Apa itu digital marketing serta bagaimana kegunaannya bagi bisnis Anda? Pengertian dari digital marketing adalah merupakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan media digital atau internet.

Dengan kata lain, digital marketing sebenarnya aktivitas promosi untuk sebuah produk atau brand dengan menggunakan media elektronik atau digital. Sejak beberapa puluh tahun silam, digital marketing sebagai media pun hanya terbatas.

Awalnya hanya terdapat TV atau radio yang hanya bisa menyampaikan informasi secara satu arah saja. Namun saat ini, perkembangan teknologi digital cukup pesat.

Dan penerimaannya pun cukup luas, hampir semua lapisan masyarakat. Maka tidak heran jika model pemasaran digital menjadi salah satu channel utama.


Ketahui Apa Itu Digital Marketing dan Manfaatnya

Pengertian dari digital marketing atau pemasaran secara digital adalah segala upaya pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet.

Dalam upaya ini menggunakan beragam strategi marketing serta media digital. Sehingga, Anda bisa melakukan komunikasi kepada calon konsumen online.

Dewasa ini, pemakaian internet semakin meluas untuk hampir semua aspek kehidupan, bahkan digital marketing pun menjadi salah satu hal penting juga populer. Metode marketing secara digital ini sudah ada dan berkembang dari era 90-an.

Kehadiran digital marketing telah merubah strategi perusahaan serta brands dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran.

Lalu, saat ini belanja online menjadi trend di kalangan masyarakat. Dengan demikian kampanye pemasaran digital pun menjadi suatu keharusan serta semakin efisien.


Kelebihan Digital Marketing

Adapun kelebihan dan berbagai manfaat tersebut antara lain:


1. Adanya Kemudahan Evaluasi

Dengan menggunakan media digital atau media online, maka hasil dari kegiatan pemasaran bisa langsung diketahui. Mulai dari informasi berapa lama produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap ikan, berapa banyak calon konsumen yang melihat produk Anda dan lain sebagainya.

Selanjutnya setelah mengetahui informasi tersebut, maka Anda dapat melakukan adanya evaluasi, mana iklan yang layak atau tidak. Dengan demikian, Anda dapat memperbaiki untuk langkah selanjutnya.


2. Kecepatan Perluasan

Strategi pemasaran dengan memanfaatkan adanya media digital dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Bahkan Anda dapat melakukannya hanya dalam hitungan detik saja. Selain itu, digital marketing juga dapat Anda ukur secara tepat dan realtime.


3. Membangun Nama Brand

Dengan adanya apa itu digital marketing, Anda dapat membangun nama brand dengan lebih baik. Eksistensi dari dunia maya dengan keberadaan brand Anda merupakan hal penting untuk diperhatikan. Karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk yang Anda tawarkan.


4. Murah dan Efektif

Jika Anda bandingkan dengan sistem pemasaran konvensional, digital marketing tentu jauh efektif.  Biaya yang diperlukan lebih hemat hingga 40%. Bukan hanya itu saja, menurut survei telah menunjukkan jika banyak pengusaha dengan skala kecil pun sudah mulai berpindah menggunakan metode marketing secara digital. Karena, cara ini termasuk lebih efisien juga efektif.


5. Jangkauan Lebih Luas

Kelebihan lain yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan Digital Marketing adalah adanya jangkauan yang lebih luas. Dalam hal ini Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia maya. Dengan menggunakan beberapa langkah mudah yakni memanfaatkan internet.


Cara Memulai Digital Marketing Bagi Pemula

Berikut ini langkah-langkah dalam memulai digital marketing bagi pemula antara lain:


1. Memiliki Target Market dan Produk

Hal dasar paling utama yang harus Anda perhatikan dalam mempunyai target market atau customer. Selanjutnya mempelajari apakah produk yang akan Anda tawarkan menjadi solusi tepat bagi customer.

