Apa itu Firebase? Mungkin untuk sebagian masyarakat umum masing asing dengan istilah ini. Firebase merupakan salah satu tools yang mulai terkenal bagi kalangan developer di Indonesia.

Developer aplikasi ini mulai memanfaatkan layanan Firebase karena dianggap mampu mempercepat pekerjaan. Saat ini telah banyak bermunculan database dengan basik NoSQL, salah satunya adalah Firebase. Dalam beberapa tahun terakhir, Firebases mulai banyak dikenal serta digunakan oleh para developer termasuk di Indonesia.

Dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat, tentu memudahkan para developer, salah satunya dengan memanfaatkan database Firebase ini. Akan tetapi hal terpenting dari sebuah perkembangan adalah sebuah proses.

Mengenal Apa Itu Firebase?

Apakah Anda sudah paham akan Firebase dan sudah mulai menggunakannya? Atau bahkan baru mulai mempelajari apa itu Firebase dan kegunaannya? Untuk dapat memahami secara lebih rinci, mengenai pengertian Firebase, jenis-jenis serta kegunaannya, baiknya kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Firebase

Firebase merupakan salah satu bentuk layanan dari Google untuk memberikan kemudahan bagi para developer aplikasi dalam proses mengembangkan aplikasinya. Firebase atau dengan nama lain BaaS atau Backend as a Service adalah solusi yang ditawarkan oleh Google dengan tujuan untuk mempercepat pekerjaan developer.

Dengan menggunakan layanan ini, maka apps developer dapat lebih fokus dalam mengenbangkan aplikasi tanpa harus memberikan effor yang besar untuk urusan backend. Firebase berdiri pertama kali tahun 2011 oleh James Tampilan serta Andrew Lee.

Jenis produk Firebase yang pertama kali adalah Realtime Database, Produk ini digunakan oleh para developer untuk menyimpan data serta synchronize ke berbagai user. Selanjutnya produk ini berkembanf sebagai layanan pengembang aplikasi. Dan pada bulan Oktober 2014, perusahaan tersebut diakuisisi oleh Google.

Mengenai Segi layanan, awalnya Firebase memberikan service trial atau percobaan. Akan tetapi saat ini Anda dapat memanfaatkan serta menggunakan layanan Firebase secara gratis. Hal ini tentu saja dengan berbagai batasan-batasan tertentu. Dengan banyaknya fitur yang disediakan, maka tidak heran jika saat ini Firebase banyak dimanfaatkan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi yang mereka buat.

Mengenai Berbagai Fitur Menarik Firebase

Adapun beberapa fitur menarik yang disediakan oleh Firebase antara lain:

Firebase Analytics

Fitur yang berfungsi untuk mengoleksi data yang bervariasi serta reporting baik perangkat Android maupun iOS. Melalui fitur Firebase Analytics dapat memberikan kemudahan bagi para pengembang aplikasi dalam membuat segmentasi pengguna sesuai dengan fitur apa saja yang sering mereka gunakan.

Firebase Authentication

Melalui fitur Authentication, developer dapat mengautentikasi para pengguna menuju aplikasi melalui tampilan interfaces. Selanjutnya fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk masuk ke aplikasi yang telah terintegrasi dengan penyedia identitas gabungan populer lain.

Firebase Cloud Messaging and Notifications

Fitur ini berfungsi menyediakan koneksi yang dapat diandalkan bagi semua pengguna baik Android, iOS ataupun website tanpa adanya biaya tambahan. Para pengembang aplikasi pun dapat menargetkan pesan sesuai dengan segmen pasar sesuai dengan yang mereka inginkan.

Firebase Realtime Database

Adalah database yang di host melalui cloud, sehingga para pengembang dapat mengelola database dalam jumlah yang lebih besar. Dalam hal ini, para pengguna aplikasi akan tetap menerima update terbaru ketika perangkat HP yang offline terhubung ke jaringan internet berkat adanya fungsi Firebase satu ini. Bagi para pengembang pemula yang akan membuat aplikasi lintas platform ataupun multiplatform wajib memperhatikan fungsi Firebase Realtime Database.

