Kemajuan dunia teknologi kini semakin cepat dan berkembang. Bahkan banyak hal yang bisa dilakukan dengan digital. Salah satunya yaitu dalam dunia bisnis. Pertumbuhan data dalam era modernisasi ini menciptakan banyak peluang. Salah satu yang cukup memiliki peluang besar yaitu data science. Nah, apa itu data science sebenarnya?

Sebenarnya data tersebut merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan saat ini. Bagi Anda yang ingin bergelut dalam dunia tersebut, ada beberapa istilah seperti data analytics dan big data.

Dengan adanya data ini, membuat peningkatan penggunaan teknologi secara signifikan. Biasanya data science digunakan oleh berbagai perusahaan maupun instansi tertentu. Gunanya untuk menganalisis data yang tidak dapat dilakukan menggunakan metode sederhana.

Misalnya pada marketplace yang membutuhkan data analisis untuk penjualan dan pembelian pada platform khusus. Untuk bisa tahu lebih jelas apa itu data science, sebaiknya Anda pelajari lebih luas. Sebab data yang satu ini memiliki peran penting pada sebuah perusahaan tertentu.

Bahkan penggunaannya pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Data science membantu memenuhi kebutuhan perusahaan atau instansi.

Ketahui Apa Itu Data Science dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Data science adalah suatu ilmu yang berhubungan erat dengan dunia teknologi. Jika dilihat secara luas, data ini merupakan ilmu khusus yang mempelajari tentang data kuantitatif atau numerik. Justru dengan kemajuan era digital saat ini membuat data science menjadi salah satu profesi yang banyak dicari.

Bahkan tidak sedikit perusahaan dan instansi yang menggunakan data tersebut. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menjalankannya. Data science perlu keahlian khusus bahkan membutuhkan pendidikan untuk bisa mempelajari tekniknya secara detail.

Secara umum data science merupakan penggalian atau ekstrak data agar bisa difilter untuk memperoleh hasil produk data sebenar-benarnya. Mungkin tidak sedikit orang yang tahu jika data science itu merupakan suatu profesi. Bahkan hal ini juga banyak dilakukan oleh berbagai jenis perusahaan atau instansi.

Tidak semua orang bisa mempelajari lebih dalam tentang profesi tersebut. Bagi yang bekerja dalam profesi tersebut biasanya disebut dengan seorang analyst atau data scientist. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang profesi yang satu ini.

Bahkan beberapa perguruan tinggi pun masih memiliki jurusan yang dapat mencetak profesi tersebut. Apalagi skill pada bidang data science itu sendiri cukup menjanjikan. Bagi Anda yang berminat untuk menggeluti profesi bidang data science, tidak ada salahnya mengikuti kursus.

Manfaat Data Science untuk Perusahaan

Setelah Anda tahu apa itu data science, tentunya sangat berperan pada sebuah perusahaan atau instansi. Data yang satu ini merupakan ilmu penting untuk berbagai jenis perusahaan, baik itu kecil maupun besar. Data memiliki peran yang cukup membantu untuk kemajuan dunia bisnis.

Jika sebuah perusahaan tidak dapat mengolah data, maka bisnis tidak bisa maju. Sehingga strategi operasi efektif dan efisien untuk mendapat keuntungan pun masih sulit. Saat ini dalam dunia era serba maju beragam hal bisa dilakukan secara digital, termasuk mempelajari apa itu data science.

Bahkan perusahaan sudah menyadari betapa pentingnya keberadaan data svcirnce, machine learning, dan kecerdasan buatan. Hal ini mampu membuat peluang bisnis lebih maju dan bersaing dengan baik.

Apalagi dengan data science membuat semua kebutuhan informasi perusahaan akan terjawab. Itulah pentingnya adanya ilmu data science pada perusahaan.

Profesi tersebut mampu mengambil, memproses, menyaring nilai, memahami data, serta memvisualisasikan. Hal inilah yang cukup membantu sebuah bisnis dalam era digital.