Oleh karena itu, Anda perlu mencari produk atau jasa yang dapat memberikan solusi terbaik bagi para customer. Banyak perusahaan yang sukses dalam menjalankan usahanya, karena mereka hadir memberikan solusi sebagai produk dengan kualitas bagus yang benar-benar dicari oleh para customer.


2. Membangun Website Pribadi

langkah selanjutnya dalam memulai digital marketing bagi pemula adalah dengan membuat website pribadi untuk usaha Anda. Dengan kata lain, website pribadi merupakan toko Anda yang berada di internet.

Dengan mempunyai website pribadi, maka Anda akan lebih semangat dalam melakukan pemasaran produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dari mulai desain, menyiapkan konten sampai membuat iklan website, tanpa harus memikirkan para kompetitor yang lain.


3. Membangun Sosial Media

Saat ini terdapat berbagai jenis media sosial yang dapat Anda gunakan. Sebaiknya Anda memilih jenis media sosial yang dapat memberikan feedback bagi bisnis yang Anda jalankan. Dengan menggunakan media sosial, maka Anda dapat lebih serius dalam mengisi konten untuk bisnis yang Anda jalankan.


4. Gunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads

Pada tahun ini, Anda sudah mulai memerlukan modal. Untuk SEO (Search Engine Optimization) bermanfaat untuk mengembangkan website. Sebaiknya Anda menggunakan jasa SEO untuk mempelajarinya.

Search Engine Marketing (SEM) pada umumnya menggunakan Google Ads merupakan salah satu cara paling tepat untuk memperoleh visitor serta calon customer produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Selanjutnya Social media campaign seperti iklan endorse, Facebook Ads, Instagram Ads dan yang lainnya. Namun, sebelum Anda memakai campaign, persiapkan lebih dulu konten yang kreatif menurut standar iklan di Facebook maupun Instagram. Jangan sampai konten yang Anda siapkan tidak berkualitas dan iklan yang Anda hadirkan menjadi sia-sia.


Strategi Digital Marketing

Berikut ini yang termasuk dalam strategi dari apa itu digital marketing antara lain:


1. Search Engine Optimization

Merupakan upaya untuk mengoptimasi sebuah situs supaya memperoleh peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk memperoleh peringkat teratas, maka Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat Anda gunakan antara lain blogs, website serta infografis.


2. Content Marketing

Merencanakan, membuat serta membagikan konten mengenai produk atau jasa yang ditawarkan penting untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk menarik pembaca agar mengetahui bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, dapat memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten tersebut dapat Anda buat dalam bentuk artikel, e-book, brosur online, media sosial dan lain sebagainya.


3. Otomatisasi Pemasaran

Adalah teknik otomatisasi berbagai tugas secara berulang. Dalam tugas tersebut seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten dan juga laporan kampanye. Kegiatan ini dapat dilakukan di kanal digital seperti media sosial dan email.


4. Pay per Click (PPC)

Salah satu cara untuk mengarahkan traffic menuju situs Anda dengan bayaran dari setiap kliknya. Sebagai contoh pada Google AdWords, maka Anda bayar kemudian dapatkan slot teratas dari setiap pencarian di Google dan kenalan setiap kliknya.


5. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan satu diantara banyak cara dalam menjalin mitra memakai situs milik orang lain. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan komisi karena nantinya pembaca atau visitor merujuk ke bisnis Anda. Seperti Hosting Video Ads dengan Youtube.


6. Sosial Media Marketing

Anda dapat mempromosikan brand serta konten di media sosial yang Anda miliki. Media Sosial dapat menjadi sarana untuk membesar-besarkan brand atau produk Anda.


Selain memahami tentang apa itu digital marketing, Anda juga perlu mempersiapkan sukses bisnis yang Anda jalankan dengan. Untuk memperdalam tentang berbagai strategi digital marketing untuk bisnis Anda, maka Anda dapat melakukan kursus online bersama Coding Studio. Kunjungi website resmi kami untuk informasi lebih lengkap.