Belajar membuat game? Ya belajar membuat game adalah sebuah proses yang sangat menyenangkan dan juga tentunya sangat berguna bagi banyak orang. yang mana pada saat ini banyak sekali orang memainkan sebuah game, yang mana hal ini ditunjukan dengan naiknya rating game yang ada pada saat ini yang membuat game pada saat ini menjadi popularitas sekali. Banyak sekali yang memainkan game ini di laptop, komputer dan juga di ponsel. sehingga hal ini lah yang membuat banyak sekali yang ingin menjual dan juga membuat game yang tentunya nanti jika game yang merekaa buat mereka bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Ada banyak sekali jenis game yang ada pada saat ini yang ada di berbagai platform dan juga sistem operasi. Dalam pembuatan game ini banyak sekali dibuat dengan cara yang berbeda – beda namun konsep yang dipakai di dalam sebuah game itu sama.

Apakah anda berminat untuk belajar membuat game atau mengembangkan sebuah game? Jika anda berminat ingin membuat atau mengembangkan sebuah game maka yang harus anda lakukan adalah anda harus melakukan pembelajaran yang namanya coding, yang diamana jika anda ingin menembangkan atau  menciptakan sebuah game maka harus menggunakan coding saat pembuatan maupun pengembangan dari sebuah game. Betapa penting sekali coding ii diterapkan dalam pembuatan dan juga pengembangan dari sebuah game jika anda tidak menggunakan coding ini didalam pembuatan ataupun oengembangan sebuah game maka game yang akan anda buat atau kembangkan menjadi tidak berjalan dengan baik.

Selain coding anda juga harus mengerti dengan yang namanya Bahasa pemrograman yang dimana Bahasa pemrograman ini adalah dasar Dari pembuatan atau juga pengembangan dari sebuah game karena jika anda tidak mengerti akan Bahasa pemrograman maka anda tidak bisa menggunakan coding. Hampir semua dari game yang ada saat ini dalam pembuatannya ataupun dalam pengembangannya menggunakan Bahasa pemrograman di dalamnya jadi bisa dibayangkan bukan betapa pentingnya ngerti tentang Bahasa pemrograman ini demi untuk terciptanya game yang anda impikan.

Yang perlu anda ketahui juga para pembuat dari sebuah game adalah orang – orang yang dimana memiliki tanggung jawab dalam membuat coding game agar game yang diciptakan berjalan dengan apa yang sudah dikonsepkan. Bagi anda yang mungkin masih awam dengan yang namanya coding atau juga tentang Bahasa pemrograman tidak perlu khawatir jika anda tidak bisa membuat game. Tidak ada yang tidak bisa jika anda ingin belajar. Apakah anda sudah tau bagaimana tips dasar dalam belajar games development atau pengembanga sebuah game ini? bagi anda yang masih belum tau tenang, karena di bawah ini akan dijelaskan bagaimana tips buat anda agar anda bisa menciptakan dan juga mengembangkan game yang anda impikan. 

Sebelum anda belajar membuat game yang anda impikan yang harus anda ingat adalah memahami terlebih dahulu mengenai perbedaan – perbedaan apa saja yang tentang membuat game dan juga mendesain game. 

Desain Game

Secara sederhana desain game kebanyakan mengacu kepada desain artistiknya dari suatu game. Yang dimana pada saat ini dilakukan biasanya akan banyak sekali menghabiskan waktu untuk membuat aspek – aspek yang ada dalam sebuah game. Dari hal ini akan membuat game akan bereaksi dibawaj pada kondisi tertentu sehingga game yang anda buat bisa menjadi versi yang lebih baik.

Pembuat Game

Pada sisi ini adalah orang – orang yang dimana mereka bertanggung jawab dalam membuat coding agar game yang dibuat bisa berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tips Dasar Belajar Game Development

Didalam anda melakukan pengembangan sebuah game development yang harus anda lakukan adalah memahami standar panduan yang ada di dalam membuat game karena dengan begitu anda akan mudah dalam membuat dan juga mengembangkan game yang anda impikan. Selain itu juga anda juga harus memperhatikan setiap proses yang ada karena setiap game yang akan dikembangkan atau juga yang dibuat akan berbeda dengan proses yang akan diterapkan, karena tergantung dari tipe game yang anda  buat. Berikut ada beberapa hal yang harus anda lakukan jika anda akan mengembangkan atau membuat game anda beberapa hal yang harus anda perhatikan dan juga pelajari seperti berikut.

  • Lakukan Riset dan juga konseptual dari game anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus membuat game adalah merenungkan tipe game apa – apa saja yang ingin anda buat. Dan anda lakukan riset  secara mendalam mengenai keterampilan – keterampilan apa saja yang akan anda butuhkan dalam membuat game anda . serta jangan lupa juga anda harus memperhatikan fitur apa saja yang akan anda gunakan dalam membuat game.

  • Buatlah Sebuah Dokumen Desain

Setelah anda melakukan konseptual mengenai game yang akan anda buat maka selanjutnya yang harus anda buat adalah sebuah dokumen yang dimana dokumen ini yang menjelaskan garis besar sebuah yang akan anda buat yang dimana seperti konsep tampilan yang anda pakai dan juga hal – hal yang anda lakukan dalam membuat game.

Dokumen yang harus anda pertimbangkan dalam membuat dokumen desain adalah:

  • Bahasa yang anda gunakan 

Pada poin ini anda akan sangat membantu anda dalam membuat sebuah game dan juga membantu anda dalam membuat spesifikasi mengenai proses dari pembuatan game.

  • Tampilan serta fitur yang ada di dalam game yang akan anda buat.
  • Serta menambahkan fitur update untuk jangka yang akan panjang.
  • Menentukan Software yang Akan Anda Gunakan

Langkah yang berikut yang harus anda butuhkan agar game anda bisa bekerja dengan baik Langkah yang harus anda gunakan adalah menentukan jenis software apa saja yang akan gunakan dalam membuat game anda. karena ada beberapa game android yang tidak membutuhkan yang namanya software yang lebih spesifik. Dan bisa anda hanya anda akan menggunakan yang hanya membutuhkan editor dan juga compiler saja. Disisi lain juga anda harus membuat game yang memerlukan spesifikasi yang secara khusus dalam membuat game seperti anda membuat desain gambar 3D. sebaiknya anda harus benar – benar diperhatikan secara cermat dalam menentukan software ini karena jika anda akan menggunakan software dalam membuat game anda maka anda akan mengeluarkan budget yang banyak karena software ini sangatlah mahal.

  • Memulai pemrograman

Setelah Anda tau akan menggunakan software apa maka seharusnya yang harus anda lakukan adalah melakukan coding terhadap game anda yang dimana harus menggunakan Bahasa pemrograman. Yang harus anda gunakan dalam membuat Bahasa pemrograman adalah seperti Java Script, HTML, dan CSS.

  • Tes Game Anda dan Memasarkan Game Anda

Setelah game anda selesai dibuat maka yang harus anda lakukan adalah memulai game anda serta game yang anda buat sudah baik maka yang harus anda lakukan adalah memasarkannya sehingga game yang anda buat bisa digunakan oleh banyak orang.

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan jika anda ingin mengembangkan sebuah game, jika anda ingin belajar membuat game maka anda harus belajar di Coding Studio, dengan cara daftarkan diri anda pada kursus Game Development di sini.