Dewasa ini tingkat pertumbuhan startup di Indonesia cukup tinggi hal ini ditandai oleh banyaknya kemunculan startup baru yang ada di Indonesia. Memulai bisnis startup memang merupakan suatu hal yang banyak di inginkan terutama oleh kaum milenial yang mana dengan membuat startup mereka ingin menciptakan bisnis mereka sendiri dan menghasilkan banyak uang pada akhirnya. Namun untuk mendirikan sebuah startup tentunya bukanlah suatu hal yang mudah karena banyak hal yang perlu anda persiapkan sebelum mendirikannya, termasuk berbagai hambatan dan tantangan startup. Dalam suatu bisnis startup apalagi yang baru memulai pastinya akan ada rintangan yang seringkali dihadapi dalam awal mula perkembangannya. Namun pastinya di setiap hambatan yang ada tentunya akan ada solusi terhadap setiap hambatan yang terjadi. Nah untuk itu di artikel ini akan dijelaskan mengenai berbagai tantangan startup yang harus anda waspadai dan persiapkan untuk menghadapinya.

Hambatan Akan Dana

Salah satu tantangan startup yang pastinya sudah diketahui oleh semua orang adalah terkait pendanaan. Dana merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan karena pastinya di awal bisnis anda pasti membutuhkan modal yang cukup besar untuk produk atau layanan jasa anda. Belum lagi jika anda perlu untuk mengembangkan jenis produk anda, dan biasanya untuk awal memulai bisnis anda juga harus mempersiapkan kantor sebagai tempat kerja anda. Untuk perkembangan bisnis yang besar tentunya anda  harus berinvestasi ke dalam pemasaran, karena pemasaran memiliki peran yang sangat penting untuk bisa membanding produk anda serta memperkenalkan produk anda ke khalayak umum. Dengan pemasaran yang baik pun juga bisa meningkatkan tingkat penjualan anda, tapi memang akan banyak biaya yang dikeluarkan untuk proses pemasaran ini yang mana anda harus membayar periklanan, endorsement dan lain sebagainya. Pengeluaran lainnya yang harus anda keluarkan untuk bisnis startup anda adalah gaji karyawan anda setiap bulannya. Untuk itu dalam hal ini maka anda harus memiliki dana yang besar. Namun jangan khawatir karena anda bisa mendapatkan beberapa pendanaan dari investor seperti angel investor, memanfaatkan pinjaman bank, pemodal ventura, atau bahkan dari perusahaan – perusahaan sejenis.

Visibillitas

Visibilitas merupakan suatu hal yang sangat penting diperhatikan jika anda ingin bisnis anda bisa terlihat di tengah pasar yang kompetitif dengan begitu maka brand anda bisa dikenal oleh banyak orang. apabila visibilitas anda meningkat maka anda juga memiliki kemungkinan bahwa produk anda bisa cepat laku di kalangan pasar. Namun visibilitas ini tak jarang juga menjadi tantangan startup yang baru saja dirintis, tapi jangan khawatir karena anda juga bisa mengatasi tantangan ini dengan berbagai strategi yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Membuat dan mengembangkan website

Jika anda memiliki sebuah bisnis startup tentu anda harus memanfaatkan teknologi yang ada untuk bisa meningkatkan visibilitas brand anda. salah satunya anda bisa memanfaatkan website yang bisa anda buat untuk perusahaan anda. Adanya website ini juga berfungsi sebagai salah satu investasi yang paling penting untuk startup anda. Karena melalui website maka akan memudahkan orang – orang untuk menjangkau informasi terkait perusahaan anda. Dan website juga bisa menjadi pusat dari kegiatan operasional dan juga bisa untuk pemasaran akan brand anda. Nah untuk anda harus membuat tampilan website yang menarik agar orang – orang yang mencari informasi terkait bisnis anda dapat percaya bahwa bisnis startup anda adalah bisnis yang profesional. Untuk bisa membuat tampilan website yang menarik tentu anda harus memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk membuat website tersebut. Nah namun apabila anda masih belum memiliki wawasan terkait website tentu anda bisa mempelajarinya dulu karena akan sangat sulit untuk mengoperasikan website jika anda tidak memiliki wawasan dalam bidang ini. Anda dapat belajar mengenai website dengan mengikuti kursus yang mana akan menambah wawasan anda terhadap bagaimana anda bisa membuat website dengan menarik. Coding studio merupakan tempat kursus yang bisa anda pilih sebagai tempat anda untuk menambah wawasan anda dan juga kemampuan anda yang bisa anda akses melalui link codingstudio.id