Firebase Cloud Firestore

Salah satu database fleksibel serta terukur yang memberi kemudahan bagi pengembang untuk membuat aplikasi yang powerfull, lebih responsif serta dapat bekerja tanpa latensi koneksi jaringan internet.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan aplikasi baca, belanja, game serta yang lainnya yang dapat diakses secara offline, maka dengan menggunakan fitur Firebase Cloud Firestore adalah pilihan yang tepat.

Firebase Hosting

Fungsi dari fitur ini adalah untuk menayangkan konten dengan menggunakan koneksi yang lebih aman, dan cepat. Sera untuk mendukung pengembang untuk mengimplementasikan aplikasi web serta menyajikan konten statis atau dinamis ke jaringan penayangan konten.

Kelebihan Firebase

Setelah mengetahui apa itu Firebase dan beberapa fitur menarik yang dimiliki. Maka beragam fitur tersebut dapat Anda gunakan secara gratis atau cuma-cuma. Hal ini dapat Anda lakukan melalui layanan SPARK atau dapat pula dengan memilih layanan Blaze yang akan mematok biaya sesuai dengan pemakaian layanan.

Para pengguna dapat memilih layanan yang dapat mendukung pengembangan aplikasi digital yang sedang dikembangkan secara baik lagi. Namun dalam layanan percobaan gratis tersebut mempunyai batasan-batasan tertentu yang dapat mengganggu perkembangan aplikasi Anda secara lebih optimal.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa Firebase merupakan salah satu inovasi yang mampu memberikan kemudahan bagi pekerjaan app developer pada era saat ini. Oleh karena itu, Firebase sangat penting untuk Anda pelajari, sehingga tidak akan ketinggalan dengan perkembangan teknologi.

Belajar Firebase Bagi Pemula

Setiap kita ingin membuat sebuah aplikasi baik mobile ataupun website, tentu kita akan memikirkan dimana hostingnya, bagaimana cara mengurus servernya, serta bagaimana cara mengolah database dan lain sebagainya.

Dalam hal ini Firebase menawarkan berbagai hal baru yang dikenal dengan “backend as a service’. Dengan ini kita dapat langsung menggunakan sistem database real time, sistem autentikasi, hingga hosting website statis maupun dinamis.

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang terkait dengan firebase. Oleh karena itu, tidak perlu lagi untuk belajar Firebase. Karena dengan layanan ini, Anda dapat membuat website realtime. Seperti sistem chat, atau aplikasi biasa dengan memanfaatkan nodejs sebagai bahasa backend.


Semakin tertarik dengan apa itu Firebase? Dengan adanya penjelasan di atas Anda tertarik untuk belajar mendalami tentang Firebase. Atau bagi Anda yang saat ini sedang belajar membuat website atau mengembangkan adanya sebuah aplikasi salah satu solusinya adalah dengan mengikuti kursus online.

Dalam hal ini, Coding Studio dapat menjadi solusi tepat bagi Anda. Coding Studio  merupakan salah satu rekomendasi kursus online terbaik untuk Anda dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan.

Disini Anda dapat belajar mengenai skill tentang bagaimana mengembangkan aplikasi yang Anda rancang dengan memanfaatkan adanya layanan firebase. Melalui Coding Studio, Anda akan diajarkan bagaimana penerapan fitur-fitur yang terdapat pada Firebase untuk mengembangkan aplikasi ataupun website yang sedang Anda buat.

Melalui Coding Studio Anda akan memperoleh materi terupdate dengan studi khusu serta soal latihan. Selain itu, kursus online ini akan dilatih dengan pengajar yang cukup berpengalaman. Tentunya hal ini akan menambah ilmu yang sangat membantu Anda yang ingin menjadi app developer ataupun web developer profesional.

Dengan mengikuti kursus online dari Coding Studio, maka Anda akan memperoleh materi bagaimana cara memanfaatkan Firebase bersama fitur-fitur lengkapnya dalam bentuk bahasa Indonesia.

Hal ini tentunya sangat memudahkan Anda dalam mempelajari serta memahami materi yang disampaikan. Dengan demikian Anda tidak akan penasaran dengan apa itu Firebase, serta bagaimana jenis atau kegunaannya.