Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah teknologi yang diciptakan untuk mensimulasikan kecerdasan manusia dengan cara dimodelkan oleh mesin yang diprogram agar bisa berpikir dan bertindak seperti manusia. Kecerdasan buatan adalah salah satu topik paling populer yang terus dibahas di kalangan teknologi. Pasalnya, kecerdasan buatan disebut menjadi teknologi yang akan mendominasi kehidupan manusia di masa depan. Bagaimana tidak? Kemampuan kecerdasan buatan yang dapat berpikir dan bertindak seperti manusia akan banyak membantu kehidupan manusia, bahkan dapat menggantikan pekerjaan-pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia. Seperti yang kita ketahui, sampai sekarang sudah banyak ditemui contoh teknologi kecerdasan buatan dalam film. Film-film ini bertujuan untuk memberikan kita visualisasi atau gambaran tentang bagaimana teknologi kecerdasan buatan bekerja di kehidupan nyata.

Tidak hanya sebagai contoh, kecerdasan buatan dalam film-film di bawah ini juga sangat berpotensi untuk dikembangkan di masa depan loh! Kira-kira, apa saja ya film-film yang termasuk di dalamnya?

Doraemon

5bd2b866832bf-wallpaper-preview

Siapa yang tidak mengenal robot kucing satu ini? Doraemon adalah salah satu kartun Jepang yang sangat populer di semua kalangan seluruh penjuru dunia dari beberapa puluh tahun lalu hingga sekarang. Robot kucing yang mempunyai banyak alat-alat canggih dari masa depan ini hadir untuk Nobita di masa lalu untuk menjadi teman dan membantu Nobita agar dapat menjalani kehidupan lebih baik demi masa depannya sendiri. Doraemon adalah robot Artificial Intelligence yang diciptakan mempunyai emosi untuk membantu dan menemani manusia sebagai temannya. Dalam realita kehidupan yang sebenarnya, tidak semua orang bisa berteman dan itu yang dapat membuat mereka kesepian hingga depresi. Robot seperti Doraemon dapat diciptakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Jarvis, Iron Man (2008)

contoh teknologi kecerdasan buatan dalam film

Salah satu superhero yang populer di kalangan penggemar film yaitu Iron Man, menciptakan sebuah program kecerdasan buatan bernama Jarvis. Jarvis adalah teknologi canggih dan cerdas yang dapat mengerjakan perintah yang diberikan oleh Iron Man padanya, bahkan dapat diajak berkomunikasi layaknya seorang teman yang nyata. Sebenarnya saat ini sudah banyak teknologi seperti Jarvis ini yang sudah diaplikasikan di kehidupan sehari-hari seperti Google assistant, Siri, atau Alexa. Namun, di masa depan, teknologi ini dapat berkembang lebih canggih lagi.

Alat pemindai ingatan, Meet the Robinsons (2007)

disney-MTR0NNG2-Full-Image_GalleryBackground-en-US-1484348607537._SX1080_

Pada film Meet the Robinsons (2007) ini, Lewis sang tokoh utama merupakan seorang anak jenius yang gemar menciptakan alat-alat penemuan baru yang ia buat dari alat-alat sederhana. Salah satu alat penemuan Lewis yang ikonik adalah alat pemindai ingatan yang ia buat untuk Science Fair di sekolahnya. Alat ini bekerja dengan cara membaca ingatan manusia dan menampilkan visualisasinya di layar monitor. Di masa depan, alat ini sangat berpotensi untuk diciptakan karena akan sangat membantu manusia dalam mengingat sesuatu yang sulit untuk divisualisasikan sendiri.

Robot bedah, Ender’s Game (2013)

EndersRobot

Pada salah satu scene di film Ender’s Game (2013), terdapat seorang anak yang sedang dioperasi oleh sekumpulan tangan robot, bukan dokter. Saat ini, operasi manusia masih dilakukan oleh tangan dokter sendiri. Namun, sudah ada beberapa teknologi yang dipakai untuk membantu dokter dalam mengoperasi manusia. Di masa depan, bisa saja dokter sudah tidak akan turun tangan melakukan operasi, melainkan mesin kecerdasan buatan yang akan sepenuhnya punya kendali untuk mengoperasi manusia.

Robot medis Baymax, Big Hero (2016)

contoh teknologi kecerdasan buatan dalam film

Siapa yang tidak mengenal robot medis menggemaskan satu ini? Baymax adalah karakter robot dalam film Big Hero 6. Robot medis ini dapat memindai jenis emosi dan luka yang ada pada manusia. Setelah memindai, Baymax dapat memberikan beberapa tawaran solusi untuk menyembuhkan manusia yang telah ia periksa. Robot medis sepeti Baymax ini merupakan salah satu contoh teknologi kecerdasan buatan dalam film yang sangat berpotensi untuk diciptakan mengingat fungsinya yang dapat membantu banyak orang di masa depan.