Strategi pemasaran yang baik

Untuk bisa meningkatkan visibilitas tentunya anda harus memberikan upaya yang tinggi terhadap strategi pemasaran untuk produk anda. Dengan strategi pemasaran yang tepat tentunya akan dapat meningkatkan penjualan produk anda yang berdampak pada tingginya pendapatan yang akan anda hasilkan. Berbagai strategi pemasaran yang dapat anda lakukan salah satunya adalah iklan berbayar, pemasaran melalui blasting email hingga mengoptimalkan SEO. Yang mana tentunya strategi pemasaran ini juga bergantung pada teknik pemasaran produk anda.

Keunggulan Kompetitif

Jika anda membuat suatu produk dari bisnis anda tentu anda harus memiliki keunggulan kompetitif yang mana produk anda harus lebih unggul daripada kompetitor dalam suatu aspek. Namun, seringkali keunggulan kompetitif ini menjadi tantangan startup yang cukup berat, terutama bagi startup yang baru didirikan dan harus menemukan unique value-nya. Ada beberapa keunggulan kompetitif yang bisa anda pilih salah satunya untuk bisa menciptakan diferensiasi produk anda dibanding produk yang lain.

Harga

Untuk bisa menentukan keunggulan produk anda bisa menerapkan harga yang lebih murah dibanding yang lainnya. Jadi intinya dari produk sama yang dijual dipasaran, anda menawarkan harga yang lebih murah dibanding produk sama dari perusahaan competitor. Dengan begitu maka inilah yang disebut diferensiasi produk anda dibanding perusahaan kompetitor yang mana perusahaan anda akan dikenal karena harganya yang murah. Jika anda ingin bersaing di harga tentunya anda harus pandai memasok barang dengan harga yang murah dan meminimalkan proses produksi yang terlalu mengeluarkan banyak biaya sehingga anda dapat menjual produk dengan harga yang lebih murah.

Kualitas

Jika anda tidak ingin bersaing di harga karena mungkin merasa mustahil untuk menurunkan harga lagi maka anda bisa bersaing dalam hal kualitas. Anda bisa memaksimalkan kualitas dari produk anda dengan menggunakan bahan – bahan dengan kualitas terbaik agar bisa memberikan suatu produk dengan kualitas tinggi untuk para konsumen maka dalam hal ini tentu anda bisa memberikan harga yang cukup mahal. Hal ini dikarenakan beberapa stigma masyarakat yang menganggap harga tinggi mempengaruhi kualitas yang tinggi, untuk itu anda bisa menjadikan hal ini sebagai diferensiasi produk anda dengan memberikan kualitas terbaik.

Layanan 

Selain itu untuk bisa lebih unggul dibandingkan perusahaan competitor maka anda bisa meningkatkan layanan anda terhadap para konsumen dengan sebaik mungkin. Jadi intinya semakin anda memberikan layanan yang terbaik kepada para konsumen maka semakin puas juga konsumen terhadap pelayanan yang mereka dapatkan. Disini anda harus bisa memberikan solusi dari permasalahan yang dialami oleh konsumen serta memberikan layanan after sales agar bisa memberikan layanan yang maksimal terhadap para pelanggan yang tentunya lebih baik dari perusahaan lain. Sehingga ini akan berdampak pada loyalitas pelanggan yang mana pelanggan akan setia terhadap produk anda dan bisa melakukan pembelian kembali terhadap produk anda. Nah dengan layanan terbaik yang diberikan melebihi dari apa yang diberikan oleh perusahaan lain maka tentunya hal ini bisa menjadi keunggulan kompetitif anda.