Pemilihan framework yang tepat bisa memudahkan dalam pengembangan website. Selain itu, framework yang lebih baik bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan menghasilkan performa yang lebih maksimal. Agar mendapatkan hal tersebut, bisa dengan menggunakan Laravel. Lalu apa itu Laravel?

Nah, Anda pastinya akan sangat terbantu dengan menggunakan framework Laravel. Framework yang satu ini terkenal sebab kesederhanaannya dan menghasilkan aplikasi web yang powerful.

Kali ini, kami akan membahas mengenai Laravel. Ini merupakan sebuah framework yang bisa membantu proses pengembangan website. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa saja manfaat Laravel, fitur, dan kelebihan yang dimilikinya.

Laravel memiliki berbagai fitur yang bisa membantu Anda untuk mengembangkan website milik Anda. Dengan menggunakan Laravel, website Anda bisa berjalan dengan lebih baik. Sehingga bisa memperlancar proses bekerja Anda.

Apa Itu Laravel?

Anda tahu sebuah bahasa pemrograman PHP? Nah, Laravel adalah salah satu framework yang bisa membantu Anda memaksimalkan penggunaan PHP dalam proses pengembangan website. PHP sendiri merupakan bahasa pemrograman yang cukup dinamis.

Namun, dengan adanya Laravel, PHP bisa menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan simpel. Laravel sendiri selalu memunculkan teknologi terbarunya diantara framework PHP lainnya.

Apa itu laravel, merupakan sebuah bahasa pemrograman yang telah diluncurkan tahun 2011 dan mengalami pertumbuhan yang cukup eksponensial. Pada tahun 2015, Laravel merupakan sebuah framework yang paling banyak bintang di GitHub. Sehingga framework ini menjadi salah satu yang paling populer di seluruh dunia.

Laravel lebih berfokus pada end-user, artinya hanya berfokus pada kejelasan dan kesederhanaan, dari penulisan hingga tampilan. Bahkan dengan Laravel juga bisa menghasilkan fungsional aplikasi web yang berjalan dengan semestinya.

Hal seperti inilah yang membuat banyak perusahaan dan develop menggunakan Laravel untuk membangun apapun. Mulai dari proyek kecil-kecilan hingga perumahan kelas atas.

Dengan Laravel, website menjadi lebih elegan, ekspresif, dan menyenangkan sesuai yang diinginkan. Selain itu, Laravel juga bisa mempermudah proses pengembangan website menggunakan beberapa fitur unggulannya.

Berbagai Fitur Unggulan Dari Laravel

Setelah Anda mengetahui apa itu Laravel, kami juga akan memberitahu apa saja fitur yang dimilikinya. Dengan mengetahui fitur-fitur ini, Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahannya. Dengan begitu, proses pengembangan website bisa berjalan secara lebih mudah.

Eloquent merupakan suatu fitur yang digunakan untuk menerapkan PHP lanjutan dan menyediakan metode internal dari pola active record. Biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada hubungan suatu objek database.

Bundles. Merupakan sebuah fitur yang dikemas dalam sistem pengemasan modular dan banyak tersedia dalam aplikasi. Application Logie, merupakan komponen dari aplikasi yang menggunakan control atau bagian route.

Reverse Routing, fitur yang berfungsi untuk mendefinisikan relasi atau hubungan antar link dan route. Restful Controllers, fitur ini berfungsi untuk memisahkan logika saat melayani http get enda post.

Class Auto Loading. Fitur ini menyediakan loading otomatis untuk class PHP. View Composer, merupakan sebuah kode unit logika, yang bisa dieksekusi ketika untit sedang loading.

Ioc Container, fitur yang memungkinkan objek baru yang dihasilkan dari pengembangan controller. Migration. Fitur ini menyediakan sistem kontrol untuk skema database. 

Unit testing, ada berbagai tes yang bisa digunakan untuk mendeteksi dan mencegah registrasi. Automatic pagination, fitur ini berfungsi untuk menyederhanakan tugas yang berasal dari penerapan halaman.

