Masih belum tahu apa itu CSS? Kamu pasti membutuhkannya di setiap website agar terlihat lebih menarik. Perlu diketahui bahwa CSS adalah bahasa style sheet yang dapat digunakan untuk mengatur tampilan dari sebuah website.

Hasilnya akan berbanding jauh dari sebelumnya. Sehingga kamu bisa mengatur tampilan website sesuai dengan keinginan. Tak heran bila banyak yang menyesuaikan website sesuai dengan tampilan berbeda. 

Adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat memberikan banyak perubahan di berbagai bidang. Salah satunya adalah pengembangan website oleh developer yang bergerak dengan kreatif. Mereka memiliki berbagai macam tools yang berfungsi dengan baik.

Mengenal Apa Itu CSS dan Fungsinya

Sudah banyak yang tahu bahwa CSS kini sangat booming dibicarakan. Pasalnya, mayoritas pengguna website sudah menggunakan Cascading Style Sheet. Ini adalah bahasa pemrograman canggih yang bisa mengontrol format tampilan halaman sebuah website.

Tentu saja di dalamnya terdapat banyak sajian mentahan yang harus diatur sedemikian rupa. Kamu bisa mengatur tata letak dan konten yang ada di dalam web. Mulai dari tampilan layar, kertas, dan berbagai media lainnya.

Dengan menggunakan CSS, mampu menyimpan banyak pekerjaan. Hal ini disebabkan adanya kemampuan untuk mengontrol tata letak pada beberapa halaman web sekaligus. Biasanya dokumen yang ada di dalam website menggunakan bahasa seperti HTML.

Adanya perkembangan menarik dari CSS bisa digunakan untuk pengaplikasian semua dokumen dalam bentuk XML. Bahkan termasuk dokumen SVG dan XUL pada sistem Android. Tak heran bila keberadaannya digandrungi banyak orang.

CSS dan HTML sebenarnya saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Dalam kinerjanya akan selalu berhubungan. Kedua bahasa ini nantinya akan bekerja dengan beriringan.

Fungsi CSS

Mungkin masih banyak yang belum tahu mengenai fungsi CSS. Padahal bisa mengubah 100% tampilan pada website. Fungsi utamanya untuk mendesain, merancang, membentuk, serta mengubah halaman.

Selain itu, bisa mengubah isi dari halaman website berita tag HTML. Hal ini akan mengubah tag html yang sederhana menjadi fungsional dan memberikan daya tarik pada orang banyak. Akan terlihat jelas perbedaan website yang menggunakan CSS atau tidak.

Berikut adalah beberapa fungsi CSS yang bisa memberikan banyak inovasi menarik untuk perkembangan sebuah website:

  • Bisa menentukan font selain default pada browser.
  • Menentukan warna serta ukuran teks
  • Menerapkan warna untuk latar belakang website
  • Memiliki elemen halaman web dalam kotak. Bahkan ada yang mengapungkan kota ke posisi tertentu di sebuah halaman.
  • Memasukkan style ke dalam style sheet yang dirancang dengan maksimal.


Baca Juga: 8 Framework Terbaik Tahun 2020, Apa Saja ya?


Cara Kerja CSS

Sudah mengetahui apa itu CSS kurang lengkap jika belum mendalami cara kerjanya. Secara default tentu saja bekerja dengan menggunakan bahasa Inggris sederhana. Walaupun begitu, tetap menggunakan basis syntax.

Kemudian CSS sudah didukung dengan berbagai macam peraturan yang wajib ditaati. Adanya HTML dirancang untuk memberikan deskripsi terkait konten yang nantinya dibantu oleh CSS. Nah, di sinilah nantinya akan disematkan sedikit sentuhan modifikasi.

Apabila kamu bisa menggunakan kedua bahasa pemrograman ini akan membuat tampilan sesuai dengan keinginan. Sudah pasti akan semakin menarik dilihat. CSS juga memiliki struktur yang terbilang sederhana dan mudah diaplikasikan.

Terdiri dari beberapa selector dan declaration block. Kamu bebas memilih elemen sesuai dengan kenyamanan untuk melakukan deklarasi. Pada dasarnya, selector akan bekerja dengan mengarahkan elemen menuju ke halaman HTML.

Setiap deklarasi wajib menyertakan nama dan value dari sebuah properti CSS. Biasanya sudah dipisahkan dengan tanda koma. Deklarasi ini biasanya akan diakhiri dengan tanda koma. Sedangkan declaration block pasti dikelilingi oleh tanda kurung kurawal.

Untuk bisa memahami dasar dari cara kerja CSS memang harus memahami tentang penggunaan HTML modem. Elemen yang bisa diubah tampilannya adalah navigasi, tautan, dan lain sebagainya. Sudah pasti akan menghadirkan gaya ke halaman web agar bisa berinteraksi dengan elemen yang ada di HTML.


Baca Juga: Cara Menjadi Web Developer yang Handal


Keuntungan Menggunakan CSS pada Sebuah Website

Perlu diketahui bahwa CSS tidak hanya mengatur sebuah tombol. Kamu bisa mendesain berbagai macam tampilan dengan sangat mudah. Selain itu, proses yang harus dilalui juga tidak memakan banyak waktu.

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan CSS:

1. Mempercepat Proses Desain pada Website

Membuat desain yang sama pada sebuah HTML mungkin akan terasa rumit. Kamu harus menyalin masing-masing tampilan ke setiap file halaman. Padahal semuanya bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengatur ulang.

Hal ini berkat adanya CSS yang tidak perlu lagi ribet mengatur tampilan satu per satu. Kamu cukup mengetik satu kali fungsi CSS. Selanjutnya tampilan pada HTML akan berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Keberadaan bahasa pemrograman yang cukup canggih ini memberikan banyak keuntungan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat tampilan dalam satu file di beberapa halaman web. Sudah pasti tidak perlu menyalin baris kode fungsi berkali-kali.

2. Mempercepat Pemuatan Halaman

Tentu saja CSS akan banyak memberikan manfaat untuk halaman HTML. Kamu tidak perlu menuliskan atribut tag lagi jika sudah menggunakannya. Karena satu kali aturan sudah menerapkan tag di berbagai file yang membutuhkannya.

Dalam satu file hanya mengandung beberapa baris kode untuk dimuat. Nah, di sinilah kode yang akan membuat proses download menjadi lebih cepat. Tentu saja pengguna lebih senang karena semua berjalan sesuai estimasi waktu.

3. Pemeliharaan yang Mudah

Perlu kamu ketahui bahwa CSS memiliki pemeliharaan yang begitu mudah. Kamu bisa mengubah tampilan kapan dan di mana saja. Semua ini hanya memanfaatkan fungsi style yang sudah tersedia dalam file.

4. Memiliki Style yang Lebih Beragam

CSS memang terkenal dengan style yang lebih bervarian. Hal ini memungkinkan kamu memberi tampilan yang berbeda dari lainnya. Sehingga HTML bisa tampil dengan berbagai varian terbaru.

Mulai dari tampilan bertema sederhana hingga yang paling unik. Dengan demikian, website kamu akan semakin diminati banyak orang. Sudah saatnya menggunakan CSS untuk tingkatkan kelayakan website.

5. Cocok Digunakan di Berbagai Macam Perangkat

Hal menarik yang tidak pernah terlewatkan adalah CSS bisa dioptimasi lebih dari satu perangkat. Baik itu di perangkat dengan versi lama dan perangkat di versi baru. Semua bisa tampil dengan maksimal tanpa adanya celah.

6. Standar Pengembangan Website

Mungkin keuntungan yang satu ini jauh lebih menarik dari sebelumnya. Mengingat bahwa CSS adalah standar pengembangan website. Kebanyakan website populer juga menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini.

Pasalnya tools dan semua piranti di dalamnya sudah sesuai dengan browser populer. Tak heran bila CSS akan meningkatkan daya saing website satu dengan lainnya.

Nah, sudah saatnya kamu beralih menggunakan CSS. Tidak ada kerugian sama sekali menggunakan bahasa pemrograman yang canggih. Kini kamu akan membawa banyak perubahan pada perkembangan website.

Sekarang kamu sudah tahu apa itu CSS. Lalu, di mana mendapatkannya? Tenang, Coding Studio menjadi solusi terbaik yang menyediakan CSS dengan berbagai manfaat yang ada. Sudah pasti memberikan layanan yang berkualitas. Kunjungi Coding Studio sekarang juga!