10 Peluang Kerja Sektor Cyber Security

Saat ini, peluang kerja di bidang IT memang cukup terbuka luas. Ada berbagai macam jenis profesi yang dapat dijalankan, salah satunya bidang keamanan siber. Ya, kebutuhan tenaga cyber security ini memang sangat penting di era industri 4.0, bahkan dari segi gaji rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja IT lainnya.

cyber-security

Setiap tahunnya, setidaknya ada ratusan ribu, bahkan jutaan lowongan kerja sebagai tenaga keamanan siber. Tidak hanya pada sektor swasta, namun di sejumlah BUMN atau instansi pemerintahan pun membutuhkan pekerja di sektor ini.

Jenis Pekerjaan Keamanan Siber

Ternyata, profesi yang satu ini cukup beragam di dunia kerja. Setidaknya ada 10 posisi pekerjaan yang bisa kamu tempati. Apa saja itu, berikut penjelasannya.

1. Konsultan keamanan siber

Merupakan seseorang yang bertugas untuk memberikan solusi keamanan dari sebuah perusahaan. Adapun hal-hal yang dilakukan oleh seorang konsultan, yakni mulai dari menemukan cara terbaik untuk melindungi jaringan, perangkat lunak, hingga pengujian dan analisis berbagai risiko yang mungkin saja terjadi pada keamanan sistem.

Dari berbagai pekerjaan dan risiko yang dihadapi, sudah pasti pendapatan seorang konsultan keamanan siber sangatlah besar. Terlebih sebagai seorang konsultan, tentu saja posisi ini memiliki lingkup kerja yang cukup luas.

2. Security engineer

Kamu mungkin memahami jika tugas security adalah pengaman. Ya, kurang lebih seperti itulah tugas seorang security engineer yang lebih condong pada bagaimana membangun dan memelihara sistem keamanan dari suatu perusahaan.

Jobdesk yang dilakukan biasanya lebih kepada pemasangan firewall, pengajuan keamanan, hingga pengembangan skrip untuk melacak insiden yang berkaitan dengan risiko keamanan jaringan perusahaan. Seorang cyber security engineer juga memiliki tugas melakukan pengujian keamanan tersebut.

3. Insident responder

Bisa dibilang, posisi pekerjaan ini adalah sosok pertama yang harus melakukan tindakan ketika terjadi insiden seperti serangan siber. Selain itu, seorang insident responder juga memiliki tanggung jawab dalam hal mengedukasi dan melakukan tindakan preventif untuk menghindari insiden serupa.

4. White hat hacker

Atau yang juga disebut dengan penetration tester. Profesi ini memiliki tugas untuk mencari celah keamanan yang ada dalam sebuah sistem perusahaan. Selain itu, seorang white hat hacker juga harus bisa melakukan analisis mendalam terhadap bug atau kesalahan yang terjadi pada sistem jaringan tertentu.

5. Developer software keamanan siber

Sesuai namanya, bagian sains data yang satu ini lebih banyak berhubungan dengan pengembangan software keamanan untuk kemudian diimplementasikan ke dalam sistem milik perusahaan. Tidak hanya itu, seorang developer software security juga memiliki tugas untuk mendukung dan menguji perangkat yang telah dirancang tersebut.

6. Auditor security

Posisi yang satu ini juga cukup banyak dibutuhkan dalam dunia kerja. Namun untuk bisa menjadi seorang auditor dalam hal keamanan siber, ada baiknya kamu membekali diri dengan kemampuan untuk memeriksa apakah sebuah sistem keamanan benar-benar efektif.

Selain itu, seorang auditor juga harus bisa memberikan solusi dari setiap permasalahan yang timbul. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan keamanan pada sistem dari sejumlah risiko serangan cyber terhadap berbagai data yang dimiliki oleh perusahaan.

7. Analis keamanan siber

Kamu yang ingin berada di posisi ini tentunya juga harus memiliki skill cyber security yang khusus dan mumpuni. Sebab tugas dari posisi ini adalah mendeteksi dan mencegah berbagai ancaman siber terhadap data-data perusahaan.

