Belajar Laravel Pemula: Bagaimana Cara Cepat Mahir Laravel?

Bagi sebagian programmer menguasai Laravel memang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal Laravel ini merupakan salah satu Framework php yang paling efisien dalam hal waktu apabila dibandingkan dengan Framework lainnya.

belajar laravel pemula

Belajar Laravel pemula sebenarnya yang mudah untuk dilakukan asalkan Anda mau dan tekun untuk belajar Laravel pemula ini. Sebelum masuk ke tips belajar Laravel dengan mudah maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu manfaat dari framework Laravel.

Manfaat Belajar Laravel Pemula

belajar laravel pemula
  • Open Source

Manfaat pertama yang dimiliki yaitu open source. Keunggulan dari Framework Laravel ini salah satunya yaitu tidak berbayar. Apabila Anda ingin menggunakan Laravel maka hanya cukup mengunjungi situs Laravel dan mengunduh di sana. Tidak perlu melakukan pembayaran.

  • Blade Template

Belajar Laravel pemula kedua memiliki manfaat yaitu blade template. Tampilan yang ada di Laravel sendiri merupakan salah satu hal yang unik dari Framework Laravel ini. Tampilannya menggunakan .blade.php yang fungsinya untuk dapat mempermudah web developer untuk melakukan coding HTML.

  • Dokumentasi Lengkap

Manfaat selanjutnya yaitu dokumentasinya lengkap. Laravel ini merupakan salah satu platform yang sangat menarik dan juga relatif mudah penggunaannya.

Apabila Anda mampu menguasai dasar-dasar dari PHP dengan cukup baik maka Anda juga bisa secara mudah untuk dapat memahami struktur dari Laravel ini. Karena dokumentasi yang ada di Laravel ini cukup baik dan juga terstruktur.

  • Migration Database

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh Laravel yaitu migration database. Laravel ini menyediakan system untuk pemindahan database tak seperti Framework lainnya. Apabila seorang programmer akan menggunakan Framework dari Laravel ini maka tidak perlu lagi untuk membuat kode mySQL agar bisa migrasi database.

Penggunaan Framework Laravel ini yang lebih menyederhanakan migrasi database yang dilakukan.

  • MVC Concept

Manfaat selanjutnya yang dimiliki yaitu MVC Concept. Konsep ini merupakan cara untuk pengembangan aplikasi dengan memisahkan data ataupun modal dari tampilan dan juga bagaimana cara untuk memprosesnya. Klasifikasinya dibuat dengan bertujuan mempermudah web developer dalam mengembangkan aplikasi.

Baca Juga:  Semantik SEO: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Tips Belajar Laravel Cepat Mahir

belajar laravel pemula

Setelah memahami manfaat-manfaat yang dimiliki oleh Laravel ini maka Anda juga harus belajar bagaimana menguasai Laravel dengan mudah.

Berikut ini merupakan beberapa tips mudah belajar Laravel pemula agar cepat menguasai.

  • Tidak Ketergantungan Pada Dokumentasi Resmi

Tips pertama yang harus diperhatikan Jika Anda ingin belajar ini dan mudah untuk memahaminya yaitu tidak boleh bergantung pada dokumentasi resmi. Laman dokumentasi resmi dari Laravel ini memang seringkali dijadikan oleh programer sebagai acuan terutama bagi programmer yang masih rookie.

Tersebut memang jadi salah satu perpustakaan terlengkap yang dimiliki oleh Laravel yang bisa digunakan programmer untuk menambah pengetahuannya. Tetapi justru akan lebih sulit apabila Anda sudah memanfaatkannya.

Padahal Anda belum paham betul terkait dengan PHP dan juga tidak update pada teknik-teknik pengembangan di masa kini. Oleh karena itu Anda tidak boleh terpaku pada dokumentasi resmi dari Laravel pastikan Anda paham terlebih dahulu terkait dengan PHP.

  • Maksimalkan Penggunaan Google

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu Anda harus memaksimalkan Google. Google merupakan salah satu solusi bagi Anda yang merasa kesulitan. Banyak informasi yang bisa didapatkan melalui pencarian Google ini.

Anda bisa mencari dengan lengkap bagaimana menggunakan Laravel ini dengan mudah. Maksimalkan pencarian Anda terkait dengan programming ini. Sehingga Anda bisa lebih cepat menguasai Laravel.

