Saat ini, sudah ada banyak sekali bahasa pemrograman di seluruh dunia. Masing-masing bahasa pemrograman ini tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Beberapa bahasa digunakan untuk web development, beberapa bahasa lainnya digunakan untuk mobile application development, bahkan ada pula yang digunakan untuk membuat game. Meskipun ada banyak opsi bahasa pemrograman saat ini, ada 5 bahasa pemrograman terpopuler yang sudah disurvei oleh Stack Overflow nih, teman-teman!

Kelima bahasa pemrograman terpopuler ini mencakup berbagai bidang yang ada di dunia programming, seperti bahasa untuk web development, bahasa untuk mobile application development, dan ada juga bahasa untuk membuat game. Kira-kira, bahasa apa saja ya yang berhasil menduduki 5 besar bahasa pemrograman terpopuler tahun ini? Yuk, langsung kita simak!

JavaScript

(Sumber: pxfuel.com)

Teman-teman, tahukah kamu bahwa bahasa pemrograman yang satu ini telah mempertahankan posisinya di urutan pertama selama 8 tahun berturut-turut? Yup, JavaScript memang merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan para developer. Menurut survei yang dilakukan oleh Statista, ada sekitar 67,8% developer di seluruh dunia yang menggunakan JavaScript loh!

JavaScript sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman terpopuler untuk bidang web development, di mana JavaScript berperan untuk membuat suatu halaman website menjadi lebih dinamis dan interaktif. Awalnya, JavaScript ini dirancang untuk berjalan di client-side atau browser, yang artinya kode program yang ada akan dijalankan di browser web penggunanya. Akan tetapi, saat ini penggunaan JavaScript sudah semakin luas nih, teman-teman. JavaScript kini juga bisa digunakan pada server, console, program desktop, mobile, IoT, game, dan masih banyak lagi.

Beberapa perusahaan yang cukup besar dan terkenal juga sudah menggunakan JavaScript loh! Sebut saja perusahaan-perusahaan seperti Uber, Netflix, dan juga Paypal. Nah, bagi kamu yang memiliki minat di bidang web development dan bercita-cita untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar seperti yang disebutkan sebelumnya, mempelajari JavaScript bisa menjadi titik awal kamu untuk belajar nih!

Kalau kamu masih kebingungan harus mulai belajar dari mana, yuk, daftar kursus Front-end di Coding Studio! Tidak hanya mempelajari JavaScript, kamu bisa menguasai paket lengkap bahasa pemrograman yang digunakan oleh para front-end developer loh! Kami tunggu kehadiran kamu ya!

Python

(Sumber: flickr.com)

Bagi kamu para pemula, Python bisa jadi salah satu opsi bahasa pemrograman untuk kamu pelajari nih! Pasalnya, sintaks atau penulisan kode pada Python ini memang cukup mudah dimengerti. Dengan sintaks yang lebih mirip dengan bahasa sehari-hari kita, dijamin kamu akan lebih mudah mempelajarinya deh!

Berkat kepopuleran bahasa pemrograman yang satu ini, Python berhasil menggeser kedudukan Java sebagai bahasa pemrograman terpopuler yang kedua. Salah satu faktor yang mendukung kepopuleran Python adalah banyaknya penggunaan bahasa pemrograman ini di bidang data science dan machine learning. Seiring dengan semakin populernya kedua bidang ini, tidak heran ya apabila penggunaan Python pun turut meningkat popularitasnya. Bahkan, diperkirakan sekitar 83% tenaga profesional di bidang data science dan machine learning menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini loh!

Tidak hanya digunakan di bidang data science dan machine learning, Python juga dapat kamu gunakan untuk membangun aplikasi web dan desktop, aplikasi desktop berbasis GUI, game, dan juga network server. Berkat penggunaannya yang multifungsi ini, Python juga cukup banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti NASA, Instagram, Google, Yahoo, dan Youtube.

Perlu kamu ketahui bahwa saat ini ada 2 versi Python yang beredar, yaitu Python 2 dan Python 3. Saat ini, lebih banyak pengguna bahasa Python yang menggunakan Python 2. Oleh karena itu, kamu yang baru mulai mempelajari bahasa ini disarankan untuk memulainya dari Python 2 terlebih dahulu. Python 3 sendiri merupakan versi pengembangan selanjutnya dari Python 2. Dengan begitu, tidak heran apabila Python 3 menyediakan lebih banyak fitur dibandingkan pendahulunya. Jika kamu sudah menguasai Python 2, kamu bisa banget mengasah kemampuanmu dalam menggunakan bahasa Python dengan mempelajari Python 3 ini!

