  Forecast Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Call To Action (CTA)

Selain menggunakan tombol CTA yang akan membawa audiens pada laman WhatsApp bisnis Anda, Anda perlu mencantumkan CTA pada caption untuk mendorong audiens untuk melakukan tindakan berikutnya yaitu membeli produk. Anda juga memiliki kebebasan dalam membuat CTA selain yang ada pada Facebook. 

Urgensi

Urgensi yang diciptakan dalam iklan bertujuan untuk penjualan. Urgensi ini berpengaruh pada emosi audiens seperti FOMO. Dengan begitu, audiens tidak ingin ketinggalan dalam membelinya. 

Harga “Gratis” dan Promo

Dalam membuat iklan, Anda harus bisa menawarkan promo menarik. Seperti harga promo, angka promo produk, persentase diskon dan potongan harga. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan angka coret, hal ini akan mempengaruhi psikologis calon pembeli dengan membandingkan harga sebelum diskon dan harga coret tersebut. 

Brand Guideline

Facebook dan Instagram digunakan untuk membuat iklan dengan didominasi konten visual. Untuk itu, pastikan Anda membuat konten secara profesional. Konten yang terlihat profesional akan memberikan tingkat kepercayaan yang besar pada audiens sehingga tertarik untuk membeli produk yang diiklankan. 

Emoticon

Konten dalam bentuk teks, kelemahannya berada pada kesulitan audiens dalam membaca intonasi dan ekspresi penulis. Namun dengan menggunakan emoticon maka tersampaikan perasaan dan memainkan peran penting dalam komunikasi virtual. Dengan memberikan emoticon yang tepat, Anda akan memberikan kesan ramah namun tetap profesional dalam komunikasi yang dilakukan. 

Emosi

Pandangan umum dari seorang pembuat iklan akan menonjolkan produk itu sendiri. Meskipun hal ini tidak salah, namun perlu diingat jika emosi juga memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan dan kesan pada audiens. Ini dapat dilakukan baik menggunakan teks atau visual seperti foto dan video. 

Testimoni Dari Pelanggan

Testimoni yang berasal dari pelanggan dapat dijadikan sebagai materi iklan terbaik. Ulasan dari pelanggan menjadi faktor penting dalam membangun kepercayaan pada audiens agar tertarik untuk membeli produk. Hal ini karena dinilai mampu memberikan bukti nyata dari pengalaman pengguna langsung. 

Storytelling

Storytelling tidak hanya penting dalam memunculkan emosi namun juga membuat audiens merasakan emosi tersebut. Pendekatan sederhana yang dapat digunakan adalah pengaturan, konflik dan penyelesaian. 

Baca Juga:  Spyware Pegasus: Pengertian, Cara Kerja dan Cara Menghindarinya

Variasi Visual

Variasi visual seperti foto atau video dapat Anda pilih dengan mempertimbangkan kesesuaian pada iklan yang dibuat. Dalam membuat foto atau video menggunakan desain grafis, pastikan menggunakan alat pribadi sehingga iklan yang dihasilkan akan memberikan ciri khas dari produk Anda sendiri. 

Apa Saja Syarat Membuat WhatsApp Business

Apa Saja Syarat Membuat WhatsApp Business?

Itulah cara membuat iklan di WhatsApp Business yang menarik. Namun, dalam membuat iklan dibutuhkan persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa syarat membuat iklan di WhatsApp Business yang perlu diketahui. 

Daftar Akun Business

Unduh aplikasi WhatsApp Business atau WhatsApp Business API, perlu diketahui untuk beriklan tidak bisa dilakukan pada WhatsApp Messenger. WhatsApp Business API banyak digunakan karena memiliki kelebihan seperti: 

  • Akun WhatsApp centang hijau atau terverifikasi. 
  • Terdapat layanan balas otomatis atau chatbot. 
  • Akun WhatsApp dapat diakses oleh multiagen. 
  • Blast pesan ke banyak orang sekaligus. 

Integrasikan WhatsApp dengan Platform Lain

Untuk dapat membuat iklan, WhatsApp harus diintegrasikan pada platform lain seperti Facebook dan berikut langkah-langkahnya. 

  • Buka halaman Facebook. 
  • Klik pengaturan dan pilih WhatsApp pada kolom sebelah kiri. 
  • Masukan nomor WhatsApp sekaligus dengan kode negara. 
  • Masukan kode OTP dan konfirmasi. 
  • Setelah itu, Anda dapat mulai beriklan melalui Facebook. 
  • Langkah ini juga bisa Anda lakukan melalui laman Instagram Anda. 

Cara membuat iklan di WhatsApp Business bukan suatu yang sulit apalagi jika Anda termasuk paham mengenai perkembangan IT. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak mengetahui hal tersebut karena Anda dapat belajar hingga mahir melalui Coding Studio. Upgrade skill Anda sekarang juga dan temukan peluang bisnis di dunia digital yang menjanjikan.

Related Articles