  • Sering Terlibat dalam Proyek

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu sering-seringlah terlibat dalam sebuah proyek. Benar kata pepatah bahwa pengalaman merupakan salah satu guru yang terbaik.

Anda bisa melatih kemampuan belajar laravel pemula dalam penggunaan Framework ini dengan melibatkan diri pada proyek-proyek. Anda bisa memulai dari proyek yang kecil seperti proyek membuat website yang sederhana.

Semakin banyak proyek yang Anda kerjakan maka akan semakin terlatih dalam pemecahan rintangan dan pertanyaan baru yang akhirnya dapat membuat diri belajar jadi lebih baik lagi dalam menggunakan Laravel ini.

  • Konsultasikan Masalah

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan pada saat akan belajar Laravel pemula yaitu dengan mengkonsultasikan masalah yang terjadi pada ahli di bidangnya. Dalam dunia programming tentu Anda akan menemukan hal-hal sulit seperti error dan membuat Anda harus melakukan troubleshoot.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Error 400 Bad Request Server

Adakalanya Google tidak dapat membantu Anda secara maksimal dalam pemecahan masalah yang ada miliki. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan konsultasi bersama mentor yang bisa memecahkan masalah Anda melalui komunitas programming.

Untuk menambah wawasan Anda juga bisa menggunakan pertemuan untuk bisa belajar sebanyak-banyaknya dalam dunia programming terutama dalam penggunaan Laravel ini.

  • Jangan Hanya Membaca

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan dalam belajar laravel pemula yaitu jangan hanya membaca saja tetapi langsung praktekkan. Membaca tanpa praktek tentu tidak akan menghasilkan. Oleh karena itu Anda harus praktekkan apa yang sudah dibaca sebelumnya rasanya tidak akan benar apabila Anda belajar pemrograman tanpa melakukan coding.

Saat Anda belajar jangan hanya menghabiskan waktu untuk membaca buku dan juga menonton video saja Anda harus mulai untuk berlatih coding secepat mungkin. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang programmer harus coba untuk membuat proyek saat belajar tidak hanya membaca saja.

Dengan praktik maka Anda akan mendapatkan motivasi yang lebih realistis tentunya. Hanya dengan berlatih coding Anda akan bisa menentukan pertanyaan baru dan juga rintangan baru. Masalah yang datang dan rintangan yang datang ini bisa digunakan untuk melatih bagaimana Anda menyelesaikannya.

  • Belajar di Codingstudio.id

Belajar Laravel pemula selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu dengan belajar melalui tempat kursus professional di Codingstudio.id. Belajar melalui tempat kursus akan membuat Anda jauh lebih mudah dalam memahami materi dan praktek yang dilakukan karena akan dibimbing oleh tutor professional di bidangnya.

Jika hanya membaca melalui Google ataupun menonton melalui video mungkin rasanya tidak akan maksimal ilmu yang didapatkan. Tetapi dengan mengikuti kursus Anda bisa secara maksimal mendapatkan ilmu programming tersebut langsung dari praktisinya.

Tempat kursus ini juga bisa sebagai mentor Anda dalam menyelesaikan berbagai masalah dan rintangan yang dihadapi pada saat melakukan coding ini. Terakhir yang harus diperhatikan yaitu jangan pernah menyerah. Untuk informasi selengkapnya mengenai kursus Laravel di Coding Studio.

Bagi yang belum pernah masuk ke dunia programmer sebelumnya memang merasa bahwa dunia programmer ini jauh lebih keras dan juga tidak mudah untuk dilakukan. Tetapi percayalah dengan Anda terus mencoba maka Anda bisa menemukan masalah dan juga cara penyelesaiannya sendiri perlahan.

Baca Juga:  10 Cara Mempercepat Loading Website atau Blog

Meskipun memang tidak langsung mahir tetapi Anda akan secara bertahap belajar Bagaimana menjadi seorang programmer laravel yang handal dan profesional, bisa dengan belajar laravel pemula.

Dengan Anda tidak menyerah maka inti menjadi salah satu jalan karena seorang programmer atau seorang web developer ini merupakan salah satu pekerjaan atau profesi yang banyak dicari orang. Itulah beberapa informasi terkait dengan tips belajar Laravel pemula dengan mudah dan cepat yang bisa Anda coba terapkan.

Related Articles