Java

(Sumber: commons.wikimedia.org)

Bahasa pemrograman terpopuler yang selanjutnya datang dari kategori bahasa pemrograman berbasis object nih, teman-teman! Yup, itulah Java! Bahasa pemrograman yang satu ini cukup terkenal di kalangan para programmer karena dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan program yang bisa berjalan pada platform apapun. Keunggulan ini pastinya sangat membantu para programmer dan developer dalam membuat program mereka ya!

Selain karena fleksibilitasnya itu, Java juga populer karena sifatnya yang open source. Karena keunggulan ini, Java banyak dikenal dan dikembangkan oleh banyak developer. Hal ini membuat Java memiliki library yang lengkap dan semakin digemari para developer untuk mengembangkan program mereka.

Meskipun sudah diperbarui sampai Java 11, versi yang paling banyak digunakan oleh para programmer dan developer hingga saat ini masih merupakan versi Java 8. Untuk penggunaannya sendiri, Java banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi dari sisi server, terutama untuk aplikasi-aplikasi Android. Bahkan, Java juga merupakan sistem utama yang digunakan untuk aplikasi Android loh! Oleh karena itu, tidak heran ya apabila hampir 90% dari perusahaan 500 fortune menggunakan Java untuk pengembangan program mereka.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat aplikasi Android, Java adalah bahasa pemrograman yang tepat untuk kamu pelajari. Kalau kamu bingung harus mulai mempelajari bahasa yang satu ini dari mana, kamu juga bisa mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini dengan kursus Java gratis dari Coding Studio loh, teman-teman! Yuk, kita belajar bersama!

C#

(Sumber: commons.wikimedia.org)

C# atau yang dibaca C Sharp merupakan bahasa pemrograman terpopuler yang keempat di tahun 2020 ini. Bahasa ini dikembangkan dan didukung oleh Microsoft dengan berbasis pada bahasa C++.  Tak kalah fleksibel dengan Java, C# juga dapat digunakan secara umum, dalam artian dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Kamu bisa menggunakan C# untuk pemrograman server-side pada website, membuat aplikasi desktop maupun mobile, membuat game, dan masih banyak lagi.

Karena pengembangannya yang didasarkan pada bahasa C++, C# juga termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang berorientasi objek alias Object-oriented Programming nih teman-teman, sama seperti Java!

Bagi kamu yang ingin mempelajari C#, perlu kamu ketahui bahwa penggunaan C# ini sangat bergantung pada suatu framework yang dikenal dengan .NET Framework. NET Framework inilah yang akan kamu gunakan untuk meng-compile dan menjalankan kode C#-mu.

PHP

(Sumber: commons.wikimedia.org)

Bahasa pemrograman terpopuler yang kelima di tahun 2020 ini merupakan PHP, yakni bahasa pemrograman yang digunakan pada framework Laravel dan CodeIgniter. Bagi kamu yang ingin atau sedang mengikuti kursus Laravel dari Coding Studio, kamu akan bertemu dengan bahasa pemrograman yang satu ini nih!

PHP sendiri merupakan bahasa pemrograman server-side yang biasa digunakan untuk membuat website serta aplikasi berbasis web. PHP berfungsi untuk membuat website menjadi lebih dinamis, sehingga tampilan website dapat disesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna. Selain itu, PHP juga memungkinkan sebuah website untuk dapat melakukan input dan output dari dan ke dalam suatu database.

Saat ini, PHP sudah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source, sehingga para developer tidak perlu menunggu sampai update terbaru dari PHP ini rilis. Penggunaan PHP pada website biasanya diselipkan pada HTML dan dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lainnya untuk mempercantik tampilan website, seperti CSS misalnya. Beberapa website yang cukup terkenal dan menggunakan bahasa pemrograman PHP adalah Wikipedia dan WordPress.

Nah, itulah kelima bahasa pemrograman terpopuler di tahun 2020 ini! Ternyata, banyak bahasa-bahasa pemrograman yang berhasil mempertahankan posisi dan kepopulerannya ya, teman-teman. Setelah mengetahui bahasa pemrograman terpopuler tahun ini beserta kegunaannya, bahasa manakah yang kira-kira sesuai dengan minatmu? Atau mungkin ada bahasa pemrograman lainnya yang ingin kamu pelajari?

Kalau kamu masih bingung dalam menentukan bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari, kamu bisa mampir ke website Coding Studio ya, teman-teman. Di sana, kamu akan menemukan banyak pilihan kursus bahasa pemrograman yang bisa kamu ikuti! Jika kamu memiliki pertanyaan terkait kursus-kursus yang ada, jangan ragu untuk menanyakannya di kolom komentar ya. Kami tunggu kehadiranmu di komunitas belajar bersama Coding Studio!