R adalah bahasa pemrograman yang semakin populer, khususnya bagi Data Scientist dan Data Analyst. Bahasa ini banyak digunakan dalam menganalisis data yang terstruktur dan tidak terstruktur. Selain itu, seiring dengan kemajuan teknologi, data perusahaan atau lembaga penelitian yang dikumpulkan menjadi semakin kompleks. Sehingga, R telah diadopsi oleh banyak orang sebagai bahasa pilihan untuk menganalisis data. Oleh karena itu, R terbilang penting bagi kamu yang ingin mempelajari lebih dalam terkait bidang data atau ingin menjadi praktisi data. Berikut beberapa alasan untuk kamu belajar bahasa pemrograman R. Yuk, disimak!

R dibangun untuk statistik

Photo by pressfoto on freepik

R awalnya dirancang oleh ahli statistik untuk melakukan analisis statistik, dan tetap menjadi pilihan pemrograman sebagian besar ahli statistik saat ini. Sintaks R memudahkan untuk membuat model statistik yang kompleks hanya dengan beberapa baris kode. Dikarenakan begitu banyak ahli statistik yang menggunakan R packages, kemungkinan besar kamu dapat menemukan dukungan untuk analisis statistik yang perlu dilakukan. Untuk alasan terkait, R adalah bahasa statistik dan analisis data di berbagai hal akademik. Jika kamu bercita-cita untuk bekerja di bidang akademis, atau jika hanya ingin membaca makalah akademis dan kemudian dapat menggali kode di baliknya, memiliki keterampilan pemrograman R dapat menjadi suatu keharusan.

R adalah bahasa populer untuk bidang data

Photo by rawpixel.com on freepik

Hampir semua perusahaan mempekerjakan Data Scientist yang menggunakan R. Misalnya Facebook, menggunakan R untuk melakukan analisis perilaku dengan data posting pengguna. Google menggunakan R untuk menilai efektivitas iklan dan membuat perkiraan ekonomi. Twitter menggunakan R untuk visualisasi data dan pengelompokan semantik. Microsoft, Uber, AirBnb, IBM, HP, mempekerjakan Data Scientist yang dapat memprogram menggunakan R. Selain itu, bukan hanya perusahaan teknologi, lho! R juga digunakan di perusahaan konsultan, bank dan lembaga keuangan lainnya, lembaga akademik dan laboratorium penelitian, dan hampir di mana pun data perlu dianalisis dan divisualisasikan.

3. R memiliki banyak jenis packages yang bisa digunakan

Photo by pressfoto on freepik

Dikarenakan R dirancang dengan mempertimbangkan analisis statistik, ia memiliki ekosistem packages yang fantastis dan sumber daya lain yang bagus untuk data science. Misalnya, package dplyr, plyr, dan data.table, membuat manipulasi data menjadi mudah. Lalu, ada ggvis, lattice, dan ggplot2 untuk visualisasi data, serta packages lainnya. Packages ini adalah bagian dari Tidyverse, kumpulan paket yang terus bertambah yang dikelola oleh Rstudio. R juga dibangun dalam ekosistem yang baik, sehingga memudahkan user untuk menemukan packages dalam CRAN, Bioconductor, dan Github. Selain itu, untuk mempelajari R terbilang mudah karena dibangun oleh statistisi untuk statistisi, sehingga siapapun dapat dengan mudah beradaptasi dengan R.

4. R memiliki berbagai komunitas

Photo by Jannoon028 on freepik

Saat bidang data science semakin populer, R juga ikut populer. Terbukti dari Stack Overflow menjadikan R sebagai salah satu bahasa pemrograman dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Oleh karena itu, bahasa pemrograman R juga didukung oleh komunitas besar yang melakukan maintain dan update terhadap R. Sehingga, jika menghadapi masalah dengan kode di R, kamu dapat memanfaatkan dukungan komunitas di platform seperti Stack Overflow dan sebagainya. Ada beberapa komunitas yang juga menyelenggarakan bootcamp dan acara terkait R. Ini berarti kamu akan dengan mudah menemukan tempat belajar ataupun wadah membangun portofolio menggunakan R. Serta, karena ada begitu banyak pengguna R yang antusias, kamu dapat menemukan packages R yang mengintegrasikan hampir semua aplikasi yang ada! Hal ini juga yang menjadikan R menonjol ketika berbicara tentang analisis bisnis dengan data science, karena teknologi ini sudah menjadi pusat perhatian.

Ada banyak alasan bagus mengapa kamu harus belajar R, karena ini adalah bahasa yang sering digunakan untuk data science. Apakah kamu sudah mulai tertarik mempelajari bahasa pemrograman R? Ikuti terus media sosial dan website Coding Studio untuk mendapatkan insights seputar teknologi!