Itulah fitur yang ada dalam Laravel. Dengan fitur-fitur ini, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaatnya. Laravel memiliki keunggulan yang bisa membantu Anda dengan baik dalam website.

Keunggulan Laravel

Apa itu Laravel yang sudah terjawab di atas ternyata juga memiliki keunggulan. Keunggulan dari framework ini memang dikenal cukup cepat sehingga Anda tidak membutuhkan waktu lama ketika mengakses website.

Laravel juga bisa meningkatkan pengunjung website berkat teknologi framework yang bisa digunakan pada seluruh browser. Bahkan masih dilengkapi dengan berbagai perangkat lainnya.

Selain itu, Laravel juga dilengkapi dengan utilitas pemrograman yang bisa digunakan untuk membantu proses pengembangan aplikasi web. Tak hanya itu, pemrograman tersebut juga bisa melakukan moderasi dengan cara paling baik.

Hal ini dikemas menggunakan modular packing sistem (MPS), dengan sistem pengaturan ketergantungan yang cukup lengkap.

Agar bisa menggunakan Laravel, juga proses penginstalan sebuah composer. Composer sendiri merupakan alat manajemen dependency pada PHP, contohnya NPM dan Bundler. Composer ini memungkinkan untuk membuat library pada projek milik Anda.

Composer sendiri akan menginstal atau melakukan update otomatis, sehingga, Anda tidak perlu melakukan instal manual. Karena itu, menggunakan Laravel ini tentunya memberikan banyak keuntungan besar untuk Anda.

Tools Andalan Laravel

Apa itu Laravel, ternyata sudah ada dua buah tools dalam Laravel. Kedua tools andalan ini juga jarang dimiliki oleh framework lain. Kedua tools ini memiliki kegunaan masing-masing yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan atau mengembangkan website.

Composer

Merupakan sebuah tools yang di dalamnya terdapat dependencies dan berbagai kumpulan library. Biasanya disimpan dalam format file, sehingga bisa ditempatkan dalam sebuah format foreder utama website. Inilah alasan, mengapa composer sering dikenal dengan despendencles.

Artisan

Jika Anda tahu apa itu Laravel, maka Anda pastinya pernah mendengar kata artisan. Artisan ini adalah command line interface milik Laravel. Artisan itu sendiri mencangkup kumpulan perintah untuk membantu Anda membangun sebuah website atau aplikasi web.

Manfaat Menggunakan Laravel

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Laravel. Dengan menggunakan Laravel, website Anda bisa semakin mudah untuk dikembangkan. Ada juga namespace dan tampilan yang membantu Anda untuk mengorganisir sekaligus mengatur sumber daya website.

Selain itu, dengan menggunakan Laravel, Anda juga bisa mendapatkan proses pengembangan yang semakin lebih cepat. Karena hal ini, Anda bisa lebih menghemat waktu. Laravel bisa dikembangkan dengan berbagai komponen dari framework lain agar bisa mengembangkan website.

Untuk Anda yang masih pemula menggunakan Laravel, sebaiknya mempelajarinya terlebih dahulu tentang apa itu Laravel. Sebab penggunaan Laravel sedikit lebih sulit dari penggunaan perangkat lainnya. Anda perlu mengetahui dasar menggunakan PHP dan dasar framework MVC.

Jika ada sudah mengetahui kedua hal tersebut, Anda bisa menjadi lebih mudah untuk memahami penggunaan Laravel dengan lebih baik. Dengan begitu pula, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang jauh lebih baik. Website Anda juga bisa berjalan dengan lebih mudah serta dapat berkembang dengan baik, sehingga Anda mampu memiliki banyak pelanggan.

Karena itu sangat penting untuk menggunakan Laravel. Dengan menggunakannya, Anda bisa mempermudah proses pembuatan dan berjalannya website milik Anda. Dengan artikel ini, Anda sudah mengetahui apa itu Laravel. Dengan begitu, apa Anda sudah memutuskan untuk menggunakannya? Jika sudah, maka bersiaplah untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Semakin bermanfaat dan menguntungkan lagi bersama Coding Studio.