Belajar SQL Dasar untuk Pemula

Berbicara mengenai ‘data’, mungkin yang terlintas oleh banyak orang adalah aplikasi pengolah data seperti Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Namun apakah kamu tahu bagaimana cara mengolah data jika jumlahnya jutaan hingga miliaran data? Dalam hal ini dibutuhkan Structured Query Language (SQL) yaitu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengolah data dalam jumlah besar.

Jika pekerjaanmu berhubungan dengan database, belajar SQL merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Mungkin kamu masih bertanya-tanya apa sih SQL itu dan kenapa masih banyak digemari hingga saat ini? Yuk, simak penjelasan lengkap belajar SQL dasar untuk pemula di artikel berikut.

belajar sql

Belajar SQL: Apa Itu SQL?

SQL merupakan bahasa pemrograman yang sudah ada sejak puluhan tahun silam. SQL atau Structured Query Language adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk mengolah data dalam jumlah besar, khususnya data yang berada di database.

Apa itu database? Perlu diketahui bahwa database adalah basis data atau kumpulan data yang dikelola sedemikian rupa agar lebih mudah dalam pengelolaannya. Ada 5 jenis database yang beroperasi pada perangkat yang sering kita gunakan yaitu:

  • Operational database
  • Database warehouse
  • Distributed database
  • Relational database
  • End-user database

SQL diperlukan untuk mengambil data dari base datadi atas untuk menjalankan fungsi-fungsi lain dalam sistem pengolahan data. Selain itu, bahkan sebagian besar software pengolahan data dikuasai oleh sistem dari SQL.

Belajar SQL: Sejarah Singkat SQL

belajar sql

Awalnya, SQL dikembangkan pertama kali pada tahun 1970 dengan nama SEQUEL atau Structured English Query Language. SEQUEL digunakan oleh IBM pada tahun 1986 untuk berbagai proyek database mereka. Tak lama kemudian SEQUEL diubah namanya menjadi SQL yang kini kita kenal.

Saat ini sudah banyak pengembangan SQL untuk pengolahan database, seperti Microsoft SQL Server, MySQL, dan PostgreSQL. Meskipun ada banyak jenisnya, semua database terebut menggunakan dasar-dasar SQL. Oleh sebab itu, belajar SQL masih sangat berguna dan relevan hingga hari ini.

Selain itu, hampir semua perusahaan menyimpan datanya dalam sebuah database. Nah, untuk mengelola database tersebut diperlukan SQL sebagai solusi terbaiknya. Bagaimana jika perusahaan menggunakan bahasa pemrograman yang lain? SQL tetap berguna karena biasanya bahasa pemrograman lain seperti Phyton tetap membutuhkan SQL untuk mengambil data yang ada di database.

Belajar SQL: Fungsi SQL

Mempelajari SQL menjadi salah satu cara untuk bisa meningkatkan prospek karir terutama di dunia IT. Dalam dunia IT, bahasa kueri ini memiliki sejumlah fungsi. Berikut beberapa fungsi yang dimiliki bahasa pemrograman SQL.

  • Memanipulasi dan mengakses database

SQL berfungsi untuk mengakses database melalui berbagai perintah yang dibuat. Kamu bisa memanipulasi data seperti menghapus data, menambahkan data, mengupdate data, dan lainnya menggunakan SQL.

  • Mengeksekusi query

Bahasa pemrograman ini juga berfungsi untuk mengeksekusi berbagai kueri. Contohnya adalah perintah langsung pada sistem untuk alert, trigger, grant, dan lain sebagainya.

  • Mengatur hak akses user

Tidak hanya untuk fungsi mengolah data saja, SQL juga dapat digunakan untuk mengatur hak akses user. Kamu bisa membatasi akses pengguna dari suatu sistem sesuai kebutuhan.

Perintah Dasar SQL

Ada banyak skill yang kamu peroleh jika belajar SQL dengan benar. Namun untuk pemula biasanya perlu mempelajari beberapa perintah dasar dari SQL, seperti beberapa perintah berikut.

