augmented-reality

Augmented Reality: Teknologi Interaktif yang Berkembang

Perkembangan teknologi kini semakin berkembang pesat, dari banyak macam perkembangan teknologi salah satunya adalah augmented reality. Augmented reality artinya sebuah teknologi yang menggabungkan objek virtual dua dan tiga dimensi ke dalam realitas. Serta, memproyeksikan objek virtual tersebut menjadi kenyataan secara real-time. Itu artinya, teknologi augmented reality berhubungan langsung dengan dunia nyata yang pastinya sehari-hari kita jumpai. Selain itu, teknologi augmented reality bukan sebuah hasil dari komputerisasi. Augmented reality lebih dekat dengan penggunanya karena tidak perlu lagi merancang dunia virtual karena hanya perlu melengkapi dunia nyata.

augmented-reality
Photo by  rawpixel on freepik

Dalam bahasa Indonesia, augmented reality artinya realitas berimbuh. Diartikan sebagai realitas berimbuh karena augmented reality melengkapi realitas bukan menggantikan realitas. Namun, bukan berarti augmented reality hanya dapat menambahkan objek, karena ini juga dapat menghilangkan, serta menyembunyikan objek yang sudah ada. Augmented reality dapat diterapkan pada semua indera manusia, antara lain penglihatan, pendengaran, dan penciuman.

Dengan memanfaatkan perangkat-perangkat seperti komputer, handphone, dan lainnya penggunanya dapat langsung merasakan pengalaman menakjubkan hanya dengan menggunakan tools yang terhubung dengan teknologi augmented reality. Untuk menikmati teknologi augmented reality pada smartphone, pastikan bahwa smartphone-mu sudah terintegrasi oleh Gyroscope dan Magnetic.

Teknologi augmented reality sendiri kini sudah banyak dijumpai diberbagai bidang, misalnya permainan video, bidang kesehatan, bidang pendidikan, dan juga banyak ditemukan di media sosial. Pernahkah kamu mencoba filter pada fitur Instagram Story di Instagram? Jika ya, maka filter tersebut juga dapat disebut sebagai augmented reality.

Beberapa tahun yang lalu, ada sebuah game yang sempat trending diseluruh dunia dan banyak digandrungi oleh anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Game tersebut adalah Pokemon Go. Mungkin kamu juga pernah merasakan serunya bermain Pokemon Go. Game tersebut menggunakan pengimplementasian teknologi Augmented Reality untuk menampilkan permainannya. Augmented reality memiliki kelebihan untuk membuat sebuah permainan video terlihat lebih nyata dan menarik.

Kelebihan dari Menggunakan Augmented Reality:

augmented-reality
Photo by appen.com/blog/augmented-and-virtual-reality

– Dapat berinteraksi secara langsung dengan dunia virtual

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teknologi augmented reality artinya teknologi yang dapat membuat benda-benda mati seperti meja, kursi, pintu dapat menjadi “hidup” dan menjadi animasi interaktif yang muncul ke dunia kita. Benda-benda mati itu dapat digerakkan dan juga dapat diubah bentuknya. Kamu hanya perlu menggerakkan kedua tanganmu, lalu benda tersebut dapat bergerak mengikuti arahan tanganmu.

– Mudah digunakan

Tidak hanya mudah digunakan saat bermain game, namun juga mudah digunakan untuk media pembelajaran. Misalnya hanya dengan menyorotkan kamera smartphone ke sebuah benda, maka smartphone akan menampilkan informasi dari benda tersebut.

– Efektif digunakan dalam berbagai bidang

Teknologi augmented reality efektif digunakan untuk banyak bidang, misalnya bidang kesehatan yaitu adanya alat CT Scan yang dapat digunakan untuk pemeriksaan medis untuk memberikan gambaran kepada seorang dokter bedah untuk mengetahui anatomi pasien.

Beberapa pengaruh buruk teknologi augmented reality mungkin berdampak pada lingkungan sosial, di mana interaksi terhadap dunia nyata menjadi jarang dilakukan. Namun, hal ini dapat dihindari dengan cara mengatur kehidupan sehari-hari. Nah, itu dia segala hal mengenai augmented reality, sebuah teknologi yang kini tengah berkembang dikalangan masyarakat dengan banyak fungsi menarik yang bermanfaat. Dengan mengetahui teknologi augmented reality, kamu dapat memahami bahwa mempelajari teknologi juga menyenangkan. Maka dari itu, apabila tertarik dengan augmented reality, kamu dapat mencobanya sekarang. Apakah kamu menyukai topik ini? Jika ya, ikuti terus blog ini untuk menambah pengetahuanmu!