Dengan begitu, kamu harus mampu membuat perencanaan, melakukan implementasi, analisis risiko, hingga menjalankan audit internal dan eksternal. Tidak lupa melakukan berbagai koordinasi dengan pihak ketiga terkait dengan rencana keamanan yang lain.

8. Security architect

Jika mendengar kata ‘arsitek’ yang ada dalam benakmu tentu adalah bagaimana perancangan desain suatu bangunan. Adapun bagian atau posisi pada sains data ini sejatinya tidak jauh-jauh dari hal tersebut di mana tanggung jawabnya lebih banyak untuk mendesain, melakukan riset, hingga mengembangkan arsitektur keamanan perusahaan.

9. Computer forensic

Bisa dibilang, posisi pekerjaan ini mirip halnya seorang detektif. Bagaimana tidak, seorang spesialis di bidang computer forensic diharuskan untuk bisa mengakses dan menganalisis berbagai hal sebagai bukti jika ada kejahatan siber atau kendala yang merugikan perusahaan.

Adapun bukti yang dimaksud dapat berupa komputer, data, perangkat penyimpanannya, hingga jaringannya. Jika tidak adanya skill yang mumpuni untuk dapat melakukan analisis mendalam, tentu akan sulit untuk menerima posisi seperti ini.

10. Chief Security Officer

Atau juga sering kali disebut dengan chief information security officer (CISO) merupakan seorang pimpinan dalam suatu perusahaan yang urusannya mengatur sektor keamanan IT. Kalau kamu ingin menempati posisi ini, tentunya wajib memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang cyber security.

Itulah beberapa posisi pekerjaan dalam bidang keamanan siber yang banyak dibutuhkan dan bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin mendapatkan pekerjaan impian sebagai seorang pengaman siber. Buat kamu yang tertarik dengan sistem keamanan data dan siber sudah pasti harus melengkapi diri dengan kemampuan yang mumpuni.

Bekali Diri dengan Kemampuan Siber

Faktanya, Indonesia masih mengalami krisis tenaga keamanan siber. Dapat dilihat dari banyaknya kasus data publik yang bocor akibat keamanan siber yang masih kurang. Oleh karenanya, peluang kerja pada bidang ini pun masih terbuka lebar dengan kemampuan keamanan siber yang menjadi kunci utama.

Ada berbagai kursus yang bisa kamu jalankan untuk meningkatkan jenjang karir yang menjanjikan. Tidak hanya kursus secara langsung, kini berbagai kursus online bisa kamu dapatkan dengan mudah. Baik yang gratis maupun berbayar, tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

·       Cybrary

Merupakan salah satu perpustakaan online yang memuat berbagai informasi seputar keamanan siber, teknologi informasi, hingga berbagai materi studi lainnya. Menariknya, platform pelatihan ini menyediakan akses ratusan kursus yang semuanya dapat dijalankan secara gratis.

Kursus menggunakan platform cybrary memang cenderung pada aspek spesifik IT, sehingga kamu bisa lebih berfokus pada pelatihan yang disediakan. Jangan lupa untuk membuat akun terlebih dahulu supaya bisa mengakses semua fitur dan materinya ya!

·       SANS Cyber Aces

Adalah sebuah kursus keamanan siber yang dapat diakses secara gratis meskipun merupakan kursus virtual. Merupakan kursus yang banyak mengajarkan konsep dasar dan perlindungan sistem keamanan informasi. Buat kamu yang baru di bidang IT atau masih pemula, mengambil salah satu pelatihan merupakan pilihan yang tepat.

Dalam pelatihan yang tersedia secara online ini, kamu akan belajar mengenai dasar keamanan sistem, sistem operasi, jaringan, hingga berbagai administrasi yang berhubungan dengan sistem. Tersedia juga berbagai kuis di akhir pelatihan untuk menguji kompetensi.

Itulah beberapa hal mengenai profesi cyber security dan bagaimana mendapatkan pelatihan yang tepat untuk meningkatkan skill dan kemampuanmu. Dari berbagai posisi, mana nih yang membuatmu semakin tertarik untuk belajar keamanan siber? Nah, kalau ada, yuk belajar bersama Coding Studio!