Saat ini, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kita temui, termasuk bahasa pemrograman web. Ada beberapa bahasa yang berhasil sampai di puncak dan banyak digunakan oleh para programmer dan developer, ada pula beberapa bahasa yang kurang populer. Masing-masing bahasa pemrograman pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Begitu pula bahasa pemrograman web, yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Di antara banyaknya pilihan bahasa pemrograman web yang bisa kamu pelajari, pastinya ada segelintir bahasa yang cocok atau memenuhi kebutuhan kamu, ‘kan? Misalnya saja, apabila kamu ingin membuat website berskala besar, pastinya bahasa yang kamu gunakan akan berbeda dengan bahasa yang kamu pakai untuk membuat website berskala kecil. Nah, di artikel kali ini, Coding Studio sudah menyiapkan ulasan tentang 3 bahasa pemrograman web yang cukup populer nih! Melalui ulasan ini, semoga kamu bisa menentukan bahasa pemrograman web yang sesuai untuk kebutuhanmu ya! Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak pembahasannya!

1.      PHP

Bahasa pemrograman PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang gratis dan bersifat open source. Karena itu, kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini dengan bebas, bahkan kamu juga bisa mengembangkannya sesuai kreasi kamu sendiri.

Salah satu kelebihan bahasa pemrograman PHP yang banyak disukai oleh para programmer dan developer adalah kemampuannya untuk digunakan pada multiplatform, dari komputer dan sistem operasi manapun. Selain itu, PHP juga kompatibel dengan berbagai database management system atau DBMS, seperti MySQL, MySQLi, PostgreSQL, dan masih banyak lagi.

Bahasa pemrograman web yang satu ini juga memiliki komunitas yang sangat besar. Hal ini tentunya menjadi sebuah keuntungan ya, teman-teman. Pasalnya, ketika kamu menemukan suatu eror pada kode kamu, kamu bisa langsung menanyakannya pada komunitas PHP. Teman-teman programmer dan developer yang lainnya dapat membantu kamu menyelesaikan permasalahanmu melalui komunitas tersebut.

Selain itu, karena komunitasnya yang besar ini, kamu juga bisa menemukan beragam tutorial bahasa pemrograman PHP dengan mudah. Kamu bisa menemukannya di Youtube, kursus online, bahkan toko buku. Oleh karena itu, bahasa pemrograman yang satu ini bisa dibilang cukup mudah dipelajari, karena tutorialnya yang mudah diakses.

2.      Python

Python merupakan bahasa pemrograman web lainnya yang bersifat gratis dan open source, sama seperti PHP. Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, sintaks pada Python bisa dibilang cukup sederhana dan mudah dipelajari. Selain itu, tingkat keterbacaan kodenya pun cukup tinggi. Oleh karena itu, bahasa Python ini cocok banget untuk dipelajari para pemula!

Meskipun sama-sama bersifat gratis dan open source, Python tentunya tetap memiliki perbedaan dengan PHP ya. Salah satu perbedaanya adalah apabila PHP merupakan bahasa yang diciptakan khusus untuk pemrograman website, maka tidak demikian halnya dengan Python. Python diciptakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari pembuatan website, kepentingan robotika, data mining, hingga kecerdasan buatan. Karena hal ini, tidak heran apabila library pada Python menawarkan fungsionalitas yang beragam. Nah, apabila kamu ingin mengembangkan website dengan berbagai macam fitur, bahasa Python adalah bahasa yang tepat untuk kamu pelajari nih, teman-teman! Terlebih, bahasa pemrograman yang satu ini juga dapat berjalan pada berbagai macam sistem operasi, seperti Windows, Mac OS, hingga Unix.

Selain digunakan untuk pengembangan website, bahasa Python juga banyak digunakan untuk machine learning dan Internet of Things loh, teman-teman! Nah, kamu yang ingin membuat website yang memanfaatkan kecerdasan buatan seperti machine learning dan IoT juga bisa menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini!

3.      Java

Java, salah satu bahasa pemrograman web untuk level enterprise

Mungkin sebagian dari kita mengenal Java sebagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi Android. Akan tetapi, bahasa yang satu ini ternyata juga digunakan untuk pemrograman web loh, teman-teman! Tidak main-main, bahasa pemrograman web yang satu ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar loh!

Java memang dikabarkan sangat cocok untuk membangun aplikasi web di level enterprise. Pasalnya, performanya memang sudah terbukti cukup cepat untuk mendukung aplikasi web di tingkat enterprise. Selain itu, bahasa Java juga dinilai mudah untuk dikembangkan dan dinamis, sehingga kamu bisa memodifikasi struktur kodenya sesuai dengan kebutuhanmu.

Tidak hanya menawarkan performa yang apik, bahasa Java juga menawarkan keamanan yang tinggi loh, teman-teman! Ditambah dengan kemampuannya yang bisa berjalan pada berbagai macam sistem operasi, tidak heran apabila banyak perusahaan besar yang mengembangkan web mereka dengan bahasa pemrograman web yang satu ini.

Nah, setelah mengetahui spesialisasi masing-masing bahasa pemrograman web di atas, bahasa manakah yang paling cocok dan memenuhi kebutuhanmu? Kalau kamu sudah berhasil menentukan bahasa pemrograman yang harus kamu gunakan, jangan lupa untuk menjelajahi dan mempelajari framework serta library yang tersedia ya, teman-teman! Framework dan library ini dapat membantu kamu untuk membangun website kamu dengan lebih cepat loh!

Apabila kamu belum mengetahui framework apa yang akan kamu gunakan, kamu bisa mampir ke artikel Coding Studio yang satu ini nih! Di sana, kamu akan menemukan framework-framework populer yang digunakan untuk pemrograman web. Semoga kedua artikel ini dapat membantu kamu untuk mengembangkan web kamu ya, teman-teman!