Alat untuk Data Science

Mengenal data science dan manfaatnya untuk perusahaan atau bisnis belum cukup. Anda perlu tahu juga akan apa alat yang dibutuhkan pada bagian data tersebut. Alat yang banyak digunakan oleh data tersebut juga berperan penting demi kelancaran data science.

Adapun beberapa alat yang digunakan antara lain big data, machine learning, data mining, deep learning, dan artificial intelligence. Semua alat yang dibutuhkan tersebut bekerja berkesinambungan. Sehingga data science bisa berjalan dengan baik. Ilmu yang mempelajari adanya data tersebut pun semakin banyak diminati.

Pentingnya Mempelajari Data Science

Banyak orang yang belum tahu apa itu data science, namun tidak ada salahnya untuk mengetahuinya lebih luas. Ilmu data yang satu ini sebenarnya cukup menjanjikan. Meski demikian, tidak semua orang bisa langsung bisa menjalankan profesi tersebut.

Semua orang dapat mempelajarinya baik dengan studi atau kursus. Seperti yang sudah diketahui jika profesi sebagai data science belum banyak dimiliki sebagian besar orang di Indonesia. Padahal jika Anda bisa mempelajari akan hal tersebut skillnya cukup menjanjikan. Menariknya lagi untuk profesi yang cukup sulit ini penghasilan yang didapatkan juga cukup besar.

Tidak ada salahnya bagi Anda yang berminat bisa memilih studi untuk mempelajari ilmu teknologi yang satu ini. Tidak hanya itu saja, dengan mempelajari ilmu tersebut ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan. Lantas apa sebenarnya alasan tepat Anda harus tertarik dengan profesi tersebut? Berikut ulasannya:

Belum Banyak Orang yang Tahu

Alasan pertama untuk mempelajari data science yaitu pekerjaan ini belum banyak diketahui. Sehingga jumlah saingan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini cukup sedikit. Adanya kemajuan dalam bidang teknologi membuat profesi tersebut semakin dibutuhkan. Dengan saingan yang tidak banyak, Anda tetap bisa belajar dan mendapatkan ilmu terbaik tentang data. Disiplin ilmu yang satu ini memang belum banyak diketahui.

Dapat Dipelajari Siapa Saja

Ilmu data science terbuka untuk siapa saja. Sehingga bagi Anda yang berminat bisa ikuti pembelajarannya. Disiplin ilmu yang satu ini cukup unik dan tidak memerlukan latar belakang pendidikan tertentu untuk mempelajarinya. Data science bisa juga dipelajari bagi seseorang yang disiplin ilmu umum sekalipun.

Sehingga tidak ada cara khusus untuk ikut mempelajarinya. Meski demikian, Anda juga perlu memiliki dasar ilmu tentang pemrograman, matematika, hingga statistik. Ketiga keahlian tersebut akan berguna untuk menjalankan data science.

Bisa Bergabung dengan Perusahaan Besar

Mempelajari apa itu data science cukup menjanjikan karena penghasilannya cukup besar. Hal yang cukup menarik perhatian yaitu dari segi kesempatan emas bergabung dengan perusahaan besar. Apalagi ilmu yang satu ini memang masih belum banyak dimiliki semua orang.

Sehingga peluang Anda menjadi mitra kerja perusahaan di dunia pun cukup besar. Bukan hal yang aneh lagi jika data science merupakan ilmu penting untuk perusahaan. Khusus untuk memprediksi banyak hal untuk keuntungan perusahaan. Data science berkaitan erat dengan layanan atau sebuah produk perusahaan itu sendiri.


Peluang memiliki profesi menjadi ahli data dalam dunia digital mungkin impian banyak orang. Maka dari itu, untuk bisa mempelajari ilmu tersebut, Anda bisa melakukan kursus yang mempelajari ilmu data science.Salah satu yang bisa Anda pilih yaitu bersama Coding Studio, belajar berbagai ilmu teknologi via online. Di sini Anda bisa belajar kursus online, termasuk mempelajari apa itu data science sebenarnya.