Apa itu Infomersial? Pengertian, Komponen dan Strateginya

Apa itu Infomersial Pengertian, Komponen dan Strateginya

Layanan iklan di televisi termasuk media promosi yang cukup efektif. Salah satu jenis media tersebut yang paling populer adalah infomersial. Sudah tahukah apa itu infomersial? Simak penjelasannya dalam artikel ini. 

Pengertian Infomersial

Pengertian Infomersial 

Infomersial adalah media promosi yang berbentuk video atau iklan televisi dimana memiliki durasi lebih lama dibandingkan iklan seperti biasanya. Melalui iklan tersebut, perusahaan dapat mengenalkan produk dan layanan termasuk fitur dan keuntungan yang bersifat persuasif. 

Mengapa Infomersial Bersifat Penting?

Dari pengertian di atas, mungkin muncul pertanyaan mengapa infomersial penting? Seperti media promosi lainnya, infomersial memiliki peran penting dalam mendorong dan meyakinkan pelanggan untuk bertransaksi. Untuk alasan lainnya adalah sebagai berikut. 

Brand Awareness

Melalui iklan infomersial yang ditawarkan, membantu dalam meningkatkan kesadaran pelanggan pada brand Awareness produk tertentu. Pemilik brand dapat mengenalkan jenis dan layanan yang dimiliki pada calon pelanggan. Semakin sering iklan tersebut muncul, maka semakin besar peluang brand diingat oleh pelanggan. 

Mendatangkan Calon Pelanggan

Melalui iklan infomersial, dapat memperoleh calon pelanggan bareng. Hal ini dikarenakan terdapat CTA pada akhir video yang dibuat sehingga mengajak penonton untuk membeli. Selain lain, dalam video tersebut juga menjelaskan informasi secara detail dan deskripsi produk sehingga penonton semakin tertarik. 

Meningkatkan Penjualan

Infomersial yang ditayangkan dapat meningkatkan penjualan secara efektif. Apalagi iklan yang disajikan mendorong penonton untuk membeli secara langsung pada saat itu juga melalui telepon atau email. 

Apa Saja Komponen Infomersial?

Adapun komponen utama infomersial yang perlu diperhatikan antara lain adalah: 

Apa Saja Komponen Infomersial

Identifikasi

Dalam membuat infomersial, komponen utama yaitu identifikasi kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan. Dengan begitu, Anda mampu menawarkan produk dan layanan yang mampu menyelesaikan masalah pelanggan. 

Baca Juga:  Digital Marketing Funnel: Pengertian, Manfaat dan Strateginya

Edukasi

Tidak sebatas keunggulan produk dan layanan, yang akhirnya membuat pelanggan tertarik untuk membeli disebabkan oleh pemahaman mengenai produk dan layanan tersebut secara detail. Selain produk tersebut dapat mengatasi permasalahan pelanggan juga memberikan informasi secara detail baik dari kandungan, cara pemakaian dan lain sebagainya. 

Presentasi

Kemampuan menjelaskan pada pelanggan menjadi komponen penting apa itu infomersial. Kreativitas pada saat presentasi akan menentukan pelanggan tertarik untuk membeli produk atau tidak. 

Anda dapat menyiapkan informasi yang menarik dan bermanfaat bagi pelanggan. Sebaiknya, menghindari klaim produk dan layanan secara berlebihan. Hal ini agar mencegah keraguan dalam benak pelanggan. 

Bagaimana Strategi Membuat Promosi Infomersial?

Dari apa itu infomersial hingga komponen penting tentunya Anda mampu membuat strategi promosi yang menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa strategi promosi infomersial yang bisa dilakukan. 

Target Audiens

Untuk meningkatkan penjualan melalui iklan infomersial, maka Anda harus membidik target audiens yang tepat. Ini artinya, Anda harus memahami siapa target audiens yang diharapkan dan berusaha memahami preferensi, kebutuhan dan perilaku dari audiens. Anda dapat melakukan analisis demografi untuk menemukan target audiens yang paling cocok dengan produk dan layanan Anda. 

Gunakan Retargeting

Retargeting adalah strategi iklan yang cukup efektif. Melalui cookie atau pelacak lainnya, Anda dapat melihat audiens yang sudah tertarik pada produk yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga dapat mengingatkan calon pelanggan untuk segera membeli produk yang terdapat pada keranjang online. 

Optimalkan Iklan pada Perangkat Mobile

Seiring banyaknya orang mengakses internet melalui perangkat mobile, sangat penting sekali membuat infomersial yang dapat diakses melalui perangkat tersebut. Selain itu, Anda juga harus memastikan iklan yang dibuat responsif, mudah dilihat dan mudah diakses melalui  

Gunakan Video Advertising

Melalui video advertising yang dibuat lebih detail, memperlihatkan cara penggunaan dan menghadirkan testimoni dari pelanggan sebelumnya akan memberikan daya tarik dan perhatian lebih kuat dari audiens. Anda dapat memasukkan iklan tersebut melalui platform populer seperti sosial media. 

Manfaatkan Influencer

Memanfaatkan influencer dalam melakukan pemasaran memang solusi yang paling tepat. Influencer memiliki audiens yang besar dan cukup kredibilitas sehingga dapat meningkatkan brand awareness dan kepercayaan pelanggan. 

Apa Perbedaan Infomersial Dengan Komersial

Apa Perbedaan Infomersial Dengan Komersial?

Dari pengertian apa itu infomersial, tentunya infomersial ini berbeda dengan istilah komersial. Berikut akan dijelaskan apa saja perbedaan infomersial dan komersial. 

Baca Juga:  Brotli Compression: Pengertian, Cara Kerjanya dan Kelebihannya

Durasi Waktu

Infomersial memiliki durasi waktu iklan 30-60 menit, biasanya disiarkan langsung pada televisi. Sedangkan iklan komersial memiliki durasi waktu 15-60 detik yang biasanya ditayangkan pada saat jeda program. 

Produk

Produk yang ditawarkan pada infomersial seperti produk kebugaran, kesehatan, kecantikan, peralatan rumah tangga dan demo pemakaiannya. Sedangkan iklan komersial menawarkan produk jenis produk dan layanan tertentu. 

Target Pasar

Infomersial memiliki target pasar yang lebih spesifik yaitu orang-orang yang gemar begadang dan menonton televisi. Sedangkan iklan komersial didasarkan pada demografi yang bergantung pada jenis iklannya. 

Waktu Pembelian

Infomersial memberikan batasan waktu bagi calon pembeli sehingga cenderung mendorong pelanggan untuk segera membeli. Sedangkan komersial mendorong pelanggan untuk membeli dengan waktu yang fleksibel. Biasanya iklan yang ditayangkan tidak memungkinkan untuk membelinya secara langsung. 

Sumber Pembelian

Infomersial memberikan pilihan untuk membeli iklan dari pengiklannya secara langsung. Sedangkan komersial memberikan kebebasan pelanggan untuk membeli produk yang berasal dari iklan yang diiklankan dimana saja. 

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu infomersial dan saat ini sangat penting untuk menguasai skill digital marketing karena tuntutan perkembangan zaman. Anda bisa belajar digital marketing dengan bergabung bersama Coding Studio yang juga menyediakan layanan kursus online lainnya seperti programming, website development, data analytic hingga cyber security.

Related Articles