  • DDL (Data Definition Language)

Perintah dasar SQL yang pertama adalah DDL untuk membuat struktur database dengan benar. DDL terbagi menjadi beberapa jenis perintah seperti Create, Alter, Rename, Show, dan Drop.

  • DML (Data Manipulation Language)

Perintah dasar SQL ini berfungsi untuk memanipulasi data yang ada di database. Jenis-jenis perintah yang termasuk DML antara lain Insert, Update, Delete, dan Select.

  • DCL (Data Control Language)

DCL adalah salah satu perintah dasar SQL yang bertujuan untuk mengatur hak akses pengguna. Perintah ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Grant dan Revoke.

Pekerjaan yang Membutuhkan SQL

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa SQL adalah bahasa pemrograman untuk pengolahan data yang penting untuk dipelajari. Lantas, pekerjaan apa saja yang membutuhkan skill ini? Sebagian besar pekerjaan di sektor data membutuhkan kemampuan dasar SQL seperti beberapa pekerjaan berikut.

  • Data Scientist
belajar sql

Seorang data scientist memiliki tanggung jawab untuk membuat database, mengolahnya, dan kemudian menyajikannya dalam bentuk baru atau produk data. Hasil yang disajikan oleh seorang saintis data inilah yang digunakan oleh perusahaan untuk pertimbangan pengambilan keputusan bisnis.

Pekerjaan seorang data scientist sangat membutuhkan skill SQL untuk dapat mengambil data dari database yang diperlukan. Jenis pekerjaan ini termasuk salah satu pekerjaan yang memiliki peluang bagus yang banyak dicari perusahaan. Oleh sebab itu, bagi yang kamu yang ingin menjadi data scientist bisa belajar SQL dari awal.

Kemampuan SQL menjadi salah satu kualifikasi yang dibutuhkan oleh data scientist tidak hanya untuk mengambil data dari database saja. Data scientist juga harus mampu menerapkannya dengan machine learning, bisa melakukan pembersihan data, dan lain sebagainya.

  • Big Data Architect

Seseorang yang bekerja sebagai big data architect setiap harinya akan menggunakan database sehingga perlu skill SQL. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk mengelola big data atau data dalam jumlah yang sangat besar.

  • Database Administrator

Setiap perusahaan tentunya wajib memiliki database. Pihak yang bertanggung jawab atas database perusahaan adalah database administrator. DBA menjadi orang-orang dibalik layar yang mengendalikan basis data perusahaan yang aksesnya terbatas untuk orang-orang tertentu saja.

Belajar SQL: Tips Mempelajari SQL

Bagi kamu yang tertarik bekerja sebagai pengolah data dan menguasai bahasa query, tentu harus mempelajari SQL. Ada beberapa tips penting mempelajari SQL yang perlu kamu perhatikan.

  • Pahami manfaat dan penggunaan SQL

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai SQL. Kamu bisa mencari tahu berbagai hal seputar SQL melalui internet. Pahami apa sebenarnya manfaat dan penggunaan SQL dalam perusahaan atau karir.

  • Mengikuti kursus SQL

SQL menjadi salah satu kemampuan yang paling dibutuhkan untuk data scientist, business analyst, atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan data. Jika pekerjaan impianmu membutuhkan kualifikasi ini, mengikuti pembelajaran di kursus database Coding Studio bisa menjadi pilihan tepat.

Kamu bisa mempelajari SQL hingga menjadi ahli dalam hitungan hari. Tunggu apalagi, yuk segera belajar SQL disini agar kamu bisa cepat menguasainya dan menjadi pengolah data profesional.

Buat kamu yang ingin menjadi seorang programmer, juga perlu mempelajari bahasa pemrograman yang penting ini. Jangan lupa untuk membangun koneksi dengan sesama siswa kursus biar makin banyak yang bisa kamu pelajari.

  • Terus berlatih dengan data sungguhan

Kemampuanmu akan semakin terasah jika terus menerus berlatih dengan mengolah data sungguhan. Pelajari berbagai kode error SQL dari beragam sistem database agar skill kamu semakin meningkat.

Itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui seputar bahasa pemrograman SQL. Banyak job yang membutuhkan kemampuan query sehingga penting untuk belajar SQL dan menguasai kemampuan ini.

Related Articles