Cyber security adalah penerapan teknologi, proses, dan kontrol untuk melindungi sistem, jaringan, program, perangkat, dan data dari serangan siber. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko serangan dunia maya dan melindungi dari eksploitasi sistem, jaringan, dan teknologi yang tidak sah. Walaupun karir terkait cyber security di Indonesia belum terlalu populer, tapi sebenarnya ini sudah terbilang karir yang cukup menjanjikan.

Di era digital ini, keamanan adalah hal krusial untuk suatu bisnis. Tentu saja ini dipengaruhi oleh internet yang digunakan selama perkembangan teknologi.  Keuntungan perusahaan yang memanfaatkan cyber security, yaitu dapat memastikan keamanan suatu bisnis. Selain itu, juga dapat melindungi informasi pribadi, mengantisipasi situs web agar tidak mengalami sistem down, dan meningkatkan produktivitas karyawan. Mengingat besarnya manfaat penggunaan cyber security bagi suatu bisnis, prospek profesi ini masih terbilang sangat luas. Apalagi pekerjaan ini belum banyak dipahami orang awam saat ini. Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi ahli cyber security, ketahui skills yang diperlukan!

1. Skill programming

cyber-security
Photo by Fotis Fotopoulos on Unsplash

Pemahaman tentang bahasa pemrograman sangat penting bagi setiap ahli cyber security. Hal ini dikarenakan akan membantu untuk mengukur kemungkinan serangan pada sistem dan mengembangkan tindakan balasan yang sesuai. Skill pemrograman tidak hanya membekali untuk melawan ancaman, tetapi juga penting untuk mengembangkan rencana kontinjensi yang lebih konkret di masa depan. Oleh karena itu, ini membutuhkan pemahaman yang baik tentang bahasa pemrograman, seperti C, C++, PHP, Java, dan sejenisnya. Dengan tujuan agar dapat lebih memahami back-end suatu sistem. Selain itu, ahli cyber security membutuhkan pengetahuan yang baik tentang arsitektur sistem, manajemen sistem operasi, jaringan, dll.

2. Skill analisis dan mitigasi risiko

cyber-security
Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels

Analisis dan mitigasi risiko adalah salah satu skill yang sebagian besar perusahaan akan pertimbangkan untuk outsourcing di tahun mendatang. Mengidentifikasi risiko sebelum timbulnya ancaman adalah hal yang sangat berguna. Oleh karena itu, seorang ahli cyber security diperlukan untuk mengidentifikasi risiko, melacak risiko yang teridentifikasi, dan menemukan risiko baru di seluruh perkembangan proyek. Ini membutuhkan sejumlah pandangan ke depan dan perhatian terhadap detail. Seseorang perlu memperkirakan jenis ancaman dan serangan yang dapat menimpa sistem dan memikirkan solusi yang mungkin untuk mengurangi masalah secara efektif.

3. Skill analisis malware

cyber-security
Photo by rawpixel.com on freepik

Malware merupakan masalah ancaman serius yang sering terjadi. Ahli keamanan diharuskan untuk tetap proaktif dalam pendekatannya. Serta, mengembangkan keterampilan dalam manajemen ancaman digital. Selain itu, ahli cyber security perlu memperkuat skill dalam kelangsungan bisnis dan perencanaan pemulihan bencana. Khususnya bagi perusahaan, sangat penting untuk melakukan pemulihan segera setelah serangan terjadi dan melanjutkan bisnis. Ahli cyber security yang dapat memberikan jenis kepercayaan dan kontrol ini kepada perusahaan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, skill dalam analisis malware sangat menjanjikan untuk pertumbuhan karir.

4. Skill cloud security

cyber-security
Photo by rawpixel.com on freepik

Saat ini, permintaan akan skill cloud security sangat tinggi. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang kekurangan ahli cloud security. Cloud rentan terhadap banyak serangan berbahaya, seperti pelanggaran data, akun yang dibajak, orang dalam yang berbahaya, dan banyak lagi. Jadi, cloud security adalah salah satu skill yang harus diperoleh untuk karir yang menjanjikan dan menguntungkan di bidang cyber security. Mempelajari cloud security bergantung pada pengembangan skill yang mendalam. Ini dikarenakan pemahaman umum tidak cukup untuk mengamankan dan mempertahankan cloud yang kompleks. Satu-satunya cara untuk mendapatkan skill ini adalah dengan pelatihan dan sertifikasi yang mendalami tools, teknik, dan pengetahuan terperinci yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.  

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi ahli cyber security, penting untuk mengasah skills di atas. Dengan memiliki skills tersebut, kamu dapat bersaing saat mencari atau sedang kerja nantinya. Oleh karena itu, kamu bisa melatih skill tersebut dengan mengikuti kursus yang akan disediakan oleh Coding Studio. Nah, ingin tahu lebih lanjut? Stay tuned terus di Instagram dan website